Mendes PDTT Tegaskan Desa Ujung Tombak Ketahanan Pangan Nasional

Mendes PDTT Tegaskan Desa Ujung Tombak Ketahanan Pangan Nasional

Mendes PDTT saat Lokakarya Ketahanan Pangan berbasis Potensi Desa di Desa Air Mesu, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar kembali menegaskan bahwa ketahanan pangan di tingkat desa akan berdampak pada ketahanan pangan nasional

Dengan demikian desa akan menjadi ujung tombak ketahanan nasional.

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini menyatakan bahwa jika ketahanan pangan di desa-desa bagus, akan berdampak pada meningkatnya ketahanan pangan Indonesia.

Selain itu, ketahanan pangan yang paling mudah itu dilakukan pada level desa.

BACA JUGA:Gus Halim Dorong Jajaran Kemendes PDTT Semangat dalam Bekerja

“Kenapa? Karena kita hanya membayangkan. Tapi kalau kita ngomong kemiskinan di desa, itu real. Datanya by name by adrest by home, rumahnya di mana wajahnya orangnya gimana itu ada,” Kata Gus Halim saat Lokakarya Ketahanan Pangan berbasis Potensi Desa di Desa Air Mesu, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Senin 29 April 2024.

Oleh karena itu, Gus Halim menilai kegiatan ketahanan pangan di desa dengan berbasis data mikro, berbasis kondisi kearifan lokal itu adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Profesor Kehormatan Unesa ini berharap desa-desa di Indonesia yang memiliki potensi hortikultura dapat mengoptimalkan potensi tersebut dengan semaksimal mungkin sebagai upaya untuk menopang ketahanan pangan nasional. (Bianca Chairunnisa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: