Efek Kemoterapi Kanker Bikin Anak Enggan Makan, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Efek Kemoterapi Kanker Bikin Anak Enggan Makan, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

dr. Anky Tri Rini Kusumaning Edhy, Sp.A (K), RS Siloam MRCCC Semanggi, Jakarta, Sabtu 13 Juli 2024-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Pengobatan kemoterapi untuk pasien kanker memberikan sejumlah efek samping yang sangat berpengaruh pada keseharian.

Dokter spesialis anak ahli hematologi onkologi dari Yayasan Kanker Indonesia dr. Anky Tri Rini Kusumaning Edhy, Sp.A.(K) mengungkapkan, beberapa efek samping yang sering terjadi pada anak seperti depresi, anemia, nekropenia, rambut rontok, mual, muntah, diare.

Selain itu juga terjadi gangguan pada area mulut, seperti sariawan dan mual.

BACA JUGA:Cara Tes Usia Mental Gratis yang Viral di Media Sosial, Cek Kedewasaan Sekarang!

BACA JUGA:Hasil Tes DNA Pegi Setiawan Cianjur Ditunggu di Kasus Vina Cirebon, Apa Itu Tes DNA dan Manfaatnya?

"Mulut dan tenggorokan ini sering juga terjadi. Kalau sudah grade 4, merah terkelupas, pecah, kadang ada garis dan keluar darah, jadi sangat sakit," papar dr. Anky pada Seminar "Peran Dukungan Suportif pada Anak dengan Kanker" di Jakarta, Sabtu, 13 Juli 2024.

Di samping itu juga ada perubahan rasa pengecapan, sulit menelan, suara serak, dan perubahan warna lapisan mukosa pada mulut.

"Perubahan indra perasa karena mungkin kerusakan epitel di lidah, makanan terasa hambar, pahit, asin, manis, timbul rasa logam," tambahnya.

Dalam hal ini, orang tua harus memberikan pendekatan yang sesuai sehingga anak tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Terlebih, efek kemoterapi selanjutnya pada anak adalah malnutrisi, mulai dari kekurangan nutrisi hingga kelebihan nutrisi.

BACA JUGA:Mengenal Sakit Kepala Servikogenik, Bisa Diobati dengan Gerakan Yoga

BACA JUGA:Kasus DBD Tasikmalaya Tembus 1.118 Kasus, Apa Kata Kemenkes?

Apabila hal ini terjadi, akan berdampak pada proses terapi kanker, seperti kesulitan menentukan dosis obat hingga berujung pada risiko efek samping yang lebih besar.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan rumah, lingkungan, dan badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: