Kemenaker dan Pemerintah Austria Resmi Kerja Sama Kembangkan Maritim di BBPVP Makassar

Kemenaker dan Pemerintah Austria Resmi Kerja Sama Kembangkan Maritim di BBPVP Makassar

Melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Austria sepakat untuk mempererat kerja sama di bidang pelatihan vokasi dan pelatihan berbasis kerja melalui bantuan peningkatan kompetensi tenaga kerja di Balai Besar Pela-kemenaker-

JAKARTA, DISWAY.ID - Melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Austria sepakat untuk mempererat kerja sama di bidang pelatihan vokasi dan pelatihan berbasis kerja melalui bantuan peningkatan kompetensi tenaga kerja di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar.

Dalam keterangannya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa kerja sama inauguration of school operation BLK Maritim di Makassar ini merupakan bagian dari BBPVP Medan yang telah diselenggarakan pada 17 Mei 2022 lalu, BPVP Serang yang digelar pada 17 Oktober 2023 lalu, dan akan segera diikuti di BBPVP Banyuwangi, Jawa Timur pada September 2024 mendatang.

"Pengembangan BLK maritim ini disiapkan untuk mengembangkan pekerja yang mampu menjawab kesempatan kerja yang dibangun pemerintah Indonesia dan Austria, " Ujar Ida di BBPVP Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (07/05).

BACA JUGA:Tukang Parkir Liar Indomaret dan Alfamart di Rangkut Dibersihkan, Kapolsek: Tidak Ada Hak Pungut Uang Parkir Lagi

BACA JUGA:10 Tahun Warteg Bahari di Tanah Abang Dipalakin Preman, Tak Dituruti Dilempar Pisau

Ida menjelaskan, inauguration of school operation BLK Maritim ini juga menandai seluruh pembangunan workshop pengadaan peralatan pelatihan dan pengembangan lima program kejuruan.

Yakni kejuruan listrik, otomotif, las, wood working, dan manufaktur sudah sepenuhnya selesai sehingga pelaksanaan program pelatihan tersebut bagi pencari kerja dapat segera dilaksanakan.

"Melalui BLK maritim ini, salah satu kerja sama dengan Austria, kami ingin mendorong prioritas pengembangan sektor maritim. Semoga kerja sama ini dapat menjadi saksi dan komitmen kita bersama dalam berkolaborasi untuk peningkatan kompetensi dan daya saing SDM di Indonesia," Ujar Ida.

BACA JUGA:Teman Si Kribo yang Bayar Makan Seenaknya di Warteg Bahari Tanah Abang Tetap Diburu Meskipun Laporan Telah Dicabut

BACA JUGA:Harga BBM Bioetanol Pengganti Pertalite di SPBU Pertamina

Dalam laporannya, Plt. Dirjen Binalavotas Kemenaker Anwar Sanusi mengungkapkan kerja sama dengan skema pinjaman lunak ini, 20 orang instruktur telah mengikuti pelatihan Training of Trainers (ToT) di Austria secara bertahap.  

Melalui kerja sama ini kapasitas latih BBVP Makassar untuk kejuruan las dan listrik dengan standar Austria bertambah 496 orang per tahun.

"Keseluruhan pekerjaan dari keempat komponen tersebut diatas, saat ini telah selesai dan pelatihan untuk semua kejuruan bagi pencaker telah siap untuk dilaksanakan, " Ujar Anwar.

BACA JUGA:Zulhas Dukung Presidential Club ala Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: