Gerakan #BijakPlastikSejakDini Berhasil Daur Ulang 3 Ton Plastik Jadi Barang Bermanfaat

Gerakan #BijakPlastikSejakDini Berhasil Daur Ulang 3 Ton Plastik Jadi Barang Bermanfaat

Konferensi Pers Gerakan #BijakPlastikSejakDini Berhasil Daur Ulang 3 Ton Plastik Jadi Barang Bermanfaat-Ayu Novita-

JAKARTA, DISWAY.ID – Empat tahun gerakan #BijakPlastikSejakDini dengan dijalankan di sejumlah sekolah.

Hasilnya sudah ada 3 ton plastik yang diolah menjadi perabotan penunjang kegiatan pembelajaran. 

BACA JUGA:Taman Safari Telusuri Pengunjung yang Beri Makan Kuda Nil Sampah Plastik, Bakal Kena Sanksi Tegas

BACA JUGA:35 Ton Sampah Dihasilkan dari Kegiatan HUT ke-497 Jakarta

Head of Corporate Communication & Government Affairs Mondelez Indonesia, Khisma Fitriasari mengatakan, inisiatif #BijakPlastikSejakDini sudah dimulai sejak 2021 yang mengedepankan konsep bank sampah di sekolah, sehingga bisa memberikan manfaat sosial ekonomi dan pada akhirnya dapat mengurangi timbunan sampah plastik.

Dalam waktu empat kegiatan ini dilaksanakan, sudah melibatkan 1.500 peserta didik, guru, dan orang tua murid sehingga terkumpul 3 ton plastik.

Plastik itu kemudian didaur ulang menjadi perabot yang bisa menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah.

“Sebagai kelanjutan dari rangkaian inisiatif #BijakPlastikSejakDini dimulai dengan workshop pengelolaan sampah plastik yang dihadiri lebih dari 500 peserta, mulai dari guru dan perwakilan sekolah (SD), perwakilan orang tua, mahasiswa, serta komunitas peduli lingkungan. Selain itu Mondelez Indonesia juga menyelenggarakan kompetisi digital yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu inovasi daur ulang sampah plastik dan inovasi ide pengelolaan sampah plastik,” jelas Khrisma pada saat Konferensi Pers di Jakarta pada Rabu, 26 Juni 2024. 

BACA JUGA:Viral Lautan Sampah Kembali Muncul di Sungai Citarum, Netizen Ngadu ke Pandawara Group

Kemudian, Supervisor Gerakan Sekolah Sehat Kemendikbudristek, Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T. menjelaskan gerakan sekolah sehat (GSS) ini merupakan inisiasi oleh Kemendikbudristek.

Hal ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah baik pusat maupun daerah, satuan pendidikan, masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan sekolah sehat.

“Kami mengapresiasi peran serta Mondelez Indonesia sebagai mitra Gerakan Sekolah Sehat melalui Inisiatif #BijakPlastikSejakDini untuk memperkuat pilar sehat lingkungan, khususnya terkait menumbuhkan kesadaran akan pengendalian sampah plastik,” ujarnya.

Dalam mewujudkan dukungan terhadap Gerakan Sekolah Sehat, dilakukan pelunduran materi edukasi buku saku dan video animasi pengantar, yang prosesnya didukung oleh Indonesia Environmental Scientits Association (IESA).

BACA JUGA:Cara Tukar Sampah Botol Plastik Jadi Saldo Tabungan BSI, Lengkap dengan Lokasinya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: