Fokus Tiga

Fokus Tiga

Mobil Listrik Xiaomi SU7 Menggoda! Cek Harga dan Spesifikasinya! RASA PENASARAN pengunjung pameran ketika melihat Xiaomi SU7, mobil listrik pertama Xiaomi, yang dipamerkan di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Senin, 25 Maret 2024.-Agence France-Presse-

Selama 10 hari di Tiongkok akhir Ramadan lalu saya akhirnya tahu: Tiongkok punya fokus baru.

Itulah kiat Tiongkok dalam upaya mengatasi kelesuan ekonomi sejak Covid-19 lalu.

Kali ini Tiongkok tidak memainkan kurs mata uang. Juga tidak mengobral kredit bank.

Tiongkok kini fokus pada tiga produk unggulan: mobil listrik, baterai lithium, dan industri solar cell.

Tiga-tiganya terkait energi hijau. Tiongkok percaya benar masa depan energi hijau tidak bisa ditahan. 

Dengan hanya fokus pada tiga komoditas itu berarti Tiongkok akan banjiri dunia dengan EV, baterai lithium, dan solar cell.

Dunia Barat langsung panik. Industri solar cell mereka terancam tutup. Pun industri mobil listrik mereka.

Bagaimana dengan kita? 

Kita bisa lebih tenang. Mestinya. Toh kita tidak punya industri di tiga bidang itu. Baik juga industri mobil listrik kita tidak jadi lahir 13 tahun lalu. Kalau pun waktu itu kita punya pabrik mobil listrik mungkin tergilas juga oleh tiga fokus Tiongkok itu.

Bagi saya pelajaran tiga fokus itu menarik: di saat sulit sejumlah pilihan jalan keluar harus ditemukan. Tidak semua jalan keluar itu ditempuh. Dari banyak pilihan itu ditetapkanlah fokus.

Tentu Tiongkok memilih fokus yang negara lain kalah maju. 

Dalam hal mobil listrik negara Barat produsen mobil seperti ragu: antara takut kehilangan dominasi mobil tradisional dan takut dikalahkan mobil listrik.

Pelajaran dari Tiongkok kali ini: saat ada masalah jangan lupa fokus. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Disway Edisi 13 April 2024: Zeni

Handoko Luwanto

Sepanjang sejarah Indonesia, prajurit Zeni telah menorehkan berbagai karya monumental yang tercatat harum dan memberikan kontribusi signifikan bagi bangsa. Pembangunan Infrastruktur: Jembatan Ampera: Jembatan ikonik di Palembang ini dibangun oleh Zeni Angkatan Darat pada tahun 1965 dan menjadi simbol kemajuan infrastruktur Indonesia di era pasca-kemerdekaan. Jalan Trans Papua Sepanjang 4.325 Km. Bandara Internasional Soekarno-Hatta: Bandara tersibuk di Indonesia ini turut dibangun dengan peran Zeni Angkatan Darat, menunjukkan kemampuan mereka dalam menangani proyek infrastruktur berskala besar. Misi Kemanusiaan: Gempa Aceh 2004: Zeni Angkatan Darat berperan aktif dalam misi penyelamatan dan pemulihan pasca gempa dahsyat yang melanda Aceh. Mereka membangun jembatan darurat, membuka akses jalan, dan mendirikan hunian sementara bagi para korban. Tsunami Palu 2018: Zeni Angkatan Darat kembali menunjukkan dedikasinya dalam membantu masyarakat yang terkena dampak tsunami di Palu. Mereka terlibat dalam evakuasi korban, pembersihan puing-puing, dan pembangunan infrastruktur darurat. Misi Kontingen Garuda: Prajurit Zeni Indonesia tergabung dalam Kontingen Garuda PBB dan telah berkontribusi dalam berbagai misi perdamaian di berbagai negara. Mereka membangun infrastruktur, memberikan bantuan kemanusiaan, dan mempromosikan perdamaian di wilayah tersebut. (sumber: Gemini Goolge & https://tni.mil.id)

Juve Zhang

Masuk proyek PLTU zaman dulu....jangankan mendisain....supervisi pun gak mampu...sewa kaonsultan bule ....dari negeri jauh sekali....itu cuma supervisi...tingkat IQ cukup 80,789....kalau disain IQ harus naik 2 langkah ke depan.....sang bule duduk sebelah saya......impian pak Bos jauh api dari panggang.....dongkrak IQ dulu Bos....supervisi saja gak ngejar apaplgi disain.....wkwknw

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp agus, bp hl, bp jokosp dan teman2 rusuhwan. tentu kita semua kagum pada abah. yang tiap hari konsisten menulis chdi. dimana selama th 2024. sampai hari ini sudah menulis 104 chdi. luar biasa. namun ternyata ada seorang profesor. yang lebih produktif dari abah. dimana sepanjang tahun 2024. dia sudah menulis 160 jurnal. sangat membanggakan. prof termuda ke 4 di lingkungan dikti, yang juga menjabat dekan feb di unas. lulusan ui, s2 di university of adelaide dan s3 di university of rotterdam. sayangnya, ada sekelompok dosen di universiti malaysia trengganu mengeluhkan tercantumnya nama mereka sebagai co author di jurnal karya sang prof. tanpa ijin dan tanpa sepengetahuan mereka. bahkan ada dari mereka yang sama sekali tidak mengenal sang prof. kejadian ini jika benar, tentu mencoreng nama baik sang prof, mencoreng institusinya dan mencoreng komunitas akademik indonesia. menyedihkan.

Pryadi

Oalah Lan ... Lan, wis tuwek kisut ngono olehmu kedunyan kok kebacut tenan ... Semoga husnul khatimah. Aamiin ya mujibassailin. Salam. Rahayu.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Bos dari sebuah perusahaan terkenal masuk ke kantornya pada suatu pagi, dan ia tidak sadar jika ritsleting celananya terbuka. Sekretaris cantiknya menghampirinya dan bertanya, "Bos, tadi pagi saat kamu keluar rumah, apakah kamu menutup pintu garasi?" Ini bukanlah kalimat yang dimengerti oleh si Bos. Ia masuk ke ruang kerjanya dengan wajah agak bingung. Ketika selesai mengerjakan beberapa dokumen, Bos tiba-tiba menyadari bahwa ritsleting celananya tidak tertutup. Ia segera mengingat apa yang ditanyakan sekretarisnya; akhirnya ia mengerti. Bos lalu keluar untuk meminta secangkir kopi. Ketika sampai di meja sekretaris, Bos berkata, "Saat kamu melihat pintu garasi terbuka, apakah kamu melihat Jaguar-ku diparkir di sana?" Sekretaris itu tersenyum sejenak dan berkata, “Tidak, Bos. Aku tidak melihatnya. Yang kulihat hanyalah Mini Cooper dengan dua ban kempes.”

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

MEMOTRET TENTARA.. "Tiba-tiba pendamping saya mencegah saya mengambil foto. Tidak boleh. Itu bagian dari rahasia negara", begitu tulis Abah di CHDI hari ini. Nah, tahun 2015 saya pernah memotret istri saya di Milan, Italia. Backgroundnya adalah gereja Katedral Milan. Plus tentara Italia bersenjata lengkap. Maka saya dipanggil oleh tentara itu. Dengan muka "marah", ia lihat HASIL fotonya, tapi SALAH FOLDER. Rencananya kalau ada gambar MEREKA, maka foto akan DIHAPUS. Tapi gara-gara "salah folder", dan "saya BIARKAN", maka amanlah foto itu.. ### Aman sampai sekarang sebagai dokumentasi pribadi..

djokoLodang

--o-- API Suatu ketika Sadhu berkunjung ke kota. Dalam beberapa hari saja, ia menjadi terkenal. Mereka memujinya. Ia begitu tenang, ia begitu manis, ia begitu sabar. Mereka tidak pernah melihatnya marah. Seorang pemuda yang mendengar kabar itu ingin membuktikannya. Dia mendatangi Sadhu, dan bertanya dengan sopan. "Sadhu, aku membutuhkan sedikit api. Apa kah Anda dapat membaginya?" "Tuan, saya tidak mempunyai api. Saya tidak pernah memasak sesuatu. Apa pun yang saya butuhkan, saya mendapatnya dari sedekah." Sementara itu orang-orang --termasuk kawan2 pemuda tadi-- merasa kesal. Mereka ingin berbincang-bincang dengan Sadhu tentang hal-hal yang bersifat rohani. Eh, ini ada seorang pemuda yang menyela pembicaraan mereka. Tanya hal yang sepele, lagi. Api. Api apaan? "Sadhu, dapatkah Anda membagi api?" Sekali lagi Sadhu menjawab dengan sabar."Tuan, saya tidak punya api di sini." Tanya jawab itu berulang beberapa kali. Setiap kali pula, si pemuda menyela pembicaraan Sadhu. Akhirnya Sadhu kehilangan kesabaran dan dengan nada tinggi ia memarahi pemuda itu. "Jangan ganggu saya lagi! ... Keluar!...Keluar dari sini! ..." Si pemuda tertawa dan bertepuk tangan. "Sadhu, terima kasih. Api ini yang saya minta dari tadi." --jL-- Kendalikan amarah mu. (Pesan Bunda)

Pryadi

Hmm... ngomongin dwifungsi ya? Dwifungsi: CEO nyambi "nyopet", saham karyawan pun ditilep. Ojok ditiru lho yo? Salam. Rahayu.

thamrindahlan

Dari Tempino Muaro Jambi Salam lebaran literasi untuk Pak Mario di Semarang dan seluruh sobat perusuh. Tulisan rerial disway.id perihal profesi Tentara membangun infrastruktur hari ini bertajuk Zeni. Anda sudah tahu di TNI AD ada Korp Infantri sebagai kesatuan idaman berkasta Brahmana. Hampir seluruh KASAD berasal dari Korp Infantri. Sedangkan Kapolri tampaknya jatah jabatan dari Bareskrim. Korp Zeni, Korp Kesehatan, Korp Keuangan dan korp bukan operasional TNI sumber Sarjana dididik militer lewat jalur Sepawamil. Dengan demikian anggota Zeni AD terdiri Sarjana Teknik atau tukang insinyur merujuk istilah Bang Benyamin dalam serial sinetron Si Doel Anak Betawi. Ya Korp Zeni TNI AD tentu sudah modern mengikuti perkembangan kemajuan teknologi disemua lini infrastruktur. Seperti komen awak kemarin karakter TNI Polri melekat disiplin tanggung jawab dan tegas.. Setelah 2 periode NKRI dipimpin orang Sipil kini Jendral Purnawirawan Prabowo Subianto bisa mengandalkan Anggota TNI Polri berkualitas untuk jabatan strategis. Minggu minggu ini sudah beredar list nama nama calon Mentri Kabinet dan jabatan Badan setingkat Mentri. Rakyat berharap KKN benar benar di Brantas bersebab permasalahan korupsi koq tambah menjadi jadi. Tentu sangat menghambat mencapai tujuan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Prabowo berkomitmen bersedia mengorbankan jiwa raga dan harta untuk kedigjayaan Indonesia. Ketegasan Presiden perlu dibuktikan sesuai janji kampanye. Salamsalaman.

Mbah Mars

INTERMEZZO Bu guru: "Apa cita-citamu, Sholikin ?" "Saya ingin jadi pilot, Bu", jawab Sholikin. "Bagus. Kalau kamu, Menuk ?", lanjut Bu guru. "Saya ingin jadi guru, Bu", jawab Menuk. "Top deh. Jamil ?", lanjut Bu guru. "Ingin jadi polisi, Bu" "Mantab, Jamil. Kalau kamu ingin jadi apa Zeni ?" Zeni adalah murid tercantik dan terpintar di kelas. Ia menjawab: "Saya ingin jadi dokter, Bu. Punya rumah sakit sendiri. Terus menjadi wanita yg sholihah yg taat pada suami" "Hebat sekali Zeni. Nah, Bolkin, cita-citamu apa ?, tanya bu guru. Bolkin menjawab, "Cita-cita saya menjadi suami Zeni, Bu"

Handoko Luwanto

Seni -> bunyi "e" sperti pada kata "emas". Zeni -> bunyi "e" sperti pada kata "elok". Jika kata "emas" & "elok" dimainkan pada "Word Ladder Puzzle", hasilnya : emas emaⓀ eⓁak elⓄk

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 134

  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • yea aina
    yea aina
  • michael wirawan
    michael wirawan
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Fa Za
    Fa Za
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Johan
    Johan
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Pryadi
    Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Fa Za
    Fa Za
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
  • Nimas Mumtazah
    Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Ardinal
      Ardinal
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • DeniK
    DeniK
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Pryadi
    Pryadi
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Pedro Patran
    Pedro Patran
  • Fa Za
    Fa Za
  • Fa Za
    Fa Za
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin