Pakar Transportasi Sebut Pemerintah Perlu Cari Solusi Angkutan Jalan Ramah Lingkungan

Pakar Transportasi Sebut Pemerintah Perlu Cari Solusi Angkutan Jalan Ramah Lingkungan

Pemerhati Masalah Transportasi, AKBP (Purn) Budiyanto menyebut Pemerintah Perlu Tekan Polusi Udara dengan Penerapan Angkutan Jalan Ramah Lingkungan-Istimewa -

BACA JUGA:Kemenhub Dorong Pengembangan Angkutan Umum Listrik di Jabodetabek

“Dengan harapan setelah percepatan pengadaan angkutan umum dengan tenaga listrik terwujud polusi udara dapat ditekan dan tercipta angkutan umum yang ramah lingkungan. Program tersebut secara tidak langsung juga memberikan kontribusi dalam rangka mengurangi pemanasan global,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menerbitkan sertifikat registrasi uji tipe (SRUT) sebanyak 133.223 hingga 3 April 2024.

Budi Karya menjelaskan, sektor transportasi merupakan bagian dari sektor energi yang fokus pada penerapan konservasi energi serta pemanfaatan energi baru dan terbarukan dalam pengendalian emisi.

BACA JUGA:Moeldoko Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Jawa Timur, Pasok Kebutuhan Sepeda Motor dan Mobil

BACA JUGA:Ditjen Hubdat Atur Tata Cara Muat Kendaraan Listrik di Kapal Penyeberangan Arus Mudik 2024

Manfaat dari perubahan menuju kendaraan listrik ini adalah penurunan emisi serta penghematan energi dan biaya energi.

“Masa depan tanpa emisi dapat diwujudkan salah satunya melalui implementasi kendaraan listrik yang merupakan peluang besar untuk transisi energi bersih dan ramah lingkungan yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” sebut Menhub pada Rabu, 1 Mei 2024. 

(Ayu Novita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: