Ganjar Pede PDIP Bakal Pilih Jalur Oposisi, Begini Sikap DPP

Ganjar Pede PDIP Bakal Pilih Jalur Oposisi, Begini Sikap DPP

Ganjar Pranowo sepedaan di Yogyakarta pada pagi, Rabu, 24 April 2024. Ganjar tak hadir dalam penetapan pemenang Pilpres 2024 di Jakarta.-Dok Instagram Ganjar Pranowo -Harian Disway

JAKARTA, DISWAY.ID – Ganjar Pranowo yakin PDIP akan memilih jalur oposisi.

Menanggapi hal itu, Politikus PDI Perjuangan Chico Hakim menyampaikan, bahwa sejatinya pernyataan Ganjar Pranowo akan ambil oposisi belum resmi ditentukan.

"Apa yang disampaikan pak Ganjar kan kalau kita cermati betul kata-kata beliau adalah perkiraan beliau, begitu," ujarnya saat di konfirmasi Disway.id pada Jumat, 26 April 2024.

Chico mengatakan, hal tersebut masih menjadi suasana kebatinan di pihak internal PDIP maupun para pemilih Ganjar-Mahfud.

BACA JUGA:Begini Sikap PDIP saat Ditanya Koalisi atau Oposisi di Kabinet Prabowo-Gibran

"Dan ini sepertinya masih menjadi suasana kebatinan di internal kami maupun di kalangan konstituen para pemilih Pak Ganjar maupun Pak Mahfud dan juga para pemilih PDI Perjuangan kemarin," tuturnya.

Alumnus Hawaii Pacific University itu menegaskan, bahwa sikap resmi oposisi atau tidak, masih terus di pertimbangkan dan akan dibicarakan melalui rapat kedepan.

Seperti rapat di DPP maupun di rakernas.

BACA JUGA:PDIP Tanggapi Isu Pertemuan Megawati dan Prabowo, Hasto: Tidak Ada Masalah

"Namun tentunya sikap yang resmi masih akan terus di pertimbangkan dan di godok melalui rapat rapat, kami akan mengadakan rakernas, dan tentunya rapat rapat di DPP. Dan kita betul betul akan menggodok hal ini," jelasnya.

"Saya ulangi lagi, apa yang disampaikan Pak Ganjar adalah perkiraan beliau yang memang sesuai dengan apa yang sekarang menjadi suasana kebatinan di banyak kalangan di internal maupun para konstituen," tukasnya.

Saat ditanya perihal sikap PDIP jika Prabowo memberikan ruang di pemerintahan nanti, Chico menjawab dengan santai. Bahwa pihaknya masih akan menunggu hasil gugatan di PTUN.

BACA JUGA:Surya Paloh Ucap Selamat ke Prabowo, Hasto: PDIP Tidak Akan Ikut Campur Tangan

"Hari hari ini kami masih fokus menunggu hasil gugatan kami di PTUN," tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Mantan Calon Presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo menyebut, ada kecenderungan PDIP berada di luar pemerintahan Prabowo-Gibran.

Ganjar menyimpulkan, hal tersebut berdasarkan dari beberapa pernyataan atau statement dari Mantan Presiden Ke-5 Indonesia itu.

"Belum memutuskan ya, tapi saya kira kalau lihat statement-statement-nya Bu Mega, rasanya iya, di luar pemerintahan, kan kita tidak kenal (istilah) oposisi," ucap Ganjar

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum menentukan sikapnya apakah akan berada di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan atau oposisi.

Sebelumnya Mahkamah Konstitusi menolak Perselisihan Hasil Pemungutan Suara (PHPU) yang diajukan pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

BACA JUGA:Politisi PDIP Bambang Pacul Sambangi Bareskrim Polri, Ada Apa?

MK menegaskan semua gugatan para penggugat tidak berdasar hukum dan tidak beralasan.

Dalil-dalil permohonan yang diajukan itu antara lain soal ketidaknetralan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan DKPP.

Kemudian dalil lainnya terkait tuduhan adanya abuse of power yang dilakukan Presiden Joko Widodo dalam menggunakan APBN dalam bentuk penyaluran dana bantuan sosial (bansos).

Ada juga soal penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan pemerintah pusat, pemda, dan pemerintahan desa dalam bentuk dukungan dengan tujuan menambah suara pasangan Prabowo-Gibran.

(Candra Pratama) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: