Awas! Stres Berkepanjangan Bisa Ganggu Kesehatan, Berikut 5 Tips Menghindarinya

Awas! Stres Berkepanjangan Bisa Ganggu Kesehatan, Berikut 5 Tips Menghindarinya

Stres Berkepanjangan Bisa Ganggu Kesehatan--Pixabay/Engin_Akyurt

Tak hanya musik bernada lembut, Anda juga bisa mendengarkan genre musik favorit Anda untuk mengatasi stres.

BACA JUGA:Mantap! Alwi Bakal Rilis Single Religi Terbaru, Begini Kata Posan Tobing

4. Berolahraga Secara Rutin

Saat sedang merasa stres, Anda sebaiknya tidak terlalu lama menyendiri atau mengurung diri di rumah. Sebisa mungkin cobalah untuk tetap berolahraga, misalnya berjalan santai, joging atau berlari, bersepeda, menari, atau berenang.

Saat Anda banyak bergerak atau berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon pereda stres alami atau endorfin. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih rileks, tenang, dan tidur pun lebih nyenyak.

5. Istirahat yang Cukup

Bagi sebagian orang, stres mungkin bisa menyebabkan kurang tidur atau tidur kurang nyenyak. Jika hal ini terus berlanjut, Anda justru bisa semakin stres, kurang bertenaga, dan sulit konsentrasi atau fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Viral, Ibu Ketahuan Mengutil di Minimarket Cirebon, Begini Endingnya

Stres dan kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit kardiovaskular, depresi, dan obesitas.

Jika Anda sedang stres dan sulit tidur, cobalah untuk menciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman dengan meredupkan lampu kamar atau menyalakan aromaterapi. Jangan lupa juga untuk selalu mencukupi waktu tidur malam setidaknya 7–8 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: