Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemenaker Gelar KKIN Nasional IX 2024

Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemenaker Gelar KKIN Nasional IX 2024

Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemenaker Gelar KKIN Nasional IX -Dok.Kemnaker-

PADANG, DISWAY.ID -- Kementerian Ketenagakerjaan kembali menggelar Kompetensi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) IX Tahun 2024 Tingkat Regional Wilayah Barat I pada 5 hingga 9 Mei 2024.

Ajang tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor di Padang Minggu (05/05). 

Dalam sambutannya, Afriansyah mengatakan bahwa KKIN merupakan salah satu metode dalam peningkatan kompetensi SDM yang mengkompetisikan kemampuan teknis dan kompetensi metodologi instruktur dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Cek Penerapan Aturan Impor PMI di Bandara Soetta, Mendag Malah Temukan Barang Ini

BACA JUGA:Berikut Aturan Khusus dalam Pelaksanaan Qurban Berdasarkan Kementerian Agama

Afriansyah menambahkan, KKIN ini dilaksanakan tidak hanya untuk instruktur dari lembaga pelatihan pemerintah, namun juga dari lembaga pelatihan swasta, perguruan tinggi, dan industri.

"KKIN adalah suatu kegiatan kompetisi yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis, yang bertujuan sebagai ajang bagi para instruktur yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengukur,  meningkatkan, dan pemerataan peningkatan kompetensi yang terintegrasi," ucap Afriansyah.

Afriansyah berharap, dengan adanya event KKIN seperti ini bisa menambah semangat para instruktur/tenaga pengajar semakin dapat meningkatkan kompetesi di bidangnya masing-masing. 

Pasalnya, instruktur merupakan aktor utama dalam pelatihan kerja yang berfungsi sebagai fasilitator dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perubahan sikap dan perilaku (etos kerja) dari tenaga kerja. 

BACA JUGA:Kolaborasi Kemenhub, PT KAI, dan Pemprov DKI dalam Mengembangkan Stasiun Tanah Abang, Kapasitas Penumpang Jadi 300 Ribu Orang

BACA JUGA:Genjot Jumlah Dokter Spesialis, Kemenkes Buka Program Pendidikan Lewat 13 RS Swasta

"Pembentukkan SDM yang unggul untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang sejahtera dan maju hanya dapat dilakukan oleh generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, jujur, dan mampu berkompetisi," ucap Afriansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: