Gelar Ratas, Jokowi Minta Jajarannya untuk Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

Gelar Ratas, Jokowi Minta Jajarannya untuk Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

Gelar Ratas, Jokowi Minta Jajarannya untuk Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang-Youtube/sekretariat presiden-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) bersama para menterinya guna membahas penanganan pengungsi erupsi Gunung Ruang di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Jumat 3 Mei 2024.

Dalam rapat tersebut, Jokowi meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk segera mencari lahan relokasi.

BACA JUGA:Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup Imbas Erupsi Gunung Ruang

BACA JUGA:Dampak Erupsi Gunung Ruang, 2 Bandara Telah Dibuka dan 5 Bandara Masih Ditutup

"Pada siang hari ini yang pertama kita akan menyelesaikan urusan pengungsi karena tata ruang yang ada mereka tidak boleh kembali ke tempat asal sehingga diperlukan relokasi untuk pemukiman yang harus dipercepat," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) penanganan pengungsi terdampak erupsi Gunung Ruang di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa relokasi terhadap penduduk setempat dan kondisi para pengungsi menjadi hal yang harus segera diselesaikan.

Presiden menyoal tata ruang dan pertanahan untuk pembangunan permukiman penduduk yang harus dipercepat.

BACA JUGA:Bandara Sam Ratulangi Ditutup Imbas Gunung Ruang Kembali Erupsi, 1.745 Penumpang Batal Terbang

BACA JUGA:Gunung Ruang Kembali Erupsi, Lebih Besar dari Sebelumnya

"Apakah boleh kita kembali ke tempat asal sehingga diperlukan relokasi untuk pemukiman yang harus dipercepat dan juga urusan pertanahan termasuk urusan rumah dan yang berkaitan dengan pekerjaan," ujar Presiden.

"Pastikan bahwa lokasi yang dituju sudah clean and clear. Ini nanti Pak Menteri ATR lapangannya dilihat betul," ucapnya.

Sebagai informasi, Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali erulsi pada Selasa 30 April 2024. Saat ini, status gunung naik menjadi level Awas.

Badan Geologi Kementerian ESDM mewanti-wanti potensi gelombang tsunami setinggi 25 meter. Selain itu, Erupsi Gunung Ruang mengakibatkan penerbangan di Bandara Sam Ratulangi dibatalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: