Tanggal 20 Mei Memperingati Hari Apa? Cek Informasinya di Sini

Tanggal 20 Mei Memperingati Hari Apa? Cek Informasinya di Sini

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei.-Pinterest-

JAKARTA, DISWAY.ID - Tanggal 20 Mei 2024 jatuh pada hari Senin. Diketahui, pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Seperti yang diketahui, tanggal 20 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau memperingati hari lahirnya organisasi Boedi Oetomo.

Kebangkitan Nasional ini merupakan salah satu kebangkitan dari bangsa Indonesia yang mulai memiliki rasa kesadaran nasional yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 dan lahirnya sumpah pemuda 28 Oktober 1928.

BACA JUGA:Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Berawal dari Lahirnya Organisasi Boedi Oetomo

BACA JUGA:Kapan Lebaran Haji 2024? Catat Tanggal dan Jadwal Liburnya

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terkait libur nasional dan cuti bersama 2024, pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024 tidak ditetapkan sebagai hari libur.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei sebagai momen untuk mengingat titik awal di mana bangsa Indonesia mencoba bangkit dan memperjuangkan semangat nasionalisme.

Hadirnya organisasi Boedi Otomo juga menginspirasi banyak organisasi besar mulai dari Sarekat Dagang Islam, Muhammadiyah, Indische Partij, Nahdlatul Ulama, Perhimpunan Indonesia dan masih banyak organisasi pemuda dan pelajar lainnya.

Mengutip dari situs resmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta, organisasi ini didirikan oleh dr. Wahidin Soedirohoesodo.

BACA JUGA:Kapan Hari Raya Waisak 2024? Catat Tanggalnya di Sini

BACA JUGA:Kapan Hari Raya Idul Adha 2024? Cek Tanggal Versi Pemerintah dan Muhammadiyah

Beliau berkeliling Jawa untuk mencari dana agar bisa membiayai pelajar-pelajar yang pandai, namun miskin.

Kala itu, ia bertemu dengan 3 orang mahasiswa yang asalnya dari sekolah kedokteran Stovia di  Jakarta bernama Gunawan Mangunkusumo, Suraji dan Sutomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: