Ustadz Abdul Somad Jelaskan Batas Waktu Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha, Catat Batasannya

Ustadz Abdul Somad Jelaskan Batas Waktu Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha, Catat Batasannya

Ustadz Abdul Somad Jelaskan Batas Waktu Kurban Idul Adha, Lengkap dengan Batasannya-X/@UASAbdulSomad-

BACA JUGA:Ustadz Abdul Somad Bicara Soal Bahaya Wahabi dan Syiah Bagi Umat Islam: Ada 5 Masalah

Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan bahwa dari saat matahari terbit (syuruq) hingga setinggi tombak adalah waktu terlarang untuk menyembelih hewan kurban, juga dikenal sebagai waktu tanduk setan.

Rentang waktu tersebut diperkirakan sekitar 12 menit.

"Mengapa disebut waktu tanduk setan? Ketika matahari naik, bentuknya bulat. Selama 12 menit ini, setan berada di dekat kita," jelasnya.

Untuk menghindari waktu tanduk setan ini, disarankan untuk melaksanakan shalat sunnah. Atau jika ingin melewati waktu ini, bisa melakukan dua rakaat shalat dan dua khutbah singkat.

BACA JUGA:Ustadz Abdul Somad Bahas Soal Imsak Sebelum Mulai Puasa: Waktu Saya di Maroko...

Setelah itu, baru boleh melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Namun, biasanya di sebagian wilayah Indonesia, penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah shalat sunnah Idul Adha.

Sekadar contoh saja, jika seseorang tinggal di negara non-Muslim dan ingin berkurban sendirian, ia perlu menghitung waktu yang tepat untuk melakukan penyembelihan.

Caranya adalah melewatkan sekitar 12 menit setelah matahari terbit, kemudian melakukan dua rakaat shalat dan dua khutbah singkat.

Penggambaran dari Ustadz Abdul Somad memberikan pemahaman yang jelas mengenai waktu yang tepat untuk penyembelihan hewan kurban.

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan pelaksanaan ibadah kurban dapat dilakukan dengan benar dan sesuai aturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: