Pantau Langsung Stok BBM dan LPG di Kawasan Wisata, Begini Hasil Temuan BPH Migas

Pantau Langsung Stok BBM dan LPG di Kawasan Wisata, Begini Hasil Temuan BPH Migas

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman -Dok.BPH Migas -

JAKARTA, DISWAY.ID - Pasokan dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) serta Liquefied Petroleum Gas (LPG), selama arus balik libur lebaran 2024 dipastikan berjalan lancar dan aman. 

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman, melakukan pemantauan langsung ke lapangan di Pelabuhan Penyeberangan Lembar, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), serta Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di NTB.

“ Berdasarkan pemantauan BPH Migas ke sejumlah lokasi, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Lembar, beberapa SPBU dan SPBE, pasokan dan distribusi BBM, serta gas dipastikan terjaga. Stok BBM cukup, baik itu di SPBU wilayah timur maupun barat,” ungkap Saleh melalui keterangan resminya Selasa 16 April 2024. 

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Ucapkan Terima Kasih Pada Pendeta Gilbert Lumoindong, Perkenalkan Ajaran Islam di Komunitasnya

BACA JUGA:Pendeta Gilbert Mengaku Salah Soal Zakat, Langsung Minta Maaf Sambil Cium Tangan Jusuf Kalla

Saleh juga memaparkan, dalam kunjungan ke Pelabuhan Penyeberangan Lembar, diketahui pasokan BBM untuk kapal-kapal penyeberangan tidak mengalami kendala. 

Meski jumlah penumpang selama libur RAFI 2024 meningkat 100 persen yaitu dari sekitar 2.000 orang per hari menjadi sekitar 4.000 orang per hari.

Namun jumlah tersebut masih di bawah kapasitas kapal yang tersedia sehingga tidak membutuhkan tambahan pasokan BBM. 

“ Dari aspek BBM, kita lihat kuota yang diberikan kepada PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia  (ASDP) cukup untuk mengoperasikan sekitar 20 kapal yang melayani jalur  Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padangbai di Bali. Pelaksanaan penyediaan penyeluruhan BBM di Pelabuhan Lembar berjalan baik aman dan lancar,” imbuhnya. 

BACA JUGA:Peta Koalisi Pilkada, PAN: Dinamika Politik Nasional Dengan Lokal Berbeda

BACA JUGA:Pemindahan ASN ke IKN Usai HUT RI 2024

Kesiapan stok BBM selama RAFI juga terlihat dari monitoring yang dilakukan di sejumlah SPBU di  Provinsi NTB. 

“ Stok BBM cukup. Pertamina sudah menyiapkan langkah-langkah untuk  memudahkan masyarakat memperoleh BBM, termasuk Pertamina Delivery Service (PDS), mobil tangki cadangan, serta SPBU yang siaga 24 jam,” kata Saleh. 

BPH Migas mengapresiasi PT Pertamina Patra Niaga yang telah melakukan pelbagai upaya untuk mendukung ketersediaan dan distribusi BBM, dan aman terjaga.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: