Diskusi Terakhir dengan Almarhum Tanri Abeng Diungkap JK

Diskusi Terakhir dengan Almarhum Tanri Abeng Diungkap JK

JK mengungkapkan kenangan terakhirnya bersama almarhum, yang tak lama sebelumnya mereka berdiskusi intensif mengenai ekonomi nasional.-Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyampaikan bela sungkawa atas kepergian Tanri Abeng, mantan Menteri BUMN era Soeharto, pada hari Minggu, 23 Juni 2024.

Dalam pernyataannya kepada wartawan, JK mengungkapkan kenangan terakhirnya bersama almarhum, yang tak lama sebelumnya mereka berdiskusi intensif mengenai ekonomi nasional.

"Kira-kira tiga bulan lalu datang ke rumah, kita diskusi banyak, terakhir itu sebelum dia sakit, saya sendiri tidak tahu dia sakit. (Diskusi) Tentang ekonomi nasional dan apa masalahnya, apa kelemahan kita, apa yang harus kita perbaiki dari sisi korporasi," katanya kepada wartawan.

BACA JUGA:Bung Towel Bongkar Keanehan Hak Siar Penyisihan Piala Dunia 2026: Gak Lazim Even yang Sama Disiarkan Dua Stasiun

BACA JUGA:Tentara Israel Ikat Warga Palestina di Kap Mobil Agar Tak Diserang Hamas

JK juga menekankan nilai-nilai positif yang dimiliki Tanri Abeng, seperti dedikasi tinggi dalam pekerjaan, semangat belajar yang tak pernah padam, serta harga diri yang kuat. 

Mereka memiliki hubungan yang erat sejak masa sekolah, terlibat dalam organisasi seperti HMI dan Senat, serta berbagi jurusan ekonomi saat kuliah.

"Almarhum sejak muda, sejak waktu sekolahan mempunyai kelebihan dalam mengatur waktu, memanage dan aktif di organisasi, kita sama-sama di HMI, di Senat," papar JK.

BACA JUGA:Kodam Jaya Ungkap Pemilik Mobil TNI di Markas Pembuatan Uang Palsu, Kapendam Kodam Jaya: Benar Terdaftar di Kapaldam Jaya

BACA JUGA:Amerika Tarik Kapal Induk USS Dwight D Eisenhower dari Laut Merah, Digantikan Kapal Theodore Roosevelt Hadapi Serangan Houthi

"Beliau menonjol dalam hal perorganisasian sampai saya kira setelah itu, bekerja di berbagai perusahaan internasional, saya kira tidak banyak waktu itu, orang Indonesia jadi CEO di perusahaan internasional, kemudian jadi (menteri) BUMN," kenangnya.

Menurut JK, Tanri Abeng memainkan peran kunci dalam mengubah paradigma Kementerian BUMN dari entitas yang terfragmentasi menjadi kekuatan nasional yang solid. 

Dia menambahkan bahwa Tanri Abeng telah berhasil menyatukan visi-via BUMN di bawah satu otoritas sejak era Presiden Habibie, menciptakan fondasi yang kuat bagi perkembangan ekonomi nasional.

BACA JUGA:Propam Hingga Bareskrim Turun Tangan Kawal Kasus Pembunuhan Vina Cirebon, Kapolri: Usut Tuntas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: