Boyongan IKN

Boyongan IKN

Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau lokasi pembangunan di KIPP IKN Selasa lalu, ia optimistis pembanguan bisa 80 persen pada Agustus mendatang-Kemenko Marves/OIKN-

Apakah Anda sudah dapat undangan untuk ikut upacara kenegaraan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara?

Kalau belum, sama: saya juga belum.

Rasanya upacara kenegaraan itu tetap jadi dilaksanakan di sana. Biar pun tidak seperti rencana semula.

Waktu 53 hari terlalu mepet untuk menyelesaikan banyak hal. Waktu nettonya mungkin tinggal 40 hari. Yang delapan hari untuk bersih-bersih lokasi tempat upacara.

Manusia boleh merencanakan, tapi anak buah yang melaksanakan. Yang dibayangkan pimpinan kadang tidak sama dengan kecepatan pelaksanaan di lapangan.

Misalnya soal apartemen bagi pegawai negeri. Keputusannya sudah dibuat dua tahun lalu: akan dibangun oleh swasta. Siapa swastanya sudah ditentukan.

Masing-masing perusahaan real estate besar dapat alokasi membangun enam tower apartemen pencakar langit. Total berisi 4.000 unit.

Model pembangunannya pun sudah diputuskan: public private partnership, PPP. Yakni patungan antara pemerintah dan swasta.

Pemerintah menyediakan tanah. Swasta yang membangun gedungnya. Lalu pemerintah yang akan mencicil pembayarannya. Selama 10 tahun.

Waktu putusan itu dibuat, badan otoritas IKN belum terbentuk. Semua masih di tangan Kementerian PUPR --Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Setelah badan otorita terbentuk urusan pembangunan apartemen pegawai negeri itu dialihkan ke otorita.

Pergantian lembaga ini saja memakan waktu. Setidaknya menambah ketidakpastian keputusan. Yang di PUPR masih sulit diputuskan sampai di otorita tetap sulit diputuskan.

Keputusan paling sulit adalah: berapa sewa bulanan tiap unit apartemen tersebut. Yang akan membayar adalah pemerintah. Lewat APBN. Uang negara. Yang akan menerima adalah pihak real estate yang membangun tower.

Karena menyangkut uang negara, keputusan pun sulit dibuat. Sebenarnya mudah. Tinggal pakai rumus M+. Atau M++. Bisa juga M+++. Pihak swasta tentu mengusulkan plusnya jangan hanya satu. Harus tiga. Kalau perlu empat.

Misalnya modal plus bunga bank. Atau modal plus bunga bank, plus laba. Atau modal plus bunga, plus laba dan plus resiko.

Dari situ bisa muncul pilihan-pilihan besarnya sewa bulanan per unit. Pilihan bisa banyak tapi siapa yang memilih pilihan itu, itulah yang tidak ada.

Di PUPR tidak ada yang berani memutuskan. Di otorita masih juga sama. Molor terus. Sampai waktunya kian mepet.

Kini tidak mungkin lagi untuk bisa menyelesaikan apartemen pegawai negeri itu sebelum 17 Agustus 2024. Pun belum ada yang berani memulai.

Apa yang ditakutkan?

"Diperiksa KPK atau penegak hukum lainnya," ujar salah satu developer. "Kami juga tidak mau berurusan dengan KPK," tambahnya.

Bayangan saya dulu, upacara kenegaraan di IKN tahun 2024 akan sangat meriah. Diiringi dengan gelar kebudayaan Nusantara yang tidak akan kalah spektakuler dengan penutupan KTT G20 di Bali tempo hari.

Tapi dengan kondisi IKN yang masih di tahap awal saya belum bisa membayangkan seperti apa upacara kenegaraan terakhir di era 10 tahun kepresidenan Jokowi.

Tentu tidak harus dipaksakan gegap gempita. Yang penting sejarah telah mencatat ibukota Indonesia sudah resmi pindah ke IKN.

Kita kan juga sering boyongan ke rumah baru di saat atap belum sepenuhnya terpasang. Anggap saja ini boyongan rumah.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 25 Juni 2024: Nasihat Murid

Udin Salemo

Jonathan L Parapak mungkin adalah orang yang paling lama menjabat rektor perguruan tinggi. Setelah pensiun sebagai pejabat di kementerian parpostel, beliau diangkat jadi rektor UPH sejak 2006. Kalau perguruan tinggi negeri ada batasan usia untuk menjabat rektor, maka di perguruan tinggi swasta suka-suka yang punya yayasan. Boleh seumur hidup. hehehe...

Rizal Falih

Teman saya juga ada yang diberi gelar doktor oleh teman-temanya yang lain. Padahal kuliahnya baru selesai S1. Jauh dari keluarga. Selalu hadir tepat waktu di kantor. Tidak mau cari kost. supaya bisa lebih hemat dan memilih tinggal di kantor. Sehingga dijuluki doktor singkatan dari mondok di kantor. hehe.

djokoLodang

-o-- ANAK IBU Parmin berusia 37 tahun dan dia masih lajang. Seorang teman bertanya, "Mengapa kamu belum menikah? Tidak bisa kah kamu menemukan wanita yang bisa menjadi istri yang baik?" Parmin menjawab, "Sebenarnya aku sudah menemukan banyak wanita yang ingin kunikahi, tapi saat aku membawa mereka pulang, ibuku tidak menyukai mereka." Temannya berpikir sejenak dan berkata, "Aku punya solusi yang tepat, cari saja gadis yang mirip ibumu." Beberapa bulan kemudian mereka bertemu lagi dan temannya bertanya, "Apakah kamu sudah menemukan gadis idamanmu? Apakah ibumu menyukainya?" Dengan wajah cemberut, Parmin menjawab, "Ya, aku sudah menemukan gadis yang sempurna. Dia persis seperti ibuku. Kamu benar, ibuku sangat menyukainya." Temannya bertanya, “Tapi mengapa kamu masih tampak murung? Lalu apa masalahnya?” Parmin menjawab, "Ayahku tidak menyukainya." --jL-

Juve Zhang

Murid yg baik adalah Murid Yg Tahu Gurunya Salah Jalan...Salah melangkah...tapi semua murid Takut...Sang Guru sangat Galak...sangat Kejam...satu satu murid nya di hukum bahkan ada yg mati...itulah Dunia Deng XP...murid Ketua Mao...Deng murid Jenius yg tahu Gurunya Ngawur...Slogan Guru Mao..."Lebih baik melarat dalam Sosialisme daripada Kaya Dalam Kapitalisme""....sedang kan Sang Murid Deng slogannya beda "Kemiskinan bukan sosialisme....Menjadi Kaya itu Mulia"...tentu pertempuran Kungfu Kaypang antara Ketua dan Murid makan korban mati banyak....sebut saja waki ketua Kay pang terpaksa di cabut nyawa nyawa nya oleh Ketua Mao...Murid Deng di tahan Di paksa kerja di pabrik Traktor 3 tahun...disana Sang Murid Berlatih Kungfu lebih mendalam dan menemukan Jurus jurus Hebatnya justru dalam tahanan rumah di pabrik traktor...kelak sang Guru yg tahu ajalnya akan tiba...ingat hanya satu murid nya yg kungfunya hebat tapi Beda Jurusan...Murid yg menyimpang...sejatinya Murid Jenius IQ 3 Digit...Murid Deng inilah yg menemukan Jurus ampuh menuju Kemakmuran...Dalam Tragedi Tian An Men Murid Deng bilang...kalau kita multi partai ala Amerika...kita akan menjadi ladang subur perang saudara...kita tak cocok dengan tuntutan mahasiswa...kita harus satu partai....sang Murid Jenius tahu persis DNA rakyatnya....DNA yg bisa berubah dari DNA Kucing Pesakitan ke DNA harimau bersayap rajawali...hanya ada satu Bruce Lee...hanya ada satu Deng...

djokoLodang

-o-- NASIHAT CUCU Anak laki-laki kecil dan kakeknya sedang menyapu dedaunan di halaman. Seekor cacing tanah tersapu keluar dari liangnya, dan mencoba masuk kembali ke dalam lubang. Tapi tidak berhasil. Cucu: "Kakek, aku yakin aku bisa mengembalikan cacing itu ke dalam lubangnya." Kakek menjawab, “Saya beri kamu lima-puluh ribu kalau kamu bisa melakukannya. Cacing itu sudah terlalu licin dan lemas. Mana bisa dimasukkan ke dalam lubang kecil itu." Anak laki-laki kecil itu berlari masuk ke dalam rumah dan keluar kembali dengan membawa sekaleng hair-spray. Ia menyemprot cacing tersebut hingga lurus dan kaku seperti papan. Cacing yang sudah keras dan kaku itu berhasil dimasukkannya ke dalam lubang. Kakek tersenyum lebar, memberikan selembar 50-ribu, mengambil hair spray dan berlari masuk rumah. Eppat puluh menit kemudian sang kakek keluar lagi dan memberikan 100 ribu lagi kepada cucu. "Kakek sudah lupa, ya. Tadi kan sudah memberiku 50-ribu.." "Gakpapa, Cucu. Yang 100 ribu itu dari Nenekmu.” --jL-

Fa Za

Raihlah cita-citamu setinggi langit. Jika berhasil, niscaya apa yg ada di bumi akan sangat mudah didapat.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Ini kisah suami-istri. Mereka telah menikah selama 30 tahun dan memiliki tiga anak. Duluu, pada tahun-tahun awal pernikahan, mereka saling merayu dan saling membelai. Seiring bertambahnya usia, perlahan-lahan keintiman fisik berkurang dan hampir nihil saat ini. Suatu hari, suami pulang ke rumah. Ia melihat istri sedang tidur di sofa ruang tengah. Perlahan ia meletakkan tangannya di dekat leher istrinya dan mulai membelai tubuhnya ke bawah menuju pinggang, paha, lutut, pergelangan kaki. Suami mulai menggerakkan tangan ke sisi kaki yang lain, pergelangan kaki, lutut, dan tiba-tiba dia berhenti. Istri membuka mata dan bertanya: "Sayang, sudah lama sekali kamu tidak menyentuhku seperti itu, kenapa kamu berhenti?" Suami: "Sayang, aku sudah menemukan remote TV-nya."

Everyday Mandarin

Berarti benar survei yang selama ini berseliweran di IG. Jurusan Komunikasi di republik ini menjadi favorit sesuai dengan hasil survei. Karena mayoritas cita-cita anak muda Indonesia menjadi Youtuber. Jadi orang-orang butuh pintar bicara. Semua pengin terkenal jd Youtuber. Ayo, lanjutkan semua universitas buka jurusan Komunikasi sebanyak-banyaknya, biar semua orang jadi Youtuber. P.s. Hasil survei IG: Hanya Indonesia, negara di Asia Tenggara yang anak-anak mudanya bercita-cita jadi Youtuber.

Nimas Mumtazah

Prof. Dr. KH. Acep Syaifudin Chalim. MA. Pendiri dan Pengasuh PP. Amanatul Ummah. Pacet Mojokerto. Bersyukur di taqdir pernah sowan beliau. Duduk berhadapan langsung, mendengar suara beliau. ilmu dan muhasabah dalam setiap tutur katanya. Bicaranya pelan dan tenang. Aura teduh terpancar dari wajah beliau. Kami di sambut ramah,disuguhi makan dan minum khas pesantren. dipersilahkan keliling area pesantren. Disiplin, ketat, adab dan etika benar benar dijaga. Sistem sudah berjalan..  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 109

  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • yea aina
    yea aina
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Liam Then
    Liam Then
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • alasroban
    alasroban
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • DeniK
    DeniK
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Maman Lagi
    Maman Lagi
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Mkkydan De
    Mkkydan De
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Liam Then
      Liam Then
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
  • Fa Za
    Fa Za
    • Someone Random
      Someone Random
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Mkkydan De
      Mkkydan De
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • DeniK
    DeniK
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Liam Then
      Liam Then
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Fa Za
      Fa Za
  • DeniK
    DeniK
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • herry isnurdono
    herry isnurdono
    • DeniK
      DeniK
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
    • Liam Then
      Liam Then
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • iya nok
    iya nok
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Liam Then
    Liam Then
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • rid kc
    rid kc
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin