Peluang Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024 Kata Pengamat

Peluang Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024 Kata Pengamat

Ridwan Kamil saat resmi jadi kader Partai Golkar.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ridwan Kamil dikabarkan sedang 'OTW' Jakarta oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ini sebagai sinyal kuat nama mantan Gubernur Jawa Barat itu digadang-gadang akan maju di Pilkada Jakarta pada November mendatang.

Namun, keputusan itu belum resmi dinyatakan oleh pihak partai Golongan Karya (Golkar). Apakah nantinya Ridwan Kamil akan diusung ke Jawa Barat atau di Jakarta?

BACA JUGA:Airlangga Hartarto Ungkap Ridwan Kamil Sudah OTW Menuju Pilkada DKI

Di sisi lain, nama Anies Baswedan tengah santer bakal maju Pilkada Jakarta.

Ia memiliki peluang maju Pilkada yang telah mendapat dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Terkait peluang Ridwan Kamil, Pengamat Sosial Politik yang sekaligus Akademisi dari Universitas Sunan Giri Surabaya, Bahrul Alam angkat bicara.

Menurut Bahrul, peluang Ridwan Kamil alias RK di Jakarta nampaknya cukup berat jika tak disokong oleh koalisi partai yang solid dan pergerakan masif melalui kader koalisi partai.

"Popularitas RK sudah melekat sebagai seorang Gubernur Jabar/Walikota Bandung," ujarnya saat dihubungi Disway.id pada Selasa, 18 Juni 2024.

BACA JUGA:Siap Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta, Airlangga Hartarto: Kita Akan Terus Evaluasi Hingga Bulan Juli

Bahrul menambahkan, hal itu juga diperkuat oleh sentimen kultural dan gengsi masyarakat DKI Jakarta terhadap rekam jejak RK sebagai mantan Gubernur Jawa Barat.

"Terutama di ranah grassroot juga mempengaruhi hal tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut. Pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur itu menyampaikan, pada gelaran Pilkada Jakarta nanti bisa jadi RK menghadapi seorang petahana yang juga merupakan calon presiden 2024 dengan popularitas tinggi dalam ajang pilpres 2024 yakni Anies Baswedan.

Sebelumnya, dukungan untuk mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam upaya pencalonannya di Pilkada Jakarta semakin menguat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: