PJ Gubernur DKI Jakarta Hadiri Kegiatan Panen Raya di Jakarta Timur

PJ Gubernur DKI Jakarta Hadiri Kegiatan Panen Raya di Jakarta Timur

PJ Gubernur DKI Jakarta Menghadiri Kegiatan Panen Raya di Jakarta Timur-disway.id/Candra Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID - PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri kegiatan panen raya pertanian, dan perikanan di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Total kurang lebih 822 ton yang terdiri dari sayur-sayuran dan ikan. Ikan lele, peternakan ya,” ujar Heru Budi di RPTRA Payung Tunas Teratai, Jakarta Timur pada Selasa, 2 April 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan di ruang terbuka hijau seluas 1,2 hektar, dan terdapat sejumlah tanaman seperti jagung, terong, cabai, dan kacang tanah.

BACA JUGA: KPU DKI Jakarta Buka Tahapan Pilkada 2024: Pencoblosan Digelar 27 November 2024

BACA JUGA: KPU DKI Jakarta Terbuka untuk Umum, Pendaftaran Gubernur Jalur Independen

“Jadi ada cabai, ada anggur, ada lain-lainnya, terong, dan total tadi 822 ton. Termasuk sapi, sapi perah susu,” ucap Heru.

Mantan Walikota Jakarta Utara menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi contoh bagi wilayah Kota Jakarta lainnya, dengan lahan yang sangat terbatas tetapi dapat melakukan urban farming.

"Nah ini adalah contohnya di Jakarta, yaitu di Jakarta Timur, kita bisa memanfaatkannya. Kita bisa melakukan urban farming di lahan yang sangat terbatas di Jakarta Timur," tuturnya.

Tak hanya berhenti di Jakarta Timur, tetapi nantinya juga akan bergiliran. Jakarta Barat, Selatan juga melakukan panen raya setelah hari raya lebaran.

BACA JUGA: Rekrutmen KPPS dan Persiapan Matang KPU DKI untuk Pemilu

BACA JUGA: Pemprov DKI Jakarta Setujui Dana Hibah Hampir Rp 1 Triliun untuk KPU DKI Jakarta dalam Pilkada 2024

"Ini menandakan bahwa masyarakat kita peduli terhadap kemandirian di masing-masing wilayah untuk dapat memenuhi kebutuhannya terhadap sayur-sayuran, terhadap ikan dan lain-lain," imbuhnya.

Heru memberikan contoh, seperti di Ponpes Nurul Ilmi, Monjol, Jaktim yang melakukan kemandirian untuk urban farming. Pihak ponpes telah berkumpul sawi sebanyak 92 kilo.

"Mereka bisa mandiri, bisa mendapatkan penghasilan di sana, sehingga bisa mendapatkan atau melakukan penjualan tanaman sayur-sayuran ini. Dan bisa menambah kebutuhan mereka, fasilitas mereka, dan bisa membangun rumah ibadah itu yang pagi hari ini, dan menarik," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: