Dirjen Perhubungan Darat Kampanye Keselamatan Transportasi Sungai dan Danau

Dirjen Perhubungan Darat Kampanye Keselamatan Transportasi Sungai dan Danau

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Risyapudin Nursin lakukan Keselamatan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan di wisata Waduk Jatiluhur- Dok. Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, menggelar kampanye Keselamatan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan di wisata Waduk Jatiluhur.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Risyapudin Nursin menjelaskan bahwa, pihaknya bertanggung jawab atas aspek keselamatan transportasi di objek wisata Waduk Jatiluhur.

“Keselamatan merupakan tanggung jawab kita bersama. Sesuai amanah Undang-Undang Dasar pemerintah wajib hadir memberikan perlindungan dan keselamatan pada seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya dikutip pada Sabtu, 22 Juni 2024.

BACA JUGA:Kabar HET MinyaKita akan Naik Pekan Depan, Mendag Zulhas: Nanti Kita Bicarakan Dulu

BACA JUGA:Ramai Soal Kasus Demurrage Beras BULOG, Ini Penjelasan Bapanas

Risyapudin juga menjelaskan, untuk mewujudkan keselamatan pelayaran, wajib memperhatikan hal-hal seperti nahkoda yang harus dalam kondisi prima dan tersertifikasi.

Lalu, nahkoda juga wajib mengutamakan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tekait prakiraan cuaca.

“Wajib memperhatikan kondisi kapal agar saat berlayar kapal memenuhi standar keselamatan serta wajib memberikan fasilitas yang baik bagi penumpang. Jumlah penumpang di kapal harus disesuaikan dengan jumlah life jacket," ujar Risyapudin.

Dalam kampanyenya, Ditjen Huddat juga memberikan bantuan teknis alat keselamatan berupa life jacket kepada para pemilik kapal dan memberikan Pas Sungai Danau kepada operayor kapal.

BACA JUGA:Lakukan Kunjungan ke Galeri Menong di Purwakarta, Ini Dia Permintaan Para Pelaku UMKM ke Mendag Zulhas

BACA JUGA:Dolar AS Terbang Tinggi, Asosiasi Penerbangan Wanti-wanti Tiket Pesawat Bakalan Naik

Lebih lanjut, Kasubdit Pengawasan Operasional Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Capt. Bintang Novi menyatakan pihaknya berhadap dengan kegiatan kampanye dan bantuan khususnya di Waduk Jatiliuhur semua pihak dapat bersama-sama lebih memahami aspek keselamatan pelayaran dan bisa menerapkannya di lapangan.

“Pada kegiatan ini seluruh peserta akan diberikan materi mengenai Transportasi SDP yang berkeselamatan dan Pengukuran dan Tanda Kebangsaan Kapal Sungai dan Danau sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penerapannya,” kata Bintang. 

Adapun pesertanya yaitu sebanyak 150 orang yang merupakan para pelaku jasa angkutan sungai dan danau di kawasan wisata Waduk Jatiluhur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: