Kreasi Kopi Susu Cita Rasa Gula Aren dan Cappucino Jadi Andalan Barista dan Coffeepreneur

Kreasi Kopi Susu Cita Rasa Gula Aren dan Cappucino Jadi Andalan Barista dan Coffeepreneur

Kopi susu gula aren jadi kreasi favorit kekinian--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID – Budaya minum kopi di kalangan Gen Z dan milenial semakin diminati.

Kopi susu menjadi andalan bagi barista untuk meracik kopi yang enak.

PT Indolakto entitas anak dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melalui brand Indomilk, kembali mengadakan Workshop Indomilk Coffeepreneur yang tahun ini memasukan tahun ke-3 akan di adakan di 11 kota, berlangsung mulai bulan Mei hingga Oktober 2024.

Kick off dimulai pada Senin 27 Mei 2024 di Titik Temu Café, SCBD Jakarta.

BACA JUGA:Rahasia Kuat Nenek 88 Tahun Naik Haji: Kopi Hitam Tiap Hari

 Melalui workshop ini, Indomilk memberikan pelatihan dan edukasi bagi para pelaku usaha kopi, mulai dari tim R&D, headbar, hingga barista untuk berani eksplorasi dalam membuat aneka minuman kopi, maupun minuman lain yang menggunakan campuran susu.

Program ini menjadi bukti komitmen Indomilk dalam mendukung para coffeepreneur untuk terus berkreasi sehingga bisa membangun bisnis kopi yang berkelanjutan mengikuti perkembangan tren dan selera konsumen masa kini.

Dikutip dari Statista, dalam beberapa tahun terakhir, popularitas kopi semakin meningkat, didorong oleh berkembangnya budaya kedai kopi dan perubahan pola konsumsi generasi muda.

BACA JUGA:Mengenal Mikael Jasin Juara Barista Dunia dari Indonesia, Ternyata Pilih Cashew Milk Sebagai Kreasi Kopi

Dengan meningkatnya daya beli dan paparan terhadap tren industri kopi global, generasi muda Indonesia telah memasuki budaya kopi gelombang keempat.

Kopi lokal berkualitas dan minuman es kopi berbasis susu dalam berbagai rasa yang sesuai dengan selera lokal, kini sedang menjadi tren.

Minuman kopi berbasis susu seperti cappucino, latte, dan es kopi gula aren masih menjadi favorit konsumen di Indonesia saat ini

“Selera konsumen dan tren minuman kopi terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, melalui program Indomilk Coffeepreneur ini, kami secara konsisten ingin mengedukasi para coffeepreneur, termasuk barista, untuk terus berkreasi menciptakan minuman inspiratif baru favorit anak muda, terutama yang berbasis susu,” tutur Prita Utami, Trade Marketing Food Service Manager PT Indolakto.

BACA JUGA:Resep Es Kopi Thailand, Praktis dan Creamy!

Setiap jenis minuman memiliki karakter yang unik, sehingga harus didukung dengan pemilihan jenis susu yang tepat untuk memperkuat karakter minuman tersebut.

“Rangkaian susu Indomilk, mulai dari fresh milk, UHT, susu evaporasi hingga susu kental manis adalah opsi yang tepat bagi para coffeepreneur untuk memulai berkreasi,” ucapnya.

Indomilk Good Milk Fresh Milk cocok dipakai untuk membuat specialty coffee, seperti latte ataupun cappucino; Indomilk Good Milk UHT Full Cream untuk membuat minuman kopi dingin, serta susu evaporasi dan kental manis Tiga Sapi yang biasa digunakan sebagai campuran ala kopi tradisional.

Di 2024 ini, program Indomilk Coffeepreneur turut menggandeng para expert di industri kopi, seperti Hendri Kurniawan yang merupakan World Certified Coffee Judge dan Restu Sadam, seorang profesional barista sekaligus juara pertama Indonesia Latte Art Champion 2019 & 2021, untuk berbagi ilmu bagi para coffeepreneur melalui berbagai sesi workshop tematik.

BACA JUGA:BKKBN Beri Bantuan Alat Laparoskopi, 430 Akseptor KB Tubektomi di RS Gading Medika Bengkulu Sepanjang 2023

"Visi dari program Indomilk Coffeepreneur ini sangat menarik dan penting sekali untuk diketahui oleh para pelaku usaha kopi, atau mereka yang baru ingin memulai usahanya. Bukan hanya mengolah biji kopi, namun mengenali karakter susu juga menjadi hal yang krusial dalam berkreasi karena susu memegang peranan penting dalam mengangkat karakter suatu minuman. Ini adalah langkah awal bagi para coffeepreneur untuk memajukan usaha kopi mereka dan membangun ciri khas tersendiri di mata konsumennya," ungkap Hendri Kurniawan.

"Tak bisa dipungkin bahwa penyajian kopi turut mempengaruhi citra dari seorang barista dan coffee shop yang dinaunginya. Latte Art bukan hanya sekedar penambah nilai estetika minuman kopi, namun menggambarkan ketekunan dan keinginan barista untuk menyajikan yang terbaik. Dalam membuat Latte Art, diperlukan produk susu berkualitas yang mudah di-frothing sehingga dapat menghasilkan busa yang lentur dan mudah dibentuk untuk menciptakan latte art yang smooth, silky dan shiny. Salah satu produk fresh milk yang memenuhi kriteria ini adalah Indomilk Good Milk Fresh Milk," kata Restu Sadam.

BACA JUGA:Seruput Sedapnya Kopi Susu dari Susu Nabati, Cita Rasa Creamy dan Caramel

Untuk menjangkau lebih banyak coffeepreneur di berbagai pelosok Indonesia serta memberikan edukasi yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis usaha kopi mereka, Indomilk Coffeepreneur workshop akan diadakan di 11 kota yaitu Jakarta, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Balikpapan Makassar dan Bekasi.

"Sejak rutin dijalankan dari tahun 2022, Indomilk Coffeepreneur telah menjangkau kurang lebih 600 coffeepreneur/barista. Tahun ini, dengan meluasnya titik kota yang dikunjungi, kami menargetkan lebih dari 700 coffeepreneur/barista bisa mendapatkan edukasi dan pelatihan terbaik seputar kopi dan susu. Harapan kami, program ini dapat terus mendukung para coffeepreneur untuk menyajikan kopi terbaik bagi konsumen sehingga bisnis yang dijalankan bisa terus maju dan sustainable," tutup Prita

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: