Nasihat Murid

Nasihat Murid

Eks Menteri BUMN Tanri Abeng meninggal dunia--Linkedin

Ada orang selain Tanri Abeng yang "terpaksa" kuliah S-3 agar bisa memimpin universitas: KH Asep Syaifuddin Halim.

Secara keilmuan Tanri Abeng sudah di atas rerata doktor. Pun Kiai Asep. Tapi aturan pemerintah mewajibkan pimpinan perguruan tinggi harus bergelar doktor: doktor beneran, bukan doktor sekadar hadiah seperti honoris causa.

Pak Tanri maupun Kiai Asep sama-sama pendiri perguruan tinggi. Sama-sama punya misi tertentu. Pun sama-sama punya konsep akan ke mana perguruan tinggi itu.

Pak Tanri ke arah lahirnya manajer profesional, leader dan wirausaha.

Kiai Asep punya misi melahirkan ulama intelektual.

Dua tokoh itu sama-sama merasa: diri merekalah yang tahu konsep operasional seperti apa agar misi mereka tercapai. Untuk itu harus terjun sendiri. Memimpin sendiri.

Bedanya: Kiai Asep sudah berpengalaman panjang membangun sekolah. Sejak tingkat SD. Sampai SMA. Di Surabaya dan di Pacet, Mojokerto. Sudah pula jatuh bangun. Sudah merasakan ditipu orang.

Akhirnya terbukti pesantrennya maju pesat. Sangat pesat. Santrinya lebih 20.000 orang. Lahan pendidikannya lebih 100 hektare.

Maka ketika Kiai Asep mendirikan perguruan tinggi, itu hanya seperti orang naik tangga ke yang lebih tinggi.

Di bidang politik Kiai Asep juga selalu sukses: dua kali menjadi tim Jokowi dan dua kali berhasil.

Ketika mendukung penuh Khofifah Indarparawansa, juga berhasil jadi Gubernur Jatim. Lalu berhasil menjadikan anak-anaknya dokter. Salah satunya jadi Wakil Bupati Mojokerto.

Kiai Asep juga berhasil ketika mendukung Prabowo di Jatim. Tinggal apakah Khofifah akan jadi gubernur lagi. Dan apakah anaknya yang Wabup itu, yang kini maju lawan incumben, akan berhasil jadi Bupati Mojokerto.

Tanri Abeng memang hebat. Tapi belum pernah berpengalaman mendirikan lembaga pendidikan. Ia langsung mendirikan Tanri Abeng University (TAU) di Ulujami, Jakarta.

Pun sebelum menerima mahasiswa baru di tahun 2012 Pak Tanri sudah lebih dulu membangun gedung-gedung universitas yang mentereng.

Sampai ke lapangan tenisnya yang berkualitas. Pak Tanri memang punya hobi main tenis sampai usia tuanya.

Nama besar Pak Tanri sangat diandalkan di TAU. Beliau yang jadi rektornya. Dulunya rektor dibantu oleh dua wakil rektor. Belakangan jabatan wakil rektor itu dihapus. Para dekan langsung berhubungan dengan Pak Tanri sebagai rektor.

Pernah, Pak Tanri mengumumkan akan berhenti sebagai rektor. Lalu akan diangkat seorang Plt Rektor. Disebutkan namanya: Prof Sudarsono. Tapi lama-lama tidak terdengar lagi kelanjutan soal pejabat rektor itu.

Ketika Pak Tanri meninggal dunia dua hari lalu jabatan rektor TAU kosong.

Rupanya membangun perguruan tinggi memang mudah. Yang sulit adalah mengembangkannya. Sebelum mengembangkan pun masih ada yang juga sulit: membuat daya tarik bagi mahasiswa baru.

Belakangan satu jurusan harus ditutup: tehnik elektro. Beberapa jurusan hanya memiliki mahasiswa kurang dari 20 orang. Yang laku --sayangnya-- hanya jurusan komunikasi. Jurusan unggulan seperti tehnik dan bisnis kurang peminat.

Pak Tanri telah pergi. Sang istri, mantan dosen di situ, tidak banyak terlibat. Tapi masih ada putra pertama dari almarhumah isteri yang dulu: Emil Abeng.

Emil, anak nak muda itu, mungkin akan punya kiat baru untuk megembangkan warisan sang ayah. Kalau pun Emil belum doktor toh banyak doktor di dunia pendidikan yang hebat-hebat di luar sana.

Yang saya kaget: ada teman yang kemarin memberitahu saya. Ternyata ada nama saya di daftar dewan penasehat TAU.

Saya pun ingat: Pak Tanri pernah memberitahu saya untuk jadi salah satu penasehat. Lama sekali. Rasanya saat saya masih menjadi sesuatu dulu. Maafkan Pak Tanri, saya belum pernah memberikan nasehat apa-apa: murid tidak boleh menasehati guru.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 24 Juni 2024: BACA JUGA:Tanri Abeng

 

Fa Za

Sebenarnya gelar MBA sudah banyak dikenal orang jauh sebelum Pak Tanri Abeng jadi menterinya Suharto. Gelar MBA disematkan bagi perempuan yg menikah karena hamil duluan: Married by Accident. Gelar yg terlalu sexist, tapi begitulah bangsa namtiga.

Wilwa

Novi Basuki, santri jago Mandarin yang pernah diwawancarai Disway, di Tiktok nya mengutip filosofi Liu An 劉安 cucu pendiri Dinasti Han 漢, Liu Bang 劉邦 bahwa ada 3 hal berbahaya di dunia (pemerintahan) 天下有三危 yaitu: 1) 小德 (moral minim) 而 (tapi) 多寵 (banyak penghargaan) 2) 材下 (kemampuan rendah) 而 (tapi) 位高 (jabatan tinggi) 3) 身 (diri) 無 (tiada) 大功 (prestasi besar) 而 (tapi) 有 (punya) 厚祿 (gaji tebal/besar) Kata Novi Basuki, ini walau ditulis lebih dari 2000 tahun lalu tapi kayak nyindir negara mana gitu. Hmmmm

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Seorang profesor menjelaskan tentang teori pemasaran kepada mahasiswa MBA (Master of Business Administration). 1. Anda melihat seorang wanita cantik di sebuah pesta, Anda mendatanginya dan berkata, "Saya kaya, menikahlah dengan saya." Itu pemasaran langsung. 2. Anda menghadiri pesta dan teman Anda menemui wanita itu untuk memberitahunya bahwa Anda kaya, menikahlah dengannya. Itu iklan. 3. Perempuan yang sama di pesta itu menghampiri Anda dan berkata, "Kamu kaya, maukah kamu menikah denganku?" Itu pengenalan merek. 4. Anda bilang ke perempuan itu, "Aku kaya, menikahlah denganku." Dan, dia mengenalkanmu pada suaminya. Itulah kesenjangan permintaan dan penawaran. 5. Sebelum Anda mengatakan kalimat "Aku kaya, menikahlah denganku", istri Anda datang. Itu adalah pembatasan untuk memasuki pasar baru.

Wilwa

Helmi Yahya, seorang pembawa acara televisi era Orde Baru, politisi kawakan, yang kini getol trip ke Tiongkok terutama Shenzhen, mengungkapkan 4 kalimat “kejam” ala Tiongkok yang membuat sebuah bangsa bangkit dari kemiskinan: 1) Jangan (Bu Yao 不要) Miskin (Pin Qiong 贫穷), Tiada (Mei You 没有) Orang (Ren 人) Beri (Gei 给) Anda (Ni 你) Uang (Qian 钱). 2) Jangan (Bu Yao 不要) Mengeluh (Bao Yuan 抱怨), Tiada (Mei You 没有) Orang (Ren 人) Akan/Bisa (Hui 会) Membantu (Bang Zhu 帮助) Anda (Ni 你). 3) Jangan (Bu Yao 不要) Mengandalkan ( Yi Lai 依赖) Orang Lain (Bie Ren 别人), Hanya Diri Anda (Zhi You Ni 只有你) Yang Bisa (Ke Yi 可以) Diandalkan (Yi Lai 依赖). 4) Jangan (Bu Yao 不要) Cari Simpati (Xun Qiu 寻求) Atas (Dui 对) Kekalahan Anda (Ni Shi Bai 你失败), Tiada (Mei You 没有) Orang (Ren 人) Berharap (Xi Wang 希望) Anda (Ni 你) Mendapat (Huo 获) Kemenangan (Sheng 胜). Hmmmm. 4 kalimat kejam ini lahir dari perjuangan rakyat Tiongkok mengalahkan kemiskinan ekstrem sekaligus mengalahkan dominasi Barat. Mental pemenang kata Juve Zhang. Bukan mental pecundang. Semangat baja memberantas korupsi. Bukan semangat NGEBOR demi diri sendiri.

Johannes Kitono

Satu Milyar. Itu adalah gelar kehormatan Tanri Abeng MBA. Pioner manager dengan income satu miliar di Indonesia. Ketika booming bisnis udang di awal tahun 1990 an. Pernah diundang beliau bersama Abdul Latief, partnernya di off jalan Sahardjo,Jakarta. Tentu saja bangga. Bisa ketemu dan diskusi langsung dengan pakar manajemen yang menjadi legenda. Tanri Abeng dan Abdul Latief kongsi bisnis tambak udang di Sulawesi.Dengan bangga Abdul Latief kenalkan ke partnernya. Bahwa CP Thailand produsen pakan udang adalah grup Agrobisnis bonafide dan terbesar di Thailand. Menurut kedua konglo itu tujuan mereka mendirikan tambak udang. Adalah untuk membantu petambak tradisional Sulawesi. Dengan guyon Latief berkata : Bahwa udang Sulawesi itu istimewa. Kerbau mati kalau dibuang ke tambak juga habis dilahapnya. Langsung direspon bahwa itu tentu saja istimewa. Yang jadi masalah apakah setiap hari adakah Kerbau yang mati. Sedangkan udang perlu makan sehari lima kali. Untuk itu perlu pakan bagus yang selalu tersedia.Then, pembicaraan dilanjutkan di Bangkok Thailand. Abdul Latief bersama Gubernur Sulsel terbang kesana. Dengan charter pesawat Garuda, tentu bersama selebriti cantik yang menjadi Humasnya. Mari kita mendoakan semoga jiwa Bp Tanri Abeng MBA, RIP dan diterima di Surga, Amin.

Lagarenze 1301

Seorang pria bergelar MBA (Master of Business Administration) dan pria lainnya bergelar BE (Bachelor of Engineering) melakukan adventure. Mereka berkemah, mendirikan tenda, dan tertidur. Beberapa jam kemudian, BE membangunkan teman MBA-nya dan berkata: “Lihatlah ke langit dan katakan padaku apa yang kamu kihat.” MBA menjawab: “Saya melihat jutaan bintang.” BE bertanya: “Apa Artinya?” MBA merenung sejenak. “Secara astronomi, ini memberi tahu saya bahwa ada jutaan galaksi dan potensi miliaran planet." "Dan, secara astrologi, ini memberitahu saya bahwa Saturnus ada di Leo." "Dari segi waktu, tampaknya kira-kira pukul tiga lewat seperempat." "Secara teologis, terbukti bahwa Tuhan Mahakuasa, sedangkan kita kecil dan tidak berarti." "Secara meteorologi, sepertinya besok kita akan menjalani hari yang indah." Setelah menjelaskan panjang lebar, MBA balik bertanya ke BE: "Apa artinya?” BE terdiam sejenak, lalu berkata: “Praktisnya, ada yang mencuri tenda kita.” “Teknik adalah 100% akal sehat,“ lanjutnya.

Yellow Bean

Innalillahi wa innailaihi roji'un. Semoga arwah almarhum di terima di sisi Alloh SWT dan mendapatkan tempat terbaik bersama para alim dan ahli ilmu Aamiin aamiin ya rabbal alamin. Nama Pak Tanri Abeng termasuk familiar di telinga. Karena seringnya beliau masuk dalam jajaran orang penting diantara pejabat negara yang di fungsikan maksimal. Terimakasih Pak Dahlan Iskan yang sudah menguraikan sedikit perjalanan hidup dan karir Belio. Semoga menjadi pelajaran untuk saya pribadi maupun orang lain. Pengabdian seumur hidup sampai nafas terakhir bukan isapan jempol. Ilmu milik pemberi hidup. Maka amalkan selama masih ada nafas di badan. Salam hormat Pak Tanri Abeng. Nama mu abadi walaupun anda tidak mengenal saya tapi saya pernah mendengar kiprah anda untuk negeri yang luas ini. Kembali lah dengan damai ke sisi Tuhan maha sempurna.

Udin Salemo

Dari 25 sma terbaik versi utbk 2024, pemuncak adalah MAN Insan Cendekia Serpong yang dibina oleh kementerian agama. Sekolah ini founding father-nya adalah BJ Habibie. Sekolah sma yang didirikan oleh BJ Habibie menyumbang 3 sekolah terbaik (peringkat 1, 4 dan 20). Peringkat kedua ditempati SMA Katolik ST Louis 1 Jawa Timur. Peringkat ketiga adalah SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Jawa Tengah. Sekolah binaan kemenag berbasis Islam memasukkan 4 sekolah sma terbaik. Sementara sma di bawah binaan yayasan Katolik & Kristen ada 6 sekolah terbaik. Sekolah sma binaan kemendikbud menyumbang 13 sekolah terbaik. Dua lagi adalah sekolah binaan Yayasan Angkatan Udara dan sekolah binaan Yayasan UNJ. Banyak sekolah terbaik itu berdomisili di pulau Jawa. - DKJ alias Jakarta 10 sekolah - Provinsi Banten 2 sekolah - Provinsi Jawa Barat 1 sekolah - Provinsi Jawa Tengah 2 sekolah - Provinsi DI Yogyakarta 5 sekolah - Provinsi Jawa Timur 2 sekolah - pulau Sumatera 2 sekolah - pulau Kalimantan 1 sekolah. Patut diacungi jempol sekolah sma swasta punya yayasan pribadi. Yaitu sekolah SMA Unggul Del di Lagu Boti, Kabupaten Toba Sumatera Utara. Anda sudah tahu siapa pemiliknya. Membangun generasi muda di daerahnya pakai pakai uang pribadi. Betapa jomplangnya mutu pendidikan menengah di negeri plus enam dua, antara pulau jawa dengan pulau lainnya. Orang ber-IQ dua digit ++ pasti banyak yang ngumpul di pulau jawa. Kalau begini mungkin yang akan terjadi cemas 2045. Macam dolar yang makin meroket.

Nimas Mumtazah

ليس كل تعرفه يريح قلبك فبعض الاشياء اجمل لوبقيت مجهولة Tidak semua hal yang kita ketahui dapat menenangkan hati. Sebagian hal lebih indah jika kita tak mengetahuinya.

Juve Zhang

Tahun 1980 an manajemen Jepang dipelajari di dunia..merreka Kagum Jepang pusat duit dunia...negera kecil...tapi SDM kelas TOP...sekolah MBA atau MM banyak membedah kasus sukses Jepang...Sony..Panasonis..Toyota...semua legenda..Astra dulu moncer sekali...idaman lulusan terbaik....gedung di Thamrin sudirman banyak dibangun dan di miliki perusahaan Jepang...sampai sekarang..Era Jepang merajai dunia...konspirasi Amerika dan Eropa menjatuhkan Jepang...anda tak bisa Kaya Raya no.1...ada pemenang Perang Dunia ke 2...anda gak akan dapat restu...Ketua KayPang Deng XP sampai 10 hari keliling Jepang...dan banyak memuji Jepang....era sekarang Era Kay Pang...kalau Jepang satu proyek Mobil buat staf bisa banyak...Kay Pang lain...cukup 1 PM yg punya mobil...lain nya naik Bis atau Motor...motor sudah mewah....wkwkwk..itulah Yg menyebabkan Manajemen Kay Pang mulai menguasai Dunia...entah Konstruksi ...entah apapun...mereka akan selalu Tampil Tender No.1 Paling Murah....wkwkwk..tender sama perusahaan Manajemen Kay Pang siap siap anda kalah...tak peduli di negara manapun...mereka Petarung kungfu terbaik...selama mereka di undang panitia tender..mereka siap...memberikan Harga Termurah...manajemen Kay Pang di takuti Elon Musk...yg buru buru minta bantuan Biden...menyetop laju mobil Listrik Manajemen Kay Pang...Satu Mobil Xiao Mi cukup dibuat dalam 80 detik...sebuah ilmu fabrikasi yg Jelas bukan Kaleng kaleng..Samurai Jepang jelas akan kalah...Jerman pun akan Kalah...Elon Musk pun akan Kalah..wjwk

Fiona Handoko

selamat sore bp thamrin, bung mirza, bp agus, bp udin, bp jo dan teman2 rusuhwan. di tahun 1990 an. tokoh yg dengan kesuksesannya. turut melambungkan martabat gelar MBA. selain bpk tanri abeng. ada juga bp hasan m soedjono. beliau dikenal sebagai seseorang yg mulai memanusiakan penumpang pesawat udara domestik di anuland. dengan motto nya the preferred connection. sempati air di masa jayanya, terkenal dengan ketepatan waktu. sehingga berani memberikan voucher on time guarantee. sesuatu yg langka di masa itu. beliau sebagai ceo, juga mempelopori iklan maskapai lengkap dengan foto dirinya sebagai ceo. yang seharusnya di masa kini. bisa dipakai sebagai modal nyaleg. sayang, seperti surutnya masa orde baru. sempati air pun ikut berhenti terbang. apakah bisa dikatakan. gelar mba ternyata kalah dengan gelar "calo tiket"? yg sukses membesarkan maskapai singa merah di anuland, malaysia dan thailand.

Udin Salemo

kata beol (berita online) akibat fraud indofarma rugi 436,87 miliar. salah satu contoh fraud dalam kasus itu adalah pengeluaran dana dan pembebanan biaya tanpa transaksi. bisa2nya direktur keuangan acc pengeluaran uang tanpa transaksi. ckckck... otak ber_IQ 3 digit memang bukan kaleng-kaleng. otak tiga digit milik petinggi perusahaan itu bukan digunakan untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan. tapi untuk ngemplang alias ngebor. ajuuuurrr jum kata cak wong Rungut. lebih aneh lagi perusahaan malah pinjam duit pinjol. perusahaan bumn pinjam duit pinjol???????? wkwkwkwkwkwk.................saya ngakak ketawa berhenti....

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 95

  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Fa Za
      Fa Za
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • iya nok
    iya nok
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Nimas Mumtazah
    Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Everyday Mandarin
    Everyday Mandarin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Ferdy Holim
    Ferdy Holim
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • umar hidayat
    umar hidayat
  • Fa Za
    Fa Za
    • Fa Za
      Fa Za
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • DeniK
    DeniK
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Fa Za
      Fa Za
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
    • iya nok
      iya nok
  • iya nok
    iya nok
    • iya nok
      iya nok
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu