4.5 Juta Anak Lahir Dalam 1 Tahun, BKKBN Tekankan Pentingnya KB Pasca Melahirkan

4.5 Juta Anak Lahir Dalam 1 Tahun, BKKBN Tekankan Pentingnya KB Pasca Melahirkan

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Wahidin menekankan pentingnya KB pasca melahirkan.-dok disway-

JAKARTA, DISWAY.ID - Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Wahidin menekankan pentingnya KB pasca melahirkan.

Mulanya, ia melaporkan ada sekitar 4.5 juta anak yang baru lahir dalam periode 1 tahun.

Menurutnya, hal itu setara dengan penduduk Singapura yang mencapai sekitar 5-6 juta.

"Jadi kalau di Indonesia setiap tahun melahirkan mendekati sebuah negara Singapur," kata Wahidin dalam sambutannya dalam acara Ajang Kawula Muda (Ajang Kespro Kawula Muda (AKUKAMU) 2024 dan Apresiasi Bidan Edukasi dan Pelayanan KBPP (ASIK KBPP-BIDAN) di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa 25 Juni 2024.

BACA JUGA:Bung Towel Bongkar Keanehan Hak Siar Penyisihan Piala Dunia 2026: Gak Lazim Even yang Sama Disiarkan Dua Stasiun

BACA JUGA:Biaya Tebus Maarten Paes Hingga Puluhan Miliran Rupiah, Bung Harpa: Baru Biaya Sidang Pengadilan Arbitrase Olahraga

Wahidin mengatakan dengan bertambahnya bayi yang baru lahir ditambah dengan jumlah penduduk maka diprediksi penduduk di Indonesia mencapai setengah miliar.

"Bayangkan tambah 5 jt itu karena sudah berhasil mengendalikan program pemerintah kalau belum saat ini penduduk kita kurang lebih hampir 500 juta, hampir setengah miliar dengan program kami saja anak kita sudah sebanyak itu," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh ibu yang setelah melahirkan bisa menggunakan kontrasepsi.

BACA JUGA:Polisi Kantongi Identitas Jukir Liar, Getok Tarif Parkir Rp300 Ribu ke Bus Pariwisata di Masjid Istiqlal

BACA JUGA:Sandi Harian Hamster Kombat 25 Juni 2024 Lengkap Kode Morse, Klaim dan Dapatkan Jutaan Koin Gratis!

"Kami dari BKKBN berharap bahwa setiap ibu yang habis melahirkan sebelum pulang dipastikan menggunakan kontrasepsi," imbuhnya.

Ia menegaskan penggunaan alat kontrasepsi pada wanita usai melahirkan sangat penting guna mencegah terjadinya kehamilan yang belum diinginkan.

BACA JUGA:Harga Emas Naik! Cek Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian Hari Ini, Selasa 25 Juni 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: