Sering Bersih Sampah di Sungai, Pandawara Group Divaksin Influenza

Sering Bersih Sampah di Sungai, Pandawara Group Divaksin Influenza

Personel relawan Pandawara Group saat di Bio Farma melakukan vaksinasi infuenza.-Bio Farma-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kelompok sukarelawan Pandawara Group mendapatkan vaksinasi influenza gratis di Immunicare Bio Farma Bandung pada 26 Juni 2024 lalu.

Vaksin gratis ini diberikan kepada ke-13 anggota Pandawara untuk mengantisipasi penyebaran virus influenza di kalangan masyarakat.

Seperti yang diketahui, Pandawara merupakan kelompok penggerak dan influencer yang kerap terjun langsung untuk membersihkan sampah-sampah di lingkungan, seperti sungai, danau, ataupun pantai.

BACA JUGA:Viral Lautan Sampah Kembali Muncul di Sungai Citarum, Netizen Ngadu ke Pandawara Group

Bahkan, mereka telah dianugerahi berbagai penghargaan, seperti Year on TikTok 2022 dan Indonesia Green Awards 2023.

Muchamad Iksan Destian yang merupakan salah satu anggota Pandawara Group mengungkapkan pentingnya vaksinasi sebagai upaya menjaga kesehatan.

Terlebih, mereka memiliki jadwal yang padat dan kegiatannya memerlukan banyak stamina.

"Sehingga jika ditengah-tengah aktivitas pembersihan, anggota kami ada yang jatuh sakit, itu akan sangat berdampak pada efektivitas kegiatan kami," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa, 2 Juli 2024.

Selain vitamin atau suplemen, lanjut Iksan, vaksinasi juga menjadi Solusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak mudah sakit.

Juru Bicara Pandawara Group Syifa Ulla Damayanti menambahkan, pemberian vaksinasi ini tidak memerlukan banyak waktu.

BACA JUGA:Menginspirasi, Aksi 5 Pemuda Pandawara Group Bersih-bersih Sampah di Sungai Tuai Banyak Pujian, Petugas Kebersihan Saja Kalah Nih?

"Prosesnya tidak sampai 10 detik, penyuntikan vaksin flu telah selesai. Anggota kami yang awalnya takut, menjadi semangat untuk ikut divaksinasi juga," terang Syifa.

Di samping itu, Kepala Departemen Komunikasi Pemasaran Nasional Bio Farma Edwin Garna Pringadi mengungkapkan pentingnya menjaga imunitas pada musim rawan penularan influenza.

Di Indonesia sendiri, angka penularan influenza meningkat pada musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: