Lakukan Kunjungan ke Galeri Menong di Purwakarta, Ini Dia Permintaan Para Pelaku UMKM ke Mendag Zulhas

Lakukan Kunjungan ke Galeri Menong di Purwakarta, Ini Dia Permintaan Para Pelaku UMKM ke Mendag Zulhas

Lakukan Kunjungan ke Galeri Menong di Purwakarta, Ini Dia Permintaan Para Pelaku UMKM ke Mendag Zulhas-Disway/Bianca Chairunisa-

PURWAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bertolak ke PURWAKARTA, Jawa Barat dalam rangka kunjungan kerja, serta melakukan peninjauan kepada para pelaku UMKM yang bertempat di Galeri Menong, PURWAKARTA pada Jumat 21 Juni 2024. 

Menteri yang akrab disapa Zulhas tersebut juga mempersilahkan beberapa pelaku UMKM untuk menyampaikan isi hati mereka terkait bisnis yang dijalankan.

BACA JUGA:Resmi Lepas Ekspor Baja di Purwakarta, Mendag Zulhas Apresiasi Kinerja Pabrik Tata Metal Lestari

BACA JUGA:Permendag Aturan Impor jadi Penyebab PHK Massal Industri Tekstil, Zulhas Malah Bilang Begini

Dalam acara tersebut, seorang pelaku UMKM Keripik Simping bernama Ai memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan keluhannya kepada Mendag Zulhas terkait mahalnya bahan baku tepung aci tapioka, bahan baku utama yang ia gunakan untuk memproduksi keripik. 

"Kalau kami tidak pakai bahan baku itu hasil produk kami tidak bagus, kebetulan kemarin bahan bakunya sulit didapat, harganya melambung," ujar Ai.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh pelaku UMKM lainnya, Titin, untuk mengutarakan pendapatnya. 

BACA JUGA:Zulhas Awasi Praktik Dugaan Kecurangan Takaran LPG 3 KG di SPPBE

BACA JUGA:Zulhas Dukung Presidential Club ala Prabowo

Menurut Titin, produk UMKM Purwakarta sebetulnya sudah memiliki produk yang bersaing, baik di kancah nasional maupun global. Namun, produk-produk UMKM tersebut masih kurang terekspos di kancah nasional dan internasional.

Oleh sebab itu, Titin berharap Pemerintah dapat mendorong agar produk UMKM Purwakarta bisa lebih dikenal masyarakat luas.

"Kalau ada acara, buket-buketnya itu tidak sekedar merek Kong Ghuan dan sebagainya. Karena kami tidak akan bisa maju tanpa bapak-bapak (di pemerintah) mendorong," jelas Titin.

Menanggapi permintaan para pelaku UMKM tersebut, Zulhas mengatakan bahwa pihak Kemendag kini tengah berusaha agar ritel modern bisa menampung UMKM. 

BACA JUGA:Ini Kata Zulhas tentang Permendag Aturan Baru Ketentuan Impor yang Mulai Berlaku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: