Lepas Ratusan Pekerja Migran ke Korea dan Jerman, Kepala BP2MI: Ini Penghormatan dari Negara

Lepas Ratusan Pekerja Migran ke Korea dan Jerman, Kepala BP2MI: Ini Penghormatan dari Negara

Kepala BP2MI Benny Rhamdani berswa foto usai melepas 167 pekerja migran ke Korea Selatan dan Jerman secara G to G di Hotel El Royal, Kelapa Gading, Senin 10 Juni 2024-Fandi Permana-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PB2MI) kembali melepas ratusan Pekerja Migran ke sejumlah negara secara G to G atau Government to Government. 

Pelepasan ratusan pekerja migran itu dilakukan secara seremonial oleh Kepala BP2MI Benny Rhamdani di hotel El Royal, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin 10 Juni 2024.

BACA JUGA:Ribuan Barang PMI Tertahan Karena Aturan Kemendag, BP2MI Usul Relaksasi Saat Rapat Revisi Aturan Impor

BACA JUGA:Sambut Gelombang Kepulangan PMI untuk Rayakan Idul Fitri, BP2MI Pastikan Beri Layanan Terbaik

Benny memimpin upacara pelepasan bersama sejumlah pejabat struktural BP2MI dab perwakilan lembaga terkait.

Benny menyebut para pekerja migran yang siap dilepas merupakan apresiasi negara kepada penyumbang devisa terbesar kedua. 

"Pelepasan dilakukan secara seremonial, dihadiri oleh pihak-pihak yang menjadi tokoh penting di negara ini. Dan ini adalah bentuk penghormatan negara," kata Benny usai melepas 167 Pekerja Migran.

Untuk total para pekerja migran yang diberangkatkan pada periode ini sebanyak 167. Rinciannya, 162 orang diberangkatkan ke Korea Selatan dan 5 lainnya ke Jerman.

BACA JUGA:BP2MI Benarakan 6 ABK Asal Indonesia Jadi Korban Kapal Tenggelam di Laut Jepang

Khusus pekerja migran yang diberangkatkan ke Korea Selatan terbagi dalam beberapa kelompok pekerja. Sebanyak 58 orang bekerja di sektor manufaktur dan 104 orang di perikanan.

Khusus 5 pekerja migran yang diberangkatkan ke Jerman, semuanya ditempatkan di bidang kesehatan. Kelimanya memiliki keahlian sebagai perawat dan ditempatkan di sejumlah rumah sakit di Jerman.

Benny mengapresiasi para pekerja migran yang sudah terlatih dan mendaftar secara resmi atau legal. 

"Kita menyampaikan kepada mereka agar mereka berani berangkat dengan mental yang siap. Kemudian yakinkan diri mereka bahwa mereka ini duta bangsa, wakil dari negara kita untuk mengebut ruang kerja di luar negeri. Jadi tidak boleh lagi mental rendah diri merasa malu menjadi PMI" tegas Benny.

BACA JUGA:Selama 2023, BP2MI Berangkatkan 273.747 PMI Bekerja di Luar Negeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: