Kisah Kartini Masa Kini, Rintis Bisnis di Usia 19 Tahun Kini Punya 150 Karyawan

Kisah Kartini Masa Kini, Rintis Bisnis di Usia 19 Tahun Kini Punya 150 Karyawan

Sosok Kartini muda Indonesia, rintis bisnis di usia 19, kini punya 150 karyawan-Dok. Shopee-Dok. Shopee

BACA JUGA:Hukum Manfaat Diskon dan Gratis Ongkir dengan Gopay Hingga Shopeepay Tidaklah Riba, Begini Penjelasannya

Saat ini, Nendah berhasil mempekerjakan lebih dari 150 pekerja, baik dari warga sekitar tempat tinggalnya hingga kota-kota lainnya.

Perempuan muda kelahiran tahun 2001 ini menyampaikan ada tiga faktor pendorong utama yang membantunya dalam membangun Dhinda Hijab:

1. Percaya pada kemampuan diri sendiri

Awal mula membangun bisnis, Nendah dipandang sebelah mata oleh teman-teman dan bahkankeluarganya sendiri. 

Namun hal tersebut tidak membuatnya menyerah, Nendah tetap berusaha percaya pada kemampuannya sendiri dan berusaha mencari motivasi dari lingkungan luar.

“Aku maju mundur banget saat bangun bisnis ini karena tidak dapat dukungan dari orang-orangterdekatku. Aku bahkan sampai konseling ke psikolog. Tapi pengalaman inilah yang membuataku makin termotivasi untuk membuktikan aku juga bisa sukses. Aku juga mencoba mencariinspirasi dari konten media sosial tentang sesama perempuan yang sukses membangun bisnis.Kuncinya sih kita harus percaya dulu sama kemampuan kita sendiri,” jelas Nendah.

2. Terus belajar untuk melakukan inovasi

Nendah menekankan pentingnya untuk terus berusaha mencoba eksplor dan mempelajari fitur maupun program baru yang bisa membantu mengembangkan bisnis. 

Seorang pebisnis harus cerdas melihat perkembangan tren yang sedang terjadi di komunitas pelanggannya.

“Aku modal nekat aja dulu, coba belajar fitur-fitur dan program yang ada di Shopee untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Aku pakai Iklan Shopee untuk jangkau pembeli potensial, Shopee Live untuk hadirkan pengalaman belanja online yang lebih interaktif karena pembeli bisatanya langsung, Shopee Video dan kerja sama dengan affiliates untuk bantu promosikan bisnisku. Aku juga ikut program Gratis Ongkir untuk hadirkan promo ongkos kirim yang menarik bagi para pelanggan,” tambahnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Layanan, ShopeeFood Hadirkan Fitur Pickup dan Diskon Menarik Bagi Pengguna di Bulan Ramadan

BACA JUGA:High-End Brands Indonesia, Cara Shopee Hadirkan Fashion Ekslusif Hasil Karya Perancang Busana Indonesia

3. Kegigihan untuk menjalani dan menikmati proses

Naik turun dalam sebuah bisnis adalah hal yang sangat wajar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: