Ditoto Dito

Ditoto Dito

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono saat meresmikan operasional Bandara Dhoho, 5 April 2024.--

Di antara bandara baru inilah yang paling hebat: Bandara Dhoho, Kediri.

Saya ke bandara itu kemarin. Tidak untuk terbang. Hanya ingin melihatnya --untuk pembaca Disway.

Tujuan utama saya sebenarnya ke Pare. Di ibu kota Kabupaten Kediri itu berdiri Panji Corporate University. Milik Pemda.

Sejak dua tahun lalu. Anda sudah tahu siapa bupati di Kediri: Hanindhito Himawan Pramono. Anda juga sudah tahu siapa ia: anak Pramono Anung, Sekretaris Kabinet saat ini.

Panji mengundang saya. Para pegawai negeri di sana diharuskan selalu menambah pengetahuan lewat Corpu Panji.

"Sejak ada Panji nilai ASN di sini naik dari 55 ke 82," ujar Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa.

Dia lulusan fakultas elektro Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya tahun 2005. Dulunya pengurus pusat IPPNU, pelajar putri NU, kini ketua Fatayat Kediri, pemudi NU.

"Masih di Fatayat?" tanya saya.

"Masih ketua," jawabnyi.

"Belum ke Muslimat?" tanya saya lagi.

"Kan masih pakai parfum. Kalau sudah pakai minyak angin baru Muslimat," jawabnyi bercanda.

Saya baru tahu sekarang ini ada guyon seperti itu: bau minyak telon itu IPPNU. Bau parfum itu Fatayat NU. Bau minyak angin itu Muslimat NU.

"Apakah akan digandeng lagi oleh Dito?"

"Saya mengalir saja," jawabnyi.

Di Kediri memang terpasang banyak sekali baliho. Bunyinya: Kediri Ditoto. Maksudnya: Ditoto oleh Dito. Dito maju lagi.

Dito adalah panggilan Hanindhito Himawan Pramono. Ia masih sangat muda. Waktu pertama terpilih dulu usianya baru 29 tahun.

Memang Panji Corpu-lah yang mengundang saya, tapi apa salahnya mampir bandara. Tak terbayangkan Kediri punya bandara. Besar pula. Jaraknya hanya dua jam dari bandara Juanda. Dua jam pula dari bandara Solo.

Itu karena Kediri punya pabrik rokok besar Gudang Garam. GG-lah yang membangun bandara itu. Dengan investasi sebesar Rp 13 triliun.

Saya tidak tahu bagaimana cara menghitung pengembalian investasi sebesar itu. Anda pun tahu: bandara sulit mendatangkan keuntungan. Terutama untuk jangka pendek. Apalagi di sebuah kabupaten.

Pasti ada tujuan non komersial yang mulia: membangun daerah. Yakni di mana GG dilahirkan dan dibesarkan.

Dengan bandara itu bisa juga value asetnya langsung meningkat. Terutama tanahnya yang begitu luas. Lebih 500 hektare. Di pusat kota Kediri.

Tapi aset masyarakat di sana jauh lebih luas lagi. Yang value-nya juga ikut naik. Terutama tanah di puluhan desa di sekitar bandara. Bisa jadi mereka mendadak menjadi kaya --meski tidak merasakannya, kecuali kalau menjual tanah mereka.

Perjalanan kemari itu dari Surabaya saya lewat tol arah Solo. Exit di Kertosono, di dekat Masjid Moeldoko. Lalu lewat jalan lama arah ke kota Kediri yang padat truk itu.

Begitu memasuki Kota Kediri kami belok kanan. Melintasi jembatan sungai Brantas. Lalu belok kanan lagi, mengarah ke jalan menuju Nganjuk. Lalu belok kiri, lewat jalan kampung yang sudah diaspal dan dilebarkan.

Keluar dari jalan kampung itulah kawasan bandara mulai terlihat. Luas sekali. Dengan infrastruktur yang menyerupai bandara internasional.

Kesimpulan saya: ini adalah bandara yang begitu mulai dibangun langsung besar. Landasannya pun langsung dibuat 3.300 meter. Lebih panjang dari landasan bandara Juanda Surabaya. Jelaslah Dhoho bukan bandara yang "tumbuh" dari kecil dulu baru kelak diperbesar.


Foto udara Bandara Dhoho Kediri.--

Jalan kampung itu pun sementara. Kini sedang dibangun jalan tol. Dari Kertosono menuju Tulungagung. Melewati samping bandara Dhoho. Kalau tol sudah beroperasi posisi bandara pun sangat strategis.

Di sisi Kediri pembebasan tanah untuk jalan tol itu sudah selesai. Tinggal yang di daerah Nganjuk. Ruas Kertosono-Kediri akan selesai lebih dulu. Disusul Kediri Tulungagung.

Waktu saya tiba di Bandara Dhoho pesawat Citilink baru saja mendarat dari Jakarta. Jam 08.20 kembali terbang ke Jakarta. Tiga kali seminggu: Senin, Rabu, Jumat. Selalu penuh.

Sebentar lagi Super Air Jet terbang ke Balikpapan: Selasa, Kamis, Sabtu. Terus bertambah.

Saya jadi ingat Kertajati. Begitu dioperasikan langsung mati.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 3 Juli 2024: Daging Babi 

Achmad Faisol

Mengharamkan daging babi seharusnya tidak relevan di negeri seperti di Tiongkok....-> tulisan ini menunjukkan pak DI tidak nonton part 2-nya... kumaila tidak pernah membuat statemen babi itu halal, hukum haram tidak relevan dan lain-lain... kumaila selalu bertanya, biar yang jawab orang lain... gimana nih pak DI, tonton dulu dengan lengkap baru ambil kesimpulan...

Wilwa

Santai sejenak. Coba Anda simak humor sindiran nyelekit dari Ryu Hasan yang dikenal dan mengenal DIsway. Itu lho dokter ahli bedah syaraf dan otak yang menyembuhkan Butet K dengan mengoperasi otaknya. Ryu ini juga paling suka menganalisis cara kerja otak manusia. Surfing youtubenya dengan keywords: ryuhasan #148 YANG PENTING NDAK MAKAN BABI. Hmmm. Otak manusia mencatat manfaat yang didapatkan dari pengalaman ketimbang mengikuti narasi yang dibikin orang lain. Jadi larangan dalam suatu agama biasanya malah dilanggar karena itu adalah narasi orang lain. Walaupun dari kecil sudah diberitahu mencuri itu dosa. Ngambil HP orang yang ketinggalan, ngebut di atas 100 km per jam, dll (saya tambahkan termasuk penyakit nomor satu: KORUPSI!) ya ga pa pa. Yang penting nggak makan babi. Hahaha

Amat K.

Kumaila jelas bukan level saya. Maksud saya, level saya jauh di bawahnya. Cerdas. Cantik. Berat untuk jadi imamnya. Yang ada, bisa-bisa kita yang diimami. Wkwkwkwk Tapi yang jelas, ia sangat layak dijadikan ibu untuk penerus gen kita (para pria). Dari sebuah referensi yang saya baca, "Wanita cenderung mentransmisi gen kecerdasan ke anak yang terbentuk dari kromosom X" . Anda sudah tahu, wanita punya kromosom XX, pria punya kromosom XY. Wanita punya dua kromosom X, pria punya satu. Artinya, wanita dua kali lebih banyak berpeluang mewariskan kecerdasannya pada anak tinimbang pria. Memang, gen kecerdasan ini sama diturunkan dari ayah bundanya, tapi potensinya lebih tinggi diturunkan dari ibunya. Tanpa mengesampingkan faktor-faktor lainnya.

Er Gham

Jangan makan babi, wahai saudaraku. Makan proyek aja.

Gregorius Indiarto

Seandainya haram adalah setiap perbuatan yang merugikan atau menyakiti orang lain, maka, tidak hanya perusahaan yang merusak alam saja yang di haramkan, membuang sampah tidak pada tempatnya atau sekadar membuang tisu bekas atau abu rokok dari jendela mobil di jalanan pun akan diharamkan. Tapi haram satu diantaranya adalah masalah keyakinan. Dan kata Ryu Hasan "Jangan memperdebatkan keyakinan".

Jimmy Marta

Belum reda dg kehebohan soal Vina Cirebon, muncul kontroversi baru. Yakni kasus kematian AM seorang murid kls 7 di Padang. Yang mayatnya ditemukan di bawah jembatan. Semalam satu tv swasta mengangkat kasus ini jd ajang debat suatu acara. Seperti biasa ada tiga pihak yg dihadirkan. Keluarga dg pengacaranya, pengamat dan pihak polda. Sebenarnya kasus sudah ditutup polisi. Namun beda keyakinan penyebab kematian antara keluarga dan pihak kepolisian begitu jauh. Seperti juga kasus vina, mungkin kasus AM akan ada penyelidikan ulang. Pihak keluarga juga sudah mengajukan exumashi. Tapi mudah2 an kasus nya gk berlarut. Gk perlu dibuat filem. Apalagi sampai 8 tahun..

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Istri baru pulang ke rumah dan langsung menemui suaminya. "Pa, kamu tahu, 'kan, selama bertahun-tahun ini aku menderita sakit kepala yang tak kunjung sembuh. Sekarang tak ada lagi sakit kepala yang menyiksa." Suami heran, "Bagaimana bisa?" Istri bercerita, temannya merekomendasikan seorang hipnoterapis. Dia pun menemui ahli tersebut. "Ahli itu menyuruh saya berdiri di depan cermin dan berkata dengan tegas kepada diri saya sendiri: saya tidak punya sakit kepala. Dan, itu berhasil. Saya sekarang tidak sakit kepala lagi," tutur istrinya. Istri kemudian berkata kepada suaminya, "Pa, bukankah beberapa tahun ini kamu punya masalah saat di tempat tidur? Mengapa kamu tidak menemui hipnoterapis itu?" Suami setuju. Keesokan hari, suami yang baru pulang dari hipnoterapis langsung menarik istrinya ke atas ranjang. Sebelum ronde dimulai, ia berpesan, "Tunggu sebentar, jangan bergerak." Ia bergegas ke kamar mandi, dan begitu keluar ia jadi beringas hingga membuat istrinya letih seluruh badan. Belum berapa lama, suami kembali berpesan, "Tetap di situ, jangan bergerak," dan bergegas ke kamar mandi. Begitu keluar, ia menyelesaikan ronde kedua dengan sangat perkasa. Belum puas, suami kembali berpesan hal yang sama dan bergegas ke kamar mandi. Istri penasaran dan berjingkat mengikuti suaminya. Dia mengintip ke kamar mandi. Dia melihat suaminya berdiri di depan cermin sembari mengepalkan tangan dan berkata tegas: "Dia bukan istriku, dia bukan istriku..."

Er Gham

Kumaila belum angkat tema korupsi. Mengapa negeri ini marak sekali korupsinya. Mengapa doyan sekali dengan mark up proyek proyek. Masif dan terstruktur.

Mirza Mirwan

Konvensi Nasional GOP tinggal 12 hari lagi. Tetapi sampai kini saya belum menemukan berita siapa cawapres yang digandeng Trump. Padahal sejak pekan ketiga Juni yang lalu orang-orang di lingkaran Trump bilang cawapres akan diumkan sebelum debat 27 Juni yang lalu. Dan kini, seminggu kemudian, ternyata masih juga belum diumumkan. Yang saya yakin cawapres yang akan digandeng Trump bukanlah Vivek Ramaswamy, meskipun pengusaha berdarah India itu kelihatannya ngebet banget untuk mendampingi Trump: sering memuji-muji Trump sampai terkentut-kentut, juga beberapa kali datang ke pengadilan kriminal Manhattan waktu Trump menjalani sidang kasus "hush money". Keyakinan saya itu karena Ramaswamy belum pernah jadi anggota DPR, senator, atau gubernur. Masa iya capres dan cawapres sama-sama pengusaha. Seperti pernah saya tulis, dugaan saya Trump akan menggandeng salah satu dari tiga nama berikut: 1) Douglas Burgum (68), Gubernur North Dakota. 2) Marco Antonio Rubio (53), senator dari Florida. 3) James David Vance (40), senator dari Ohio. Sejak pekan kedua Juni Trump sendiri sudah punya cawapres "in my mind", tetapi ditambahkan bahwa "nobody knows yet". Maka banyak anggota Kongres atau gubernur yang berebut ngomong ke wartawan untuk memuji-muji Trump. Tetapi tiga tokoh yang saya sebut tadi malah tak pernah memuji-muji Trump. Hanya saja selalu membela Trump bila, menurut mereka, Trump benar. Mungkin Trump baru akan menunjuk cawapres setelah konvensi dibuka pada 15 Juli.

Liam Then

Saya pernah coba pakai jalan pikiran Kumailah, waktu pikirkan kenapa orang Tionghoa punya ujaran ; "bersenggama dengan wanita tanpa bulu pubik, bisa jadi sial 3 tahun" Waktu itu saya berpikir, ini asal mulanya gimana, siapa yang pertama kali mengeluarkan pernyataan ini. Dalam hati saya, merasa orang ini sangat pintar, pastilah ia ada pada posisi pengatur kebijakan. Yang mungkin meresahkan maraknya penyimpangan seksual kepada anak-anak pada waktu itu. Otak logis saya menebak, orang jenius ini paham, orang Cina apapun tak takut, semua yang berkaki kecuali meja dan kursi, semuanya dimakan, mereka cuma takut satu, tak punya uang. Jadi dikeluarkanlah maklumat untuk disebarkan ke masyarakat cina kuno dulu, bersenggama dengan anak kecil bisa sial tiga tahun berturut-turut....karena orang cina selalu mengaitkan sial dengan kesusahan dapat duit, kalimat ini cepat mengakar, dan menjadi kepercayaan. Langsung saya teringat film tema flora dan fauna yang ditonton oleh temannya teman teman saya itu, yang diperankan oleh orang bule. Lah itu bukannya sial kabeh jadinya? Orang barat punya kebiasaan cukur bulu pubik.... Akhirnya saya berkesimpulan saya over dosis kopi Tjap Obor. Hari ini saya kepikiran juga, kewajiban plontos separoh kepala dengan kuncir panjang di Tiongkok masa zaman Dinasti Qing. Menggunakan lajur pikiran yang sama ,saya menebak, ini pasti gara-gara dulu ada satu Kaisar berkepala sula, karena ia tak terima, laki-laki seisi negara disuruh plontos separoh. Hehehehe.

Lagarenze 1301

Seorang pria digugat oleh seorang wanita bernama Peggy dalam kasus pencemaran nama baik. Wanita itu menggugat karena si pria memanggilnya dengan sebutan "babi". Dalam persidangan, pria itu dinyatakan bersalah dan didenda. Setelah persidangan, si pria bertanya kepada hakim, "Apakah ini berarti saya tidak bisa menyebut Nyonya Peggy sebagai babi?" Hakim mengatakan itu tidak boleh. Pria bertanya lagi dengan penasaran, “Apakah ini juga berarti saya tidak boleh menyebut seekor babi sebagai Nyonya Peggy?” Hakim menjawab bahwa pria itu bisa saja menyebut babi dengan nama apa saja tanpa takut akan tuntutan hukum. Mendengar perkataan hakim, pria itu menoleh ke arah penggugatnya dan berkata, "Selamat siang, Nyonya Peggy."

DeniK

Seratus enam puluh enam. Saya sangat tertarik dengan penjelasan seorang ustadz mengenai mengapa babi haram . Beliau seorang ustadz yang tinggal di negara Jepang ,beliau sendiri orang Malaysia asli nya. Dalam penjelasan nya . Hampir sama mematahkan argumen Babi haram karena ,makan kotoran,penuh cacing dll. Malah beliau memuji bahwa Babi itu hewan yang sempurna untuk di konsumsi/ di ternak. Hampir seluruh tubuhnya daging yang di balut lemak. Kalau beranak pasti jumlahnya banyak. Dan siklus melahirkan nya cepat . Hewan yang mudah besar dan mudah berkembang biak. Hanya satu masalah nya bagi umat Islam : Dilarang sama Allah ! Jadi umat Islam tidak konsumsi daging babi karena taat kepada perintah larangan Allah. Itu lah Iman dan Taqwa.

Liam Then

Mantan calon mertua saya dulu, sampingannya beternak babi, saya lihat sendiri caranya menyiapkan makanan babi,yang terdiri merupakan adonan daon singkong, batang keladi serta dedak padi. Persiapannya cukup menyita tenaga, dimasak dulu di kuali besar pakai kayu bakar. Barulah setelah dingin adonan makanan diberikan kepada babi piaraan. Zaman modern sekarang, Di Tiongkok peternakan babi terbesar bahkan sudah berbentuk apartemen bertingkat, dikelola dengan sistem manajemen peternakan modern, pakannya dan kandang, serta tingkat higienisnya tentu sudah standar tingkat tinggi. Peternaknya bernama Qin Yin Ling. Didapuk oleh media barat sebagai "world richest farmer". Kekayaannya 14 milyar dolar USD atau sekitar 229 triliun rupiah. Haramnya daging babi bagi umat Islam, bagaimanapun ,ini terkait keyakinan, perintah Tuhan. Jadi mesti dijalankan oleh umat muslim, karena merupakan konsekuensi beragama. Jadi tak perlulah diperdebatkan dan dipermasalahkan. Harus dihormati, sebagai wujud toleransi beragama. Masing-masing saja, seusai hidup nanti kita akan ditimbang sesuai keyakinan masing-masing. Dan saat itu, apa yang terjadi didunia sudah tentu jauh dari urusan dan kepentingan kita. Tak perlu kita menggoyahkan keyakinan agama orang ,hanya untuk memperkuat keyakinan kita. Itu tanda kita tak yakin dengan pilihan keyakinan sendiri. Begitulah kalo saya kira-kira.

Juve Zhang

Sapi putih lewat dan orang menelungkup kedua tangan dan memberi Hormat....sapi tentu tak paham mengapa rakyat memberi Salam Kedua tangan di satukan ...hormat dari manusia buat sapi....pun Babi tak paham ada orang tak mau makan dagingnya...pasti babi akan ucapkan terimakasih Bro Sis...saya bisa hidup lebih lama sebelum di Jagal Oleh Pak Liam Then....wkwkwk... masing masing binatang ini tak paham Kitab Suci...masing masing umat...jadi Babi dan Sapi...hanya mengikuti jalan Yg Sudah Ada sejak Zaman dulu...mungkin berguna bagi India dan Indonesia bagaimana Bisa Makmur seperti Tiongkok....karena Rakyat Miskin memilukan Hati di mana pun...contoh Tiongkok yg bagusnya Koruptor di Dor!!! Itu saja sudah hebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 221

  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • yea aina
    yea aina
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • yea aina
    yea aina
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Nimas Mumtazah
    Nimas Mumtazah
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • DeniK
    DeniK
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Wilwa
    Wilwa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Tivibox
    Tivibox
  • Fa Za
    Fa Za
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
    • ACEP YULIUS HAMDANI
      ACEP YULIUS HAMDANI
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • yea aina
    yea aina
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Liam Then
      Liam Then
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • DeniK
      DeniK
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Liam Then
      Liam Then
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Azwar Anas
    Azwar Anas
  • Azwar Anas
    Azwar Anas
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • hoki wjy
    hoki wjy
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
  • Ulil Abshor
    Ulil Abshor
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Liam Then
      Liam Then
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Tivibox
      Tivibox
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Tivibox
      Tivibox
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • Tivibox
    Tivibox
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • DeniK
    DeniK
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • dabudiarto71
    dabudiarto71
  • dabudiarto71
    dabudiarto71
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Er Gham
    Er Gham
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • Tivibox
      Tivibox
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • dabudiarto71
      dabudiarto71
    • dabudiarto71
      dabudiarto71
    • dabudiarto71
      dabudiarto71
    • dabudiarto71
      dabudiarto71
    • dabudiarto71
      dabudiarto71
    • dabudiarto71
      dabudiarto71
    • dabudiarto71
      dabudiarto71
    • dabudiarto71
      dabudiarto71
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • iya nok
    iya nok
  • DeniK
    DeniK
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
    • Amat K.
      Amat K.
    • Liam Then
      Liam Then
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • iya nok
    iya nok
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • iya nok
    iya nok
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin