Wah! Ternyata Anjing Bisa Memahami Beberapa Kata Manusia dari Sebuah Objek Tertentu Lho

Wah! Ternyata Anjing Bisa Memahami Beberapa Kata Manusia dari Sebuah Objek Tertentu Lho

Ternyata Anjing Bisa Memahami Beberapa Kata Manusia dari Sebuah Objek-wirestock-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Tidak mengherankan jika anjing bisa belajar duduk saat Anda mengatakan "duduk" dan datang saat dipanggil.

Namun sebuah penelitian yang diterbitkan pada tanggal 22 Maret di jurnal Current Biology menemukan penemuan tak terduga.

Terntaya anjing pada umumnya juga mengetahui bahwa kata-kata tertentu "mewakili" objek tertentu.

Ketika anjing mendengar kata-kata tersebut, rekaman aktivitas otak menunjukkan bahwa mereka mengaktifkan representasi mental yang cocok dalam pikiran mereka.

BACA JUGA:Hari Terakhir Puasa, Cek Jadwal Imsakiyah Wilayah Jabodetabek Selasa 9 April 2024

Marianna Boros dari Departemen Etologi di Universitas Eötvös Loránd, Budapest, Hongaria, salah satu penulis pertama penelitian menyebut bahwa anjing tidak hanya bereaksi dengan perilaku yang dipelajari terhadap kata-kata tertentu.

"Mereka juga tidak hanya mengasosiasikan kata tersebut dengan suatu objek berdasarkan kedekatan temporal tanpa benar-benar memahami arti dari kata tersebut, namun mereka mengaktifkan memori suatu objek ketika mendengar namanya," ucap Marianna Boros.

Tes pemahaman kata dengan individu yang tidak bisa berbicara, seperti bayi dan hewan, biasanya memerlukan pilihan aktif, kata para peneliti. Mereka diminta untuk menunjukkan atau mendapatkan suatu benda setelah mendengar namanya.

Sangat sedikit anjing yang berhasil dalam tes semacam itu di laboratorium, sering kali mengambil objek dengan benar pada kecepatan yang diharapkan secara kebetulan.

BACA JUGA:Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik, Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik

Para peneliti ingin melihat lebih dekat pemahaman implisit anjing terhadap kata-kata objek dengan mengukur aktivitas otak menggunakan EEG non-invasif tanpa meminta mereka untuk bertindak.

Idenya adalah bahwa hal ini mungkin menawarkan ukuran yang lebih sensitif terhadap pemahaman mereka terhadap bahasa.

Dalam penelitiannya, mereka meminta 18 pemilik anjing mengucapkan kata-kata untuk mainan yang diketahui anjingnya dan kemudian menunjukkan benda tersebut kepada mereka.

Terkadang mereka memberikan mainan yang serasi, namun di lain waktu mereka memberikan benda yang tidak serasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: