Viral Ratusan Jemaah Haji Meninggal Dunia Diduga Akibat Suhu Ekstrem Arab Saudi, Tembus 53 Derajat Celcius!

Viral Ratusan Jemaah Haji Meninggal Dunia Diduga Akibat Suhu Ekstrem Arab Saudi, Tembus 53 Derajat Celcius!

Viral Ratusan Jemaah Haji Meninggal Dunia Diduga Akibat Suhu Ekstrem Arab Saudi, Tembus 53 Derajat Celcius!--Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Mengerikan! Ada lebih dari 500 orang jemaah haji yang meninggal dunia akibat cuaca ekstrem yang melanda Arab Saudi.

Bagaimana tidak, pasalnya suhu di Arab Saudi sangat panas yang mana bahkan sempat tembus 53 derajat celcius.

Terlihat ada beberapa jemaah haji diduga telah meninggal dunia dan tergeletak di jalanan Arab Saudi.

Akibat fenomena mengerikan itu ada netizen yang melontarkan kritikan keras terhadap pemerintah Arab Saudi yang dinilai tidak sigap dalam memberi pelayanan terhadap para jemaah haji.

BACA JUGA:Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua, Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Terlebih sejumlah jemaah haji yang meninggal dunia itu jenazahnya hanya dibiarkan di pinggir jalan tanpa adanya penanganan.

Meski demikian pemerintah Arab Saudi masih belum mengumumkan tindak lanjut yang jelas meski sudah ada 2.000 lebih jemaah yang mengalami heatstroke.

Adanya fenomena gelombang panas ekstrem di Arab Saudi telah menyebabkan kematian hingga 577 jemaah haji, 323 di antaranya berasal dari Mesir.

Selain itu banyak jemaah dari Yordania yang juga dilaporkan meninggal dunia akibat cuaca panas yang melanda Arab Saudi.

BACA JUGA:20 Ucapan Hari Raya Idul Adha 2024 Bahasa Arab yang Penuh Doa dan Menyentuh Hati, Bisa Kirim ke Keluarga atau Teman

Pemerintah Saudi dikecam publik Yordania atas pelayanan haji yang dinilai masih belum baik.

Menurut laporan Pusat Meteorologi Nasional Saudi yang dikutip oleh AFP, suhu mencapai 51,8 derajat Celsius di Masjidil Haram pada Senin, 17 Juni 2024.

Akibat hal itu ratusan jemaah dari berbagai negara meninggal dunia akibat penyakit yang disebabkan oleh suhu panas yang ekstrem.

Dari total jumlah korban jiwa, 323 di antaranya adalah jemaah asal Mesir. Seorang sumber diplomat Saudi mengatakan, "Semua warga Mesir yang meninggal dunia karena kepanasan, kecuali satu orang yang mengalami luka fatal dalam kerumunan kecil." Selain itu, sebanyak 60 jemaah asal Yordania juga dilaporkan meninggal dunia karena suhu udara yang tinggi. Jumlah total kematian jemaah haji dari seluruh negara mencapai 577 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: