Alasan Bawaslu Jadi Lembaga Terakhir ke IKN, Rahmat Bagja: Diprediksi Pindah 2029

Alasan Bawaslu Jadi Lembaga Terakhir ke IKN, Rahmat Bagja: Diprediksi Pindah 2029

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja menyebutkan, Bawaslu menjadi lembaga terakhir yang akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja menyebutkan, Bawaslu menjadi lembaga terakhir yang akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan langsung olehnya pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) Bawaslu ke-16 di Pelataran Gedung Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 16 April 2024.

Oleh sebab itu, dia meminta kepada para ASN untuk bersiap dengan adanya kemungkinan untuk pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara.

Lebih lanjut, dia pun menjelaskan alasan Bawaslu menjadi lembaga terakhir yang pindah ke IKN Nusantara. Menurutnya, Bawaslu akan pindah pada 2029 karena masih ada persiapan yang harus dilakukan setelah Pilkada nanti.

BACA JUGA:Daftar Kementerian dan Lembaga yang Akan Pindah ke IKN pada Tahap Pertama

BACA JUGA:Pesawat Tempur Israel Siap Terbang Untuk Serangan Balasan, Iran: Rudal Kami Masih Banyak yang Belum Digunakan!

"Kemungkinan itu ada nanti di IKN, mungkin 2029 kita yang paling akhir, tapi kami sampaikan kepada teman-teman Badan Pengawas Pemilu dan Komisi Pemilihan Umum adalah yang paling akhir biasanya karena kita melakukan persiapan setelah Pilkada dan juga persiapan perubahan organisasi pada saat nanti UU 7/2017 diubah," ujar Rahmat Bagja kepada media.

Lebih lanjut, Rahmat Bagja juga berharap kepada ASN maupun PPPK untuk tidak meminta pindah dari Bawaslu RI ke Bawaslu Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Tenang, tidak sekarang pindahnya, tapi disiapkan pindah silakan, jangan sampai setelah ini ada permohonan ke pak Sekjen dan pak Deputi Administrasi permohonan untuk pindah ke Bawaslu DKI Jakarta dan Bawaslu sekitar DKI Jakarta dari teman-teman ASN semua dan P3K, kami minta jangan seperti itu, bisa dibawa pasangannya kepada nanti ke tempat IKN," kata Rahmat Bagja.

BACA JUGA:Ukraina Iri dengan Bantuan Amerika ke Israel, Zelensky: Kami Juga Ingin Pertahanan Seperti Itu Hadapi Rusia

BACA JUGA:Rusia Akan Kirim Jet Tempur SU-35 Gen 4.5 ke Iran Untuk Hadapi Israel

"Kita siap-siap untuk itu tapi kita semoga gedung ini juga bisa beralih ke Badan Pengawas Pemilu dan juga ada persiapan di IKN," sambungnya.

Sebelumnya, Bawaslu mengadakan acara Hari Ulang Tahun (HUT) Bawaslu ke-16 di Pelataran Gedung Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 16 April 2024.

Dalam acara tersebut, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengucapkan, banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pengawasan Pemilu serentak 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: