Alasan Muhammadiyah Tarik Dananya Triliunan Rupiah dari BSI, Dipindahkan ke Bank Syariah Lain

Alasan Muhammadiyah Tarik Dananya Triliunan Rupiah dari BSI, Dipindahkan ke Bank Syariah Lain

Alasan Muhammadiyah tarik dananya triliunan rupiah dari BSI tak lepas dari penataan masalah keuangan khususnya dalam penempatan dana.-Dok BSI-

JAKARTA, DISWAY.ID – Setelah menjadi nasabah dalam kurunan waktu yang cukup lama, BSI ditinggalkan Muhammadiyah dan triliunan rupiah dipindahkan ke bank Syariah lainnya.

Pemindahan dana umat yang mencapai belasan triliun rupiah ini dipindahkan oleh Muhammadiyah dari Bank Syariah Indonesia ke berbagai bank syariah lainnya di Tanah Air, di antaranya Bank Bukopin Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat dan bank-bank syariah lainnya.

Pihak Muhammadiyah mengungkapkan bahwa pemindahan ini diambil berdasar Surat Keputusan PP Muhammadiyah Nomor 320/I.0/A/2024 tertanggal 30 Mei 2024 dan ditandatangani oleh Ketua Muhammadiyah Agung Danarto serta Sekretaris Muhammadiyah Muhammad Sayuti.

BACA JUGA:Hubungan Pembagian IUP Tambang ke Ormas dengan Pemilu Dibongkar Jatam, Jadikan Kekayaan Alam Sebagai Bancakan

BACA JUGA:Mahfud MD Ogah Tanggapi Putusan MA Soal Batas Usia Calon Kepala Daerah: Negara Ini Hukumnya Udah Rusak dan Dirusak

Tidak hanya itu, PP Muhammadiyah juga menginstruksikan seluruh Badan Amal Usaha (AUM) Muhammadiyah untuk menarik dananya dari BSI.

Adapun alasan Muhammadiyah tarik dananya triliunan rupiah dari BSI tak lepas dari penataan masalah keuangan khususnya dalam penempatan dana.

Pihak Muhammadiyah menjelaskan jika penarikan triliunan dana mereka dari BSI karena merasa perlu melakukan penataan masalah penempatan uang di dunia perbankan serta pembiayaan yang akan diterima.

BACA JUGA:Mantan Komandan Densus 88 Ungkap Skenario Keterlibatan Jenderal B di Kasus Timah, Singgung Pergantian Penguasa Tambang

BACA JUGA:Aktor Pemerintah Pusat di Korupsi Timah Rp300 Triliun Dibocorkan ICW, Kongkalingkong antara Swasta dan Oknum Pemerintah

Menurut Muhammadiyah, penempatan dana di BSI terlalu banyak secara bisnis dapat menimbulkan risiko konsentrasi.

Sedangkan di bank-bank syariah lain masih sedikit sehingga bank-bank syariah lain tersebut tidak bisa berkompetisi dengan margin yang ditawarkan oleh BSI baik dalam hal yang berhubungan dengan penempatan dana maupun pembiayaan.

Diharapkan dengan pemindahan dana ini akan dapat memberikan dorongan dalam persaingan yang lebih sehat.

BACA JUGA:Alasan STY Tak Memasukannya Verdonk Dalam Skuad Timnas Indonesia VS Irak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: