Kepulangan Kloter Terakhir Jamaah Debarkasi Surabaya Dijamin Aman dan Selamat

Kepulangan Kloter Terakhir Jamaah Debarkasi Surabaya Dijamin Aman dan Selamat

Kloter terakhir jamaah haji demarkasi Surabaya--Kemenhub

JAKARTA, DISWAY.ID - Kelompok terbang (kloter) terkahir jamaah haji sebanyak 333 orang asal Pamekasan, Sidoarjo, Surabaya dan Gresik telah kembali dengan selamat ke tanah air.

Kloter akhir ini menggunakan Maskapai Saudi Arabian Airlines melalui debarkasi Bandar Udara Internasional Juanda pada Senin, 22 Juli 2024.

BACA JUGA:Seluruh Jamaah Haji Sudah Pulang ke Tanah Air, KJT-30 Jadi Kloter Terakhir

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (KOBU) Wilayah III Surabaya, Rizal memastikan kepulangan jemaah haji kloter 106 ini berjalan dengan baik, aman dan memenuhi seluruh aspek keamanan serta keselamatan.

“Koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait seperti imigrasi, kementerian agama, penyelenggara bandara dan maskapai pada angkutan haji ini berjalan sangat baik di Surabaya,” ujar Rizal.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Sebut Ustadz Hanan Attaki Kena Prank Wanda Hara, Ingatkan Nagita Slavina: Kan Dia Habis Haji

Rizal melanjutkan bahwa On Time Performance (OTP) yang diperoleh maskapai Saudi Arabian Airlines pada masa kepulangan atau debarkasi haji di Surabaya memperoleh angka yang sangat baik.

“Untuk kepulangan, OTP yang dicapai Saudi Airlines ini mencapai 100%, ini terjadi karena Saudi Airlines sering kali melaksanakan penerbangan dan tiba di Indonesia mendahului jadwal yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Jamaah Haji Kloter Terakhir Tiba di Tanah Air, Begini Kata Menag Yaqut

Berdasarkan data yang diterima, Embarkasi Surabaya telah menerbangkan sejumlah 38.735 jemaah dan 529 petugas yang terbagi menjadi 106 kloter.

Adapun jumlah jemaah haji yang wafat di Arab Saudi sebanyak 81 orang, di pesawat 2 orang dan di tanah air sebanyak 5 orang.

BACA JUGA:Cerita Nenek 75 Tahun Pulang Naik Haji, Berharap Bisa Kembali Lagi ke Tanah Suci

Selain itu, masih ada 11 jemaah yang dalam kondisi sakit dan menjalani perawatan di Arab Saudi serta sebanyak 3 jemaah yang sakit di tanah air.

“Untuk jemaah yang sakit sejumlah 11 orang saat ini sedang mendapatkan perawatan yang menjadi tanggung jawab pemerintah Arab Saudi, mereka akan dipulangkan dengan jadwal penerbangan reguler setelah sembuh dan siap melakukan perjalanan,” kata Rizal.

BACA JUGA:Raffi Ahmad Spill Kabar Nagita Slavina Hamil Anak Ketiga, Doa saat Naik Haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: