Benny Susetyo: Merayakan Waisak dalam Semangat Pancasila, Meneguhkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Benny Susetyo: Merayakan Waisak dalam Semangat Pancasila, Meneguhkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Dr. Antonius Benny Susetyo-BPIP-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Perayaan Waisak yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2024, merupakan momen sakral bagi umat Buddha di Indonesia. 

Tahun ini, Kementerian Agama RI telah menetapkan tema peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 yaitu “Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia”. 

BACA JUGA:Pelayanan SIM Keliling Di Jakarta Ditiadakan dalam Rangka Libur Hari Raya Waisak, Buka Kembali 24 Mei

BACA JUGA:Jelang Libur Panjang Hari Raya Waisak, Kemenhub Siapkan Antisipasi Pergerakan Masyarakat

Tema ini menekankan pentingnya kesadaran akan keberagaman sebagai jalan menuju kehidupan yang luhur, harmonis, dan bahagia. 

Sejalan dengan tema tersebut, staf khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Dr. Antonius Benny Susetyo, kembali menegaskan bahwa momentum Hari Raya Waisak adalah saat yang tepat untuk merajut kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa

Dalam pandangan beliau, semangat dan nilai-nilai Pancasila harus menjadi landasan utama dalam upaya merawat persatuan dan kesatuan demi kesejahteraan bersama. 

BACA JUGA:Ini Lokasi Ganjil Genap Puncak Bogor Selama Libur Waisak 2024

BACA JUGA:KAI Operasikan 1.500 KA Sambut Libur Panjang Waisak

Melalui Pancasila, bangsa Indonesia diharapkan dapat berjalan bersama menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Doktor ilmu komunikasi politik ini lebih lanjut menekankan bahwa Hari Raya Waisak bukan hanya menjadi perayaan agama bagi umat Buddha, tetapi juga menjadi momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merajut persatuan dan kebersamaan dalam keberagaman. 

Di tengah keragaman suku, budaya, dan agama, Waisak dapat menjadi simbol gotong royong dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata. 

BACA JUGA:Mulai Besok! Ganjil Genap Jakarta 23-24 Mei 2024 Ditiadakan saat Hari Raya Waisak

BACA JUGA:Long Weekend Waisak, Tiket KA Terjual 103 Ribu Kursi Per Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: