NasDem Dekati PKS Koalisi di Pilgub Jabar 2024, Muncul Nama Ilham Akbar Habibie

NasDem Dekati PKS Koalisi di Pilgub Jabar 2024, Muncul Nama Ilham Akbar Habibie

NasDem mengunjungi kantor DPP PKS untuk mengusung Ilham Akbar Habibie --Fajar Ilman

JAKARTA, DISWAY.ID - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem melirik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk membuka peluang koalisi di Pilgub Jabar 2024. 

NasDem mengunjungi kantor DPP PKS untuk mengusung Ilham Akbar Habibie sebagai calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024.

Pertemuan ini ditujukan untuk memperkuat koalisi antara kedua partai, mengingat PKS memiliki 19 kursi di DPRD Jabar.

BACA JUGA:Profil Mahyeldi-Vasko, Sosok yang Diusung Gerindra dan PKS di Pilgub Sumbar 2024

"Kedatangan kami di sini untuk bersilaturahmi dan saling melengkapi. PKS dengan banyak kursi di Jawa Barat tetap membutuhkan dukungan, apalagi NasDem yang jumlah kursinya lebih sedikit. Kalau kita bisa mengulangi keberhasilan koalisi sebelumnya, mengapa tidak," kata Sekjen DPP NasDem, Hermawi Taslim, Kamis 18 Juli 2024.

Menurutnya, Jawa Barat adalah provinsi yang strategis, dan kerjasama antara NasDem dan PKS diharapkan bisa segera terwujud untuk mendukung Ilham sebagai calon gubernur.

BACA JUGA:Menurut PKS, Edy Rahmayadi Punya Kans Menang Lebih Besar Dibanding Ahok di Pilgub Sumatera Utara

"Jawa Barat ini kan kita harus kompatibel. PKS dengan kursi yang begitu banyak pun tidak cukup sendiri, apalagi NasDem. Jadi kita akan terus membangun kebersamaan ini sampai pada titik kita punya kesepakatan bersama," ucapnya.

Sementara itu, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, mengakui bahwa pihaknya masih memperinci kesepakatan koalisi dengan NasDem untuk Pilkada Jabar.

BACA JUGA:PSI dan PKS Diisukan Berkoalisi di Pilkada Jakarta, Jubir Relawan Sebut Belum Komunikasi dengan Anies

Alasan PKS belum mengumumkan dukungan secara resmi adalah untuk memastikan kesamaan arah politik, terutama terkait dengan pilkada di DKI Jakarta.

"Jawa Barat ini akan sangat terkait relasinya dengan DKI. Oleh karena itu, juga memutuskan Jawa Barat ini mungkin nanti akan terkait juga dengan memutuskan hal-hal yang di DKI. Sekali lagi, ini kita akan dalami lebih lanjut dalam pembahasan-pembahasan ke depan," tandas Syaikhu.

BACA JUGA:Wow! PKS dan PSI Sepakat Berkolaborasi di Pilkada Banten dan Kabupaten Lebak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: