Link Pembelian dan Harga Tiket Kebun Raya Bogor Wisata Lebaran 2024

Link Pembelian dan Harga Tiket Kebun Raya Bogor Wisata Lebaran 2024

Kebun Raya Bogor-Link dan harga tiket kebun raya Bogor-Ayu Novita

BOGOR, DISWAY.ID - Kebun Raya Bogor menjadi salah satu opsi destinasi wisata yang diburu saat libur Hari Raya Idul Fitri. 

Jam buka operasional Kebun Raya Bogor pada  Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang jatuh pada Rabu, 10 April 2024 mundur jadi pukul 10.00 WIB.

Hal ini disampaikan pihak pengelola Kebun Raya Bogor, Jaya Nur Jaya yang menjelaskan bahwa pada hari pertama Lebaran ini tempat wisata alam ini buka lebih siang daripada biasanya.

“Emang saat lebaran ini mundur jadi jam 10, di hari biasanya kita buka di jam 7 Pagi. Karena ini berhubungan dengan hari raya jadi untuk teman-teman pegawai biar melaksanakan ibadah di rumah masing-masing dulu dengan keluarganya, baru kesini jam 10,” ujarnya kepada Disway.id.

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Murah di Kota Bogor, Akses Gampang Tinggal Naik KRL

Ia menjelaskan, untuk pengunjung yang ingin berwisata ke Kebun Raya Bogor bisa melewati tiga pintu, yaitu pintu konservasi, pintu 1 atau pintu utama yang terletak di depan lawang suryakencana, dan pintu tiga yang berlokasi di depan mal Lippo Plaza Keboen Raya.

Untuk harga tiket masuk, di hari libur ini berada di kategori weekend atau akhir pekan yang mana harganya juga sedikit berbeda dengan tiket pada hari biasanya.

“Tiket masuk libur dan weekend ini sama Rp 25.500, sedangkan untuk weekdays seharga Rp 15.000,” kata Jaya.

BACA JUGA:Hari Pertama Lebaran 2024, Warga Antri Masuk ke Wisata Alam Kebun Raya Bogor

Link Beli Tiket Kebun Raya Bogor

Tiket ini berlaku baik pengunjung lokal dan juga Warga Negara Asing (WNA). Tiket masuk  Kebun Raya ini bisa dibeli secara online melalui website https://tiketkebunraya.id/. Sehingga para pengunjung tak perlu mengantri di loket tiket.

Kemudian, bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor atau mobil bisa parkir di tempat yang sudah disediakan, yakni Gedung konservasi dan area parkir di pintu tiga Kebun Raya Bogor.

Jaya menyarankan, untuk pengunjung sebaiknya tidak menggunakan mobil pribadi karena lahan parkir yang kurang memadai.

“Untuk tiket parkir sendiri motor Rp 15.000 dan mobil Rp 50.000,” jelasnya.

BACA JUGA:Mudik ke Jatim, 5 Tempat Wisata di Prigen Ini Cocok Dikunjungi

Kendaraan sudah tidak diperbolehkan masuk ke area Kebun Raya, baik motor dan juga mobil. Langkah ini diambil untuk mengurangi pencemaran udara dari asap kendaraan bermotor.

“Kita sebagai pengelola ada visi misi. Sekarang semua kendaraan itu diparkir. Mobil dan motor itu diparkir tidak boleh masuk ke area,” ucapnya.

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola ini cukup lengkap, seperti adanya shuttle bus, golf car, dan juga sepeda listrik untuk para pengunjung menikmati seluruh area Kebun Raya Bogor.

Diakhir, Jaya memberikan tips saat berlibur di Kebun Raya, yaitu dengan membawa payung dan jas hujan. Serta selalu waspada untuk penggunaan fasilitas di dalam area wisata.

“Karena Bogor ini Kota Hujan, jadi bagi para pengunjung disarankan untuk membawa payung dan jas hujan, kemudian selalu menjaga kebersihan dan tetap waspada karena area wisata ini wisata alam,” jelasnya.

BACA JUGA:Tips Mengemas Berbagai Macam Keperluan Wisata dengan Efisien dan Praktis

Sejarah Kebun Raya Bogor

Dikutip dari Glints, Kebun Raya ini telah dikenal menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat sedang berlibur ke kota Bogor.

Semula, kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda.

Namun, seiring berjalannya waktu tempat ini menjadi cikal bakal perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia serta sebagai wadah bagi ilmuwan di bidang botani.

Kebun raya ini memiliki luas mencapai 87 hektar dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, disadur dari National Geographic.

Salah satu destinasi wisata yang populer saat berkunjung ke sini adalah melihat bunga bangkai rafflesia arnoldi.

 

Namun, Kebun Raya Bogor memiliki berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa penat dari pekerjaan kantor.

(Ayu Novita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: