Masa Depan

Masa Depan

Beijing Motor Show 2024--

MASA depan itu telah datang Kamis lalu. Bukan bagi kita. Tapi bagi Tiongkok. Khususnya di bidang mobil listrik.

Kalau kebetulan Anda lagi di Beijing datanglah ke pameran mobil. Dibuka Kamis lalu. Masa depan itu ada di situ.

Itulah pameran mobil terbesar di Tiongkok --mengalahkan yang di Shanghai beberapa bulan lalu. Juga mengalahkan yang di Shanghai dari segi '’masa depan'’.

Yang di Shanghai, mobil listrik masih disebut '’mendominasi’'.

Yang di Beijing ini mobil bensin sudah masa lalu.

Sahabat Disway di Beijing melaporkan: semua lebih baru. Lebih murah. Model barunya saja tinggal pilih: ada 117 model.

Bingung kan? Yang paling menarik perhatian tentu Anda sudah tahu: Xiaomi SU7. Sayang bentuknya sedan.


Xiaomi SU7-Mobil listrik Xiaomi dengan teknologi canggih -Xiaomi

Saya sudah ikut Anda: bertekad tidak akan beli sedan lagi. Saya perhatikan di jalan-jalan: sedan sudah sangat minoritas. Mungkin era sedan sudah mendekati akhir.

Saya pernah iseng menghitung di jalan tol dari Jakarta ke Surabaya. Di antara 19 mobil yang lewat belum tentu ada satu sedan.

Tesla adalah sedan saya terakhir. Istri saya sudah sulit masuk sedan. Apalagi keluarnya. Padahal badannyi sekarang sudah sangat langsing. Usia rupanya berpengaruh pada sedan. Apalagi kalau lagi pakai kebaya.

India sebenarnya juga ngebet ingin dominan di mobil listrik. Impor BBM India telah menyiksa ekonomi negeri itu: yang terbesar di dunia. Juga salah satu produsen emisi terbesar sejagat raya.

Tapi India punya hambatan besar untuk masuk mobil listrik: belum bisa mengolah lithium.

India sebenarnya sudah menemukan tambang lithium. Besar sekali. Di Kashmir! Yang mayoritas penduduknya Muslim. Jelaslah mengapa India tidak rela Kashmir merdeka.

Pekan lalu India mengumumkan: siap bekerja sama dengan negara mana saja untuk mengolah tambang lithium itu. Terutama mendirikan pabrik processing lithium.

Dari bahan tambang demonical menjadi lithium. Lalu membangun pabrik baterai untuk kepentingan pengembangan mobil listrik dalam negeri.

Untuk sementara India tidak mau menggalakkan mobil listrik. India tidak mau tergantung pada bahan baku lithium dari Tiongkok.

Kini Tiongkoklah pemilik pabrik prosesing lithium terbesar di dunia: 2/3 prosesing lithium dunia ada di Tiongkok.

Jelaslah Tiongkok telah menemukan tiga fokus andalan pertumbuhan ekonominya ke depan: mobil listrik, solar cell dan baterai lithium.

Bukan kita. Pasca putusan MK yang lalu fokus kita masih ini: siapa dapat kursi berapa di kabinet baru Prabowo-Gibran. Golkar pun yang semula sudah merasa aman dengan jatah lima kursi kabinet bisa kembali was-was. Terutama setelah Nasdem dan PKB masuk koalisi. Ditambah PKS pun sudah ingin bersama Prabowo pula.

Maka tiga fokus kita saat ini: siapa dapat berapa, siapa menguasai kementerian basah yang mana dan siapa dapat BUMN-BUMN raksasa.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Disway Edisi 27 April 2024: BACA JUGA:Orang Kuat


Google News Harian Disway--

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Bos Hardi, kini berusia 73 tahun, mendambakan sepasang sepatu golf seperti yang dipakai pegolf idolanya, Freddie Couples. Setelah berkeliling di mal, Bos Hardi membeli sepatu tersebut. Ia sangat senang sehingga langsung memakainya dan segera pulang untuk pamer ke istrinya. Bos Hardi masuk ke dalam rumah dengan bangga. Ia berjalan ke dapur dan menemui Marta, yang berusia 71 tahun. "Ma, perhatikan, apa yang berbeda dari saya?" ujar Bos Hardi mematut diri. Marta memandangnya dan menjawab, "Tidak ada." Bos Hardi merasa frustrasi. Ia bergegas ke kamar mandi, menanggalkan semua pakaian, dan berjalan kembali ke dapur dengan hanya memakai sepatu golf barunya. Sekali lagi ia bertanya pada Marta, kali ini sedikit lebih keras, "Perhatikan, Ma. Ada yang berbeda sekarang?" Marta melihat suaminya dan berkata dengan nada datar, "Pa, apa bedanya? Hari ini menggantung, kemarin menggantung, dan besok akan tetap menggantung." Dengan marah, Bos Hardi berteriak, "DAN KAMU TAHU KENAPA ITU MENGGANTUNG?" "Tidak. Saya tidak tahu," jawab Marta. "ITU MENGGANTUNG KARENA MELIHAT SEPATU GOLF BARU SAYA!!!!" Marta akhirnya menengok ke bawah dan melihat sepatu baru itu. Dia kemudian berkata, "Sebaiknya Papa beli topi golf baru."

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp agus, bp dg dan teman2 rusuhwan. "ada sesuatu yg ingin kuberitahukan kepadamu." ucap helen sekembalinya dari kuliah setelah lulus. "saya bertemu dengan seorang pemuda yg tinggal di dekat kampus. saya cinta dia dan kami memutuskan untuk segera bertunangan." "ooh helen. kami turut berbahagia." ibunya tersenyum dan memeluk sang anak. "kami tidak sabar untuk bertemu dengannya." "ceritakan lebih banyak tentang dia." kata ayahnya. "apa mobilnya, berapa banyak uang yg dia miliki di bank." "oh ayah. dasar pria. itu pertanyaan pertama yg dia tanyakan padaku tentangmu juga." owalaah, sama2 matre.....

Lagarenze 1301

Jangan ragukan mereka yang berusia 70 tahun ke atas. Fakta menunjukkan, mereka masih sangat kuat dan berkuasa. Di dunia politik dan bisnis. Raja Salman, penguasa Arab Saudi, sudah berusia 88 tahun. Ali Khamenei, pemimpin Iran, 85 tahun. Joe Biden, Presiden Amerika Serikat, 81 tahun. Narendra Modi, Perdana Menteri India, 73 tahun. Jangan lupa, Prabowo Subianto, saat dilantik jadi Presiden RI pada 20 Oktober 2024, berusia 73 tahun. Vladimir Putin, Presiden Rusia, 71 tahun. Dan masih banyak lagi pemimpin negara yang berusia di atas 70 tahun. Sama halnya di dunia bisnis. Warren Buffet, bos perusahaan investasi Berkshire Hathaway, 93 tahun. Michael Bambang Budi Hartono dan Robert Budi Hartono, pemilik Djarum dan BCA, masing-masing 84 dan 82 tahun. Prajogo Pangestu, orang terkaya Indonesia yang bos Barito Pacific Group, 79 tahun. Low Tuck Kwong, pendiri Bayan Resources, 76 tahun. Dan banyak pengusaha lainnya lagi yang di atas 70 tahun. Oh, ya, jangan lupa orang yang masih kuat dan berkuasa lainnya yang ada di CHD: Dahlan Iskan, Thamrin Dahlan, Johannes Kitono, Gianto Kwee, Pryadi Satriana, Jo Neca, dan beberapa lainnya yang namanya tidak disebutkan satu per satu.*

Lagarenze 1301

SIKLUS KEHIDUPAN. - Di usia 0 tahun, kesuksesan adalah ketika mulai merasakan kehidupan di dunia. - Di usia 3 tahun, kesuksesan adalah ketika tidak buang air besar di celana. - Di usia 10 tahun, kesuksesan adalah ketika sudah memiliki teman. - Di usia 17 tahun, kesuksesan adalah ketika berhasil memiliki SIM. - Di usia 25 tahun, kesuksesan adalah ketika sudah menikah dan bisa berhubungan seks. - Di usia 35, kesuksesan adalah ketika memiliki pekerjaan yang stabil. - Pada usia 45, kesuksesan adalah ketika sudah memiliki banyak uang. **DAN, HIDUP PUN TERUS BERPUTAR. - Di usia 58 tahun, kesuksesan adalah ketika pensiun dengan tabungan yang besar. - Di usia 65 tahun, kesuksesan adalah ketika masih bisa bekerja dan menghasilkan uang. - Di usia 75 tahun, kesuksesan adalah ketika masih bisa berhubungan seks dengan pasangan. - Di usia 80 tahun, kesuksesan adalah ketika masih bisa mengemudikan kendaraan. Di usia 85, kesuksesan adalah ketika masih memiliki teman. Di usia 90, kesuksesan adalah ketika tidak buang air besar di celana. Pada usia 100, kesuksesan adalah ketika masih bisa menikmati kehidupan di dunia.*

Juve Zhang

Pabrik mobil di Rusia punya Renault...punya Nissan...dll semua keluar dari Rusia....karyawan pabrik puluhan ribu...siapa yg akan gaji??? Maka Om Jin Ping lah turun tangan...ambil alih semua pabrik itu...maka Senang lah karyawan Rusia....gajian tetap ada....Cherry...Haval...Jadi raja mobil baru...dan Mereka beri Garansi 7 tahun atau 200 000 km ...tentu rakyat Rusia IQ 89 pun ngerti . .ini bukan mobil ecek ecek...berani garansi 7 tahun...sudah bosan dipake....maka meledaklah penjualan Cherry...Haval dll...itu contoh Orang Kuat Berpikir....bukan Kuat ngebor...wkwkwkwk.yg di perlukan bangsa manapun sama....pemimpin Kuat Berpikir....berstrategi...gimana merubah sampah jadi emas....kalau ini perlu IQ tingkat lanjutan.....silakan Upgrade IQ anda....

Johannes Kitono

Setiap era pasti ada orang Kuat. Tidak mesti harus minum Kuku Bima, jamu kuat Sido Muncul. Sekitar sepuluh tahun lalu pernah ke Vietnam urusan Perikanan. Harus diakui bangsa yang bangkit dari Tragedi perang itu. Sangat ulet. Dan dalam sekejap saja bisa mengejar ketinggalan dari negara tetangganya. Vietnam mengembangkan Udang Organik. Padat penyebaran 1 ekor per m2. Padahal pasar udang kelas ini sangat terbatas. Then, beberapa bulan lalu ketemu Tranh di Adelaide. Ybs adalah ex Boat People yang pernah setahun tinggal di Pulau Galang, Batam. Ketika usia 25 th bersama keluarga jadi pengungsi. Naik perahu nelayan berisi 101 orang. Sempat diberondong peluru tajam patroli di perairan Internasional. Selamat semuanya walaupun 6 hari terkatung-katung dan kelaparan dilaut bebas. Now Tranh punya 4 outlet di Market Adelaide dengan brand Red Lantern. Padahal saat tiba dengan tangan kosong. Tranh adalah orang kuat bagi keluarganya. Bravo Tranch see you again at Adelaide.

Leong Putu

Tak ada manusia yang kuatnya absolut. Pasti ada sisi dihidupnya yang "lemah". Saya lemah di dompet, jelas gak kuat kena rudal Iran. Tapi saya kuat di sisi yang lain. Berulang kali jatuh dan patah, tapi saya tetap kuat. Move on. Cari lagi. Gak kayak Aat.

Jo Neca

Pak AS ini juga salah satu orang kuat Disway.Selalu kuat berkomentar.Berargumen dengan logika dan dedikasi yang baik.Saya rasa sebagian komentator di sini bisa menjadi tim ahli kementrian.Minus saya ya.

Mahmud Al Mustasyar

Yang berumur 73 tahun pasti lebih kuat dari yang 80 tahun, tulis Abah. Itulah harapan seluruh rakyat negeri ini. Akan tetapi kekuatan yg dipergunakan seperti yg berumur 80 tahun, meskipun sudah tidak terlalu kuat lagi; yaitu utk memberantas korupsi, seperti yg permah dijanjikan sewaktu kampanye tempo hari. Jangan seperti pendahulunya; pemberantasan korupsi hanya digunakan sbg sarana tukar tambah kepentingan politik.

Mirza Mirwan

Mega korupsi di Vietnam senilai VND677triliun (setara Rp433,8triliun) yang dilakukan Truong My Lan dkk. itu saya ikuti beritanya dari dua portal berita Vietnam langsung: VnExpress International dan Vietnam News. Sudah ada 86 terdakwa yang dijatuhi hukuman, yang terakhir adalah pada Kamis 11/4 Truong My Lan yang bos Van Thinh Phat dijatuhi hukuman mati. Truong dikenai tiga fakwaan: penyuapan, pelanggaran aturan perbankan, dan penggelapan. Sebelumnya sudah ada Do Thi Nhan, inspektur Bank Sentral, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena menerima suap dari Truong sebesar US$5,2 juta. Lalu hukuman yang sama, penjara seumur hidup, juga dijatuhksn kepada mantan pimpinan Saigon Commercial Bank (SCB): Dinh Van Thanh, Bui Anh Dung, dan Vo Tan Huang Van. Selebihnya, 81 terdakwa lainnya dijatuhi hukuman antara 3 tahun sampai 20 tahun. Kemarin, Jumat 26/4, Truong My Lan mengajukan memori banding ke Pengadilan Rakyat Ho Chi Minh City (HCMC). Memori sepanjang 3 halaman dutulis tangan. Tapi pengadilan tak menjelaskan isinya. Di samping itu, sebelumnya pengadilan juga sudah menerima memori banding dari 50 terpidana lainnya. Penggerogotan SCB itu terjadi dalam rentang 2012 sampai 2022. Artinya, di masa Nguyên Phú Trọng menjadi presiden masih berlangsung.

djokoLodang

--o-- ISTRI KUAT Seorang laki-laki Jawa menikah dengan gadis Sunda. Suatu ketika bertemulah kedua besan di rumah pasangan yang berbahagia itu. Besan Jawa: "Matur nuwun. Beruntunglah anak laki-laki saya, mendapatkan istri yang cantik dan baik. Selalu patuh kepada suami." Besan Sunda: "Hatur nuhun. Saya juga berterima kasih, Anak gadis saya mendapatkan suami saleh dan bertanggung jawab." Percakapan selanjutya. "Sungguh saya bersyukur. Menantu saya itu, selain cantik, baik hati, dan selalu patuh kepada suami, ternyata juga sangat kuat." "Apa maksud mbakyu? Anak saya sangat kuat ...?" "Iya.Betul. Sangat kuat. Semua tugas rumah tangga dikerjakannya sendiri. Tidak pernah mengeluh. ... Masak ...dewe ... Nyapu lantai, ...dewe ... Ngepel ... dewe ... Nyuci baju ... dewe ... Setrika ... dewe. ... Njemur baju, ... dewe ..." Mendengar itu, besan Sunda kaget bukan kepalang. Sampai hampir pingsan. "Haah ?! Lagi jemur baju pun, dewe? Di luar rumah, pula? ...???" --jL-- *dewe (bahasa Jawa) = sendiri.

Juve Zhang

Tiongkok dari Januari s.d Maret 2024....memproduksi 8 juta unit mobil segala merk....yg merk Lokal saja 3,4 juta unit naik 26 %....artimya ekonomi negara tumbuh 5% benar benar ....dompet rakyat gemuk benar benar....8 juta unit itu sebagian 1 s.d.2 juta di ekspor....ekspor Tiongkok mungkin mencapai 6 juta tahun ini...mengalahkan jepang yg kisaran ekspornya 4 jutaan....ekonomi no.2 tetapi rasanya realita Sudah ekonomi no.1 Dunia....dalam 3 bulan 8 juta unit mobil di buat sebuah angka bukan kaleng kaleng....kenaikan ekonomi Tiongkok 5% itu Nyata...Kerasa di dompet Rakyat....Rakyat punya tabungan Naik....orang Berduyun duyun antri beras.....bukan Berduyun duyun antri beli huawei 70 PURA yg harga nya dekat IPhone....pak Bos dulu tanya Huawei 60 habis semua....karena laris...bisa Pake satelit ....70 Pura juga bisa Satelit...tapi pak Bos bilang Huawei 60 Mahal ....wkwkwkkw...pak Bos memang suka bergurau....Tesla 2,5 ember pertamax murah.....wkwkwk..ada negara yg konon ekonomi tumbuh 5% ....rakyat antrian beli Iphone ......bukan Antrian beli Tiket Taylor swift ....bukan antrian beras....ya....ekonomi tumbuh konon "5 %" tapi antrian panjang bukan beli Iphone tapi beli beras....anda percaya pada tukang sulap ini....silakan saja....saya juga suka nonton sulapan di Jatinegara di pinggir jalan zaman dulu....Sulapan di perlukan untuk menghibur Rakyat....hati hati saja Dompet jangan hilang di ambil Copet jalanan.....wkwkwm

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 127

  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Liam Then
    Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Liam Then
      Liam Then
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Wilwa
      Wilwa
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • yea aina
    yea aina
    • yea aina
      yea aina
  • Azza Lutfi
    Azza Lutfi
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Liam Then
      Liam Then
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
    • Liam Then
      Liam Then
  • Amat K.
    Amat K.
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Wilwa
    Wilwa
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Wilwa
    Wilwa
  • Nimas Mumtazah
    Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Liam Then
      Liam Then
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Edyanto
      Edyanto
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Toto Heriyanto
    Toto Heriyanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Edyanto
      Edyanto
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
  • Tivibox
    Tivibox
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Hery Purwanto
    Hery Purwanto
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin