Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Berawal dari Lahirnya Organisasi Boedi Oetomo

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Berawal dari Lahirnya Organisasi Boedi Oetomo

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei.-Pinterest-

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei sebagai momen untuk mengingat titik awal di mana bangsa Indonesia mencoba bangkit dan memperjuangkan semangat nasionalisme.

Pada tahun ini, Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada Senin, 20 Mei 2024 yang ke-116. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini berawal dari lahirnya organisasi Boedi Oetomo.

Boedi Oetomo sendiri menjadi organisasi pergerakan rakyat pertama di Indonesia yang berdiri pada 20 Mei 1908.

BACA JUGA:Jejak Sejarah 123 Tahun Untuk Indonesia, Pegadaian Luncurkan Buku 'Van Leening When History Begins'

BACA JUGA:Hari Asma Sedunia Diperingati Tanggal 7 Mei, Ini Tema dan Sejarah Singkatnya

BACA JUGA:May Day, Sejarah Singkat Hari Buruh 1 Mei di Indonesia Hingga Jadi Tanggal Merah

Hadirnya organisasi Boedi Otomo juga menginspirasi banyak organisasi besar mulai dari Sarekat Dagang Islam, Muhammadiyah, Indische Partij, Nahdlatul Ulama, Perhimpunan Indonesia dan masih banyak organisasi pemuda dan pelajar lainnya.

Mengutip dari situs resmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta, organisasi ini didirikan oleh dr. Wahidin Soedirohoesodo. Beliau berkeliling Jawa untuk mencari dana agar bisa membiayai pelajar-pelajar yang pandai, namun miskin.

Kala itu, ia bertemu dengan 3 orang mahasiswa yang asalnya dari sekolah kedokteran Stovia di Jakarta bernama Gunawan Mangunkusumo, Suraji dan Sutomo.

Di pertemuan tersebut, Sutomo memberikan usul pada dokter yang disapa Mas Wahidin supaya usaha-usahanya diperluas. Tak hanya dibidang pendidikan saja, tetapi juga pada bidang peternakan, pertanian, industri, perdagangan sampai kesenian.

Namun, untuk mewujudkannya, diperlukan sebuah perkumpulan atau organisasi yang besar.

BACA JUGA:Hari Bhakti Permasyarakatan 2024, Sejarah Penting Bagi Lembaga Pemasyarakatan

BACA JUGA:Hari Buku Sedunia 2024 Tema dan Sejarah, Ini Genre Paling Banyak Dibaca Tahun Ini

Lantas, Sutomo serta teman-temannya menyiapkan pertemuan besar. Dari pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 1908 inilah lahirnya organisasi yang lengkap dengan peraturan dasar, seperti anggota, pengurus organisasi, tujuan dan rancangan kegiatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: