Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Mengundurkan Diri Karena Alasan Moral, Masalah Peretasan PDN Selesai?

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Mengundurkan Diri Karena Alasan Moral, Masalah Peretasan PDN Selesai?

Pengunduran diri Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani tak lantas menyelesaikan masalah peretasan PDN 2-Dok. Kominfo-

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, resmi mengundutkan diri.

Semuel membeberkan alasan pengunduran dirinya adalah bentuk tanggung jawab moral atas peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 oleh Brain Chiper.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Dirjen Aptika Kominfo Mengundurkan Diri Buntut PDNS Diretas 

BACA JUGA:Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kominfo yang Mengundurkan Diri Gegara Masalah PDNS

Pengunduran dirinya dilatarbelakangi tak becusnya mengurus tata kelola penyimpanan Pusat Data Nasional. Semuel merasa memiliki tanggung jawab dalam kasus peretasan PDNS 2.

"Kejadian ini, bagaimanapun juga, secara teknis adalah tanggung jawab saya sebagai dirjen pengampu secara teknis, jadi saya mengambil tanggung jawab ini dan saya menyatakan harusnya selesai di saya. Ini masalah yang harusnya saya tangani dengan baik, itu adalah alasan," kata Semuel di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis 4 Juli 2024. 

Meski baru mengumumkan hari ini, Semuel menyatakan surat pengunduran diri itu sudah diajukan kepada Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi sejak Senin kemarin.

Meski begitu, perohal pengganti dirinya akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Saya menyatakan, per tanggal 1 Juli kemarin, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo. Ya nanti akan ditindaklanjuti segera," ujarnya.

BACA JUGA:Menkominfo Budi Arie Didesak Mundur, Jokowi: Semua Sudah Dievaluasi

BACA JUGA:Kominfo Jamin Platform X Taati Aturan Konten Pornografi di Indonesia

Meski terkesan lari dari tanggung jawab, Semuel memastikan bahwa proses pemulihan PDNS 2 terus dilakukan. Semuel juga menjelaskan kunci untuk membuka data yang diunggah Brain Cipher dapat digunakan di spesimen yang dimiliki oleh Kementerian Kominfo.

"Kami juga mendapatkan, tapi ini lagi dikerjakan dan kita coba di spesimen kita memang berhasil dibuka, tapi kita belum tahu karena kan yang dikunci banyak, itu lagi dikerjakan teman-teman teknis. Jangan tanyakan terlalu dalam, saya hanya tahu itunya saja," jelasnya.

Setelah mengundurkan diri, Semuel menjelaskan akan kembali berkarier di sektor swasta. Perlu diketahui, Semuel telah menjabat Dirjen Aptika Kementerian Kominfo selama 8 tahun sejak 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: