Pemprov DKI Ajak Warga Jakarta Ikut Upacara Puncak Peringatan HUT ke-497 Jakarta di Monas

Pemprov DKI Ajak Warga Jakarta Ikut Upacara Puncak Peringatan HUT ke-497 Jakarta di Monas

Pemprov DKI Ajak Warga Jakarta Ikut Upacara Puncak Peringatan HUT ke-497 Jakarta di Monas -Pemprov DKI Jakarta-

Acara yang masih akan berlangsung hingga 23 Juni antara lain Jakarta Light Festival di Taman Fatahillah Kota Tua pada 22-23 Juni, Gebyar Seni Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi pada 22-23 Juni, Khitanan Massal di tiga kelurahan pada 1-30 Juni 2024, serta Jakarta International Marathon (Jakim) pada 23 Juni 2024.

Pemprov DKI Jakarta juga memfasilitasi pariwisata dan hiburan, di antaranya gratis masuk Ancol Taman Impian pada 1 Juni-21 Juni 2024 setiap hari pukul 17.00-tutup, Jakarta Fair pada 12 Juni-14 Juli 2024, serta Jakarta Great Sale pada 5 Juni-10 Juli 2024.

Jakarta Menjadi Role Model Kota Lain

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menilai, tema 'Jakarta Kota Global Berjuta Pesona' dalam HUT ke-497 Kota Jakarta merupakan bagian dari upaya untuk menempatkan Jakarta sebagai kota yang menarik bagi investor dan wisatawan.

Ia berharap, meski Jakarta tak lagi menjadi ibu kota, aset-aset pemerintah pusat bisa diubah menjadi tempat wisata Jakarta. 

"Istana Negara, misalnya, bisa dijadikan museum untuk tempat wisata. Jadikan itu bagian dari pesona, agar orang datang ke Jakarta," imbuh alumnus Universitas Trisakti Jakarta ini.

Jadi, tempat-tempat yang selama ini dianggap milik negara dan tertutup untuk publik, bisa dibuka untuk masyarakat. Sedangkan untuk Monas, lanjut Trubus, menjadi  simbol Jakarta sebagai kota publik.

BACA JUGA:Cek Prakiraan Cuaca Hari Ini Wilayah DKI Jakarta, Kamis 13 Juni 2024

Trubus mencontohkan Kota New York di Amerika Serikat. Kota tersebut memang sebelumnya menjadi ibu kota negara, tetapi sekarang menjadi kota bisnis.

"Artinya, New York merupakan kota bisnis sekaligus sebagai kota wisata. Karena status ibu kota negaranya itu sudah enggak ada kan gitu," jelasnya.

Menurut Trubus, masyarakat juga harus diberikan edukasi dan pemahaman bahwa Jakarta akan menjadi kota investasi serta kota bisnis. "Karena kan selama ini masyarakat kita masih berpandangan bahwa kota ini ibu kota negara," urainya.

Ia menegaskan, Jakarta harus menjadi role model kota-kota lain.

"Historisnya Jakarta salah satunya sebagai tempat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia," pungkas Trubus.

Transjakarta, LRT, dan MRT Berlakukan Tarif Rp1 

Kemeriahan HUT ke-497 Kota Jakarta juga semakin semarak dengan program tarif Rp 1 bagi para penumpang Transjakarta, Light Rail Train (LRT), dan Mass Rapid Transit (MRT) yang berlaku pada 22-23 Juni 2024, pukul 00.00-23.59 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: