Jamaah Haji Indonesia Rajin Ziarahi Makam Mbah Moen

Jamaah Haji Indonesia Rajin Ziarahi Makam Mbah Moen

Ali Mas'ud (dua dari kiri) berdoa di makam KH Maimoen Zubair di pemakaman Ma'la, Makkah, 10 Juni 2024. -Tomy Gutomo-Media Center Haji


Pintu gerbang kompleks pemakaman Ma'la di Makkah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Saking ramainya peziarah yang datang ke makam Mbah Moen, peziarah dari negara lain sampai penasaran. "Itu makam siapa kok ramai," tanya peziarah asal Turkiye kepada tim MCH. 

Mbah Moen wafat pada 6 Agustus 2019, pukul 04.17 Waktu Arab Saudi (WAS) di Rumah Sakit An Noer, Makkah, karena sakit. Tahun lalu, makam Mbah Moen sebenarnya dibongkar oleh pengelola makam. Biasanya setiap 3-4 tahun, makam di Ma'la dibongkar. Untuk diisi jenazah lainnya. 

Namun, saat dibongkar, jasad Mbah Moen masih utuh. Kebijakan pemerintah Arab Saudi, bila jasad masih utuh, makam tidak akan dibongkar, Maka, sampai sekarang jasad Mbah Moen masih berada di kompleks pemakaman Ma'la.

Tak jauh dari makam Mbah Moen, sekitar 50 meter, ada makam istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah. Makam istri pertama Rasulullah itu dipagari. Peziarah tidak bisa masuk ke makam tersebut. Peziarah hanya bisa berdiri dan mengirim doa dari balik pagar. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: