PDN Kena Serangan Siber, Pelayanan Visa dan Paspor di Imigrasi Kini Kembali Normal

PDN Kena Serangan Siber, Pelayanan Visa dan Paspor di Imigrasi Kini Kembali Normal

Imigrasi tegaskan pelayanan paspor dan bisa kembali normal setelah PDN diretas--Fajar Ilman

 

JAKARTA, DISWAY.ID – Pelayanan paspor dan Visa di layanan imigrasi kembali normal pasca serangan siber di Pusat Data Nasional (PDN).

Layanan visa, izin tinggal dan paspor telah beroperasi normal, Jumat 28 Juni 2024.

Autogate, aplikasi visa dan izin tinggal sudah normal.

BACA JUGA:Pemerintah Ogah Bayar Tebusan Peretas PDN, Pengamat: Buat Apa Ladeni Preman!

Aplikasi M-Paspor dan Cekal Online beroperasi kembali dan sistem penerbitan paspor pulih sepenuhnya hari ini.

"Sejak gangguan di PDN (Pusat Data Nasional) Kementerian Kominfo terjadi pada Kamis pekanl alu, kami melakukan langkah-langkah penanganan, dimulai dari mengeluarkan kebijakan yang responsif dan adaptif untuk menangani dampak serangan siber tersebut," ungkap Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim kepada wartawan Jumat 28 Juni 2024.

BACA JUGA:Pemerintah Ogah Bayar Tebusan Peretas PDN, Pengamat: Buat Apa Ladeni Preman!

Ia menjelaskan, penanganan paling awal dilakukan pada sistem perlintasan di tempat perlintasan imigrasi (TPI) bandara dan pelabuhan, yaitu dengan penggunaan pemeriksaan secara manual dan terdokumentasi. Meskipun proses masuk-keluar Bandara terganggu kendala kesisteman, Imigrasi tetap memiliki record perlintasan.

"Pengambilan keputusan pemindahan data center dilakukan setelah 12 jam sejak gangguan teknis di pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo terjadi. Kami mengamati perkembangan recovery PDN yang tidak menunjukan hal positif di hari pertama gangguan," ucapnya.

BACA JUGA:Senyum Kecut Menkoinfo Dicecar Anggota Dewan Karena Gagal Lindungi Data PDN: Kenapa Salahkan yang Punya Data!

"Untuk menangani kendala sistem, langkah awal yang dilakukan oleh Tim IT Ditjen Imigrasi yaitu memastikan status database Imigrasi di PDN. Selanjutnya tim menyusun Application Recovery Plan, membentuk Satgas Pemulihan Layanan Imigrasi dan melakukan inventarisasi kebutuhan teknis," sambungnya.

Mulai Kamis (20/06/2024) sore, Tim IT Ditjen Imigrasi memindahkan dan mengintegrasikan data back up Imigrasi ke data center baru.

Pada hari Jumat (21/06/2024) pemulihan sistem menunjukkan tanda-tanda positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: