Petugas Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi, Sempatkan Umrah Wajib Sebelum ke Madinah

Petugas Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi, Sempatkan  Umrah Wajib Sebelum ke Madinah

Petugas haji Indonesia melaksanakan ritual tawah saat umrah wajib setelah mendarat di tanah suci, Rabu, 8 Mei 2024. -Henri Lukmanul Hakim-Media Center Haji

MAKKAH, DISWAY.ID – Saat ini sudah ada 437 petugas haji Indonesia yang berada di Madinah. Mereka siap menyambut kedatangan jamaah haji kloter pertama pada 12 Mei 2024. Para petugas ini mendarat di Bandara Internasional King Abdulazis, Jeddah, pada Rabu, 8 Mei 2024, pukul 17.15 waktu setempat.

Mereka menumpang pesawat Garuda Airlines GA 980. Para petugas ini yang akan ditempatkan di daerah kerja Madinah dan Bandara. Untuk petugas haji yang bertugas di Makkah berangkat pada 15 Mei 2024.


Petugas Haji Indonesia memasuki areal Masjidil Haram untuk melakukan umran wajib. -Henri Lukmanul Hakim-Media Center Haji

"Selamat datang di Arab Saudi dan selamat bertugas," ujar Ali Machzumi, kepala daerah kerja Madinah  PPIH 2024. Ali sudah berada di Arab Saudi sejak 2 Mei 2024.

BACA JUGA:Visa Seluruh Jamaah Haji Sudah Terbit, 241 Orang Batal Berangkat

BACA JUGA:Visa Jemaah Haji Reguler Terbit, 554 Kloter Siap Berangkat 12 Mei 2024

Setelah menempuh penerbangan 9 jam, para petugas haji ini mampir dulu ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib. Mereka sempat menginap semalam di Makkah.

Wajah para petugas begitu ceria saat melakanakan ibadah umrah pada Kamis, 9 Mei 2024 dini hari. Jamaah yang umrah tidak begitu ramai. Sehingga ibadah bisa dilakukan dengan nyaman tanpa berdesak-desakan.


Para petugas haji Indonesia saling mencukur rrambut atau tahalu setelah menyelesaikan ritual umrah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Setelah melakukan tawaf atau mengitari Kakbah sebanyak 7 kali, para petugas minum zamzam dan melaksanakan salat sunah menghadap Multazam. Barulah kemudian dilanjutkan dengan sai atau berjalan antara bukit Marwa dan Shafa sebanyak 7 kali. Ritual umrah diakhiri dengan tahalul atau mencukur rambut.

"Memang paling enak saat ini. Jamaah tidak ramai dan kita melaksanakan umrah pada malam hari sehingga tidak panas," kata Syamsudin, kepala seksi Media Center Haji (MCH) Madinah.

BACA JUGA:Disway Sajikan Laporan Haji Langsung dari Tanah Suci

BACA JUGA:Ini Kata MUI Soal Hukum Ibadah Haji Pakai Visa Tidak Resmi

Kamis, 9 Mei 2024, pukul 09.00, seluruh petugas haji diberangkatkan ke Madinah. Mereka menyiapkan diri penyambutan jamaah haji. Mulai dari transportasi, akomodasi, hingga konsumsi. Para pembimbing ibadah juga sudah siap untuk mendampingi jamaah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: