Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup Imbas Erupsi Gunung Ruang

Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup Imbas Erupsi Gunung Ruang

Bandara Sam Ratulangi Manado terdampak Gunung Ruang erupsi.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Layanan penerbangan dari dan menuju Bandara Sam Ratulangi Manado masih dihentikan.  

Dihentikannya layanan penerbangan itu seiring penutupan sementara Bandara Sam Ratulangi yang diperpanjang hingga pukul 18.00 WITA, Jumat 3 Mei 2024, lantaran terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. 

Penutupan Bandara Sam Ratulangi imbas Gunung Ruang erupsi itu berdasarkan Nomor Notam : A1181/24 NOTAMR A1170/24 operasional bandara masih ditutup sampai Jumat, 3 Mei 2024 hingga pukul 18.00 WITA.

BACA JUGA:Bandara Sam Ratulangi Ditutup Imbas Gunung Ruang Kembali Erupsi, 1.745 Penumpang Batal Terbang  

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado Ambar Suryoko menyampaikan penutupan Bandara Sam Ratulangi akibat sebaran abu vulkanik, sehingga situasinya belum aman bagi pesawat beroperasi. 

“Bandara Sam Ratulangi masih terdampak, dikarenakan Poligon sebaran abu vulkanik Gunung Ruang menunjukkan bahwa Bandara Sam Ratulangi masuk dalam area sebaran, dan menurut Airnav Cabang Manado hal tersebut belum cukup safety bagi pesawat udara yang beroperasi. Maka masih di tutup sampai besok hingga pukul 18.00 WITA. Status operasional bandara akan berubah-ubah menyesuaikan kondisi terkini,” ungkapnya yang dikutip pada Jumat, 3 Mei 2024. 

Ambar menuturkan pihaknya akan terus melakukan monitoring terhadap perkembangan situasi Gunung Ruang dan dampaknya pada bandara-bandara di sekitar, dengan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait abu vulkanik demi memastikan keselamatan penerbangan dan apabila kondisi belum berubah maka Notam akan diperpanjang. 

“Karena bersifat force majeur, masyarakat agar dapat memahami situasi ini. Khususnya bagi calon penumpang, mohon pengertian jika  terjadi pembatalan penerbangan," tuturnya. 

BACA JUGA:Kondisi Terkini Bandara Djalaluddin di Gorontalo Imbas Letusan Gunung Ruang

Ambar juga selalu menghimbau kepada maskapai penerbangan untuk memberikan kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket, termasuk opsi full refund, reschedule, ataupun re-route ke bandara terdekat jika seat masih tersedia. Hal ini diharapkan dapat membantu penumpang yang terkena dampak penutupan bandara. 

Sebelumnya, beberapa yamg terdampak erupsi Gunung Ruang, sudah dibuka sejak Rabu, 1 Mei 2024 yakni Bandara Naha yang mulai beroperasi sejak pukul 12.10 WITA dan Bandara Buol sejak pukul 18.03 WITA. Untuk Bandara Sam Ratulangi sempat ditutup pada Selasa, 30 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: