Hari Asma Sedunia Diperingati Tanggal 7 Mei, Ini Tema dan Sejarah Singkatnya

Hari Asma Sedunia Diperingati Tanggal 7 Mei, Ini Tema dan Sejarah Singkatnya

Hari Asma Sedunia atau World Asthma Day (WAD) diperingati setiap tanggal 7 Mei.-Global Initiative For Asthma-https://ginasthma.org/world-asthma-day-2024/

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari Asma Sedunia atau World Asthma Day (WAD) diperingati pada tanggal 7 Mei setiap tahunnya, dan tahun ini jatuh pada tanggal 7 Mei 2024.

Asma sendiri merupakan suatu kondisi kronis yang dapat memengaruhi saluran pernapasan dan bisa menyebabkan sesak napas, batuk hingga dada terasa berat.

Saluran pernapasan bagi penderita asma sendiri lebih sensitif dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut.

BACA JUGA:4 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Salah Satunya Baik Buat Penderita Asma

BACA JUGA:Tema Hari Malaria Sedunia 2024, Ini Pesan WHO untuk Ibu Hamil dan Anak

BACA JUGA:Peringati Hari Tanah Sedunia, Berikut Manfaat dan Tips Merawat Tanah Biar Lebih Subur

Penyakit ini juga dapat menimpa segala usia yang diakibatkan mulai dari asap rokok, debu, udara dingin, bulu binatang, aktivitas fisik, paparan zat kimia hingga infeksi virus.

Akan tetapi, hingga penyebab utama dari asma masih belum diketahui secara pasti.

Namun demikian, pengidap asma terbukti mempunyai kondisi saluran pernapasan yang sedikit lebih sensitif.

Asma juga merupakan salah satu penyakit tidak menular kronis yang telah menyerang lebih dari 260 juta dan menyebabkan lebih dari 450.000 kematian tiap tahunnya di seluruh dunia.

Meski belum ada obatnya, penyakit asma ini bisa dikontrol secara efektif dengan pengobatan yang tepat serta manajemen gaya hidup yang baik.

BACA JUGA:10 Penyakit Paru Gejala dan Komplikasinya, Bukan Hanya Asma

BACA JUGA:Kenali Gejala Penyakit Asam Lambung Naik, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya, kunci penanganan asma yang efektif terletak di pemahaman kondisi serta pemicunya. Di sinilah peran hari peringatan sekaligus pendidikan yang menjadi landasan pendekatan pemberdayaan mengenai asma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: