Peran Penting Komando Pusat AS 'CENTCOM' dalam Menjatuhkan Rudal dan Drone Iran

Peran Penting Komando Pusat AS 'CENTCOM' dalam Menjatuhkan Rudal dan Drone Iran

Peran Penting Komando Pusat AS dalam Menjatuhkan Rudal dan Drone Iran-Screenshot/X-

JAKARTA, DISWAY.ID - 350 drone dan rudal yang diluncurkan oleh Iran, hampir sepertiganya dicegat oleh Komando Pusat AS, dan melibatkan kerja sama erat dengan Israel dan serta Komando AS di Eropa.

Pada hari Senin, Komando Pusat AS merilis rincian peran mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya, dalam menghadapi ancaman drone dan rudal Iran terhadap Israel pada Sabtu malam dan Minggu. 

“ Pasukan CENTCOM, yang didukung oleh kapal perusak Komando Eropa AS, berhasil menyerang dan menghancurkan lebih dari 80 kendaraan udara tak berawak serangan satu arah (OWA UAV), dan setidaknya enam rudal balistik yang dimaksudkan untuk menyerang Israel dari Iran dan Yaman,” katanya.

BACA JUGA:Ini Daftar Target Serangan Balasan Israel ke Iran, Bisa Picu Perang Dunia III

BACA JUGA:Dunia Bakal Alami Gerhana Matahari Total, Ini Prediksi Waktunya Tiba di Indonesia!

Hal ini mengungkapkan bahwa dari 350 drone dan rudal yang diluncurkan, hampir sepertiganya dicegat oleh Komando Pusat AS dan juga melibatkan kerja sama erat dengan Israel dan Komando AS di Eropa. 

Israel dulunya merupakan bagian dari Komando Eropa AS namun pindah ke wilayah operasi CENTCOM pada tahun 2021. 

Ini merupakan langkah penting karena Israel berada di Timur Tengah dan seharusnya menjadi bagian dari wilayah Komando Pusat AS.

Namun, sejarah telah menjauhkan Israel dari CENTCOM karena, di masa lalu, Israel tidak melakukan normalisasi dengan banyak negara di kawasan. 

Selain itu, hubungan dekat Israel dengan Eropa membantunya berintegrasi di masa lalu dalam Komando Eropa. 

BACA JUGA:Pesawat Tempur Israel Siap Terbang Untuk Serangan Balasan, Iran: Rudal Kami Masih Banyak yang Belum Digunakan!

BACA JUGA:Serangan Iran Targetkan F-35 di Pangkalan Udara Nevatim, Landasan Pacu, Facilitas Penyimpanan Pesawat Rusak

Turki juga merupakan bagian dari Komando Eropa. Saat ini Israel dan CENTCOM bekerja sama secara erat dan kepala jenderal CENTCOM Michael 'Erik' Kurilla berada di Israel beberapa hari sebelum serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

AS juga memainkan peran penting melawan Houthi di Laut Merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: