Drama Juga

Drama Juga

Sosok Kamala Harris calon Presiden di Pilpres AS gantikan Joe Biden.--Instagram @kamalaharris

YANG paling membuat Joe Biden lempar handuk adalah: tidak banyak lagi yang mau menyumbang untuk kampanyenya.

Sejak kalah debat capres lawan Donald Trump lalu, seruan agar Biden undur diri memang meluas.

Awalnya Biden bersikeras tetap nyapres. Tapi arus dana masuk turun drastis. Tanpa dana yang cukup tidak mungkin bisa menang.

Waktu terlalu mepet bagi siapa pun untuk menggantikan Biden. Pilpresnya tinggal tiga bulan lagi. Maka tidak ada pilihan lain bagi Demokrat kecuali memajukan Wakil Presiden Kamala Harris sebagai capres.

Sebenarnya ada tokoh Demokrat yang bisa mengalahkan Trump dengan lebih mudah: Michelle Obama. Istri Presiden Barack Obama.

Publik Amerika tahu kualitas Michelle. Juga menyukainyi. Tidak kalah hebat dengan Obama. Tapi Michelle tidak mau. Atau belum mau.

Dukungan untuk Kamala Harris pun terus mengalir. Nama-nama yang selama ini disebut sebagai pengganti Biden sudah mendukung Harris.

Bagi Demokrat kesadaran bahwa kali ini capresnya akan kalah sudah muncul. Maka fokus mereka saat ini seperti PDI-Perjuangan sebulan menjelang Pilpres: tidak lagi all out memenangkan Ganjar Pranowo tapi lebih fokus pada kemenangan para calon anggota legislatifnya. Saat itu mereka sudah tahu rating Ganjar-Mahfud terus menurun.

Maka fokus Demokrat Amerika juga lebih ke pemilihan anggota legislatif di sana. Capresnya boleh kalah. Seperti agak dilepas begitu saja. Namun, penguasaan atas DPR dan Senatnya harus lebih utama.

Trump lantas seperti di atas angin. Apalagi setelah peristiwa penembakan yang mengenai daun telinga kanannya itu. Popularitasnya berkibar-kibar: seperti pasti terpilih jadi presiden lagi.

Ada juga baiknya: perang di Ukraina akan ia hentikan di hari pertama kepresidenannya. Pun perang di Palestina. Dunia lebih aman. Ekonomi berputar.

Trump sudah buktikan selama jadi presiden yang lalu tidak ada perang di mana pun.

Pun soal Taiwan. Trump akan mengenakan biaya. Amerika tidak akan mau mengeluarkan uang untuk menjaga Taiwan. Taiwan sendiri yang harus bayar.

Demikian juga jaminan keamanan untuk Korsel dalam menghadapi ancaman Korut. Korsel harus bayar biaya satpamnya.

Tentu Kamala Harris juga istimewa. Kalau tidak mana mungkin dipilih untuk dijadikan cawapres Biden empat tahun lalu. Tinggal kita menunggu siapa yang akan menjadi cawapresnyi.

Selama ini Harris nyaris tidak terdengar kiprahnya. Dia bisa jadi orang nomor dua yang sebenarnya. Dia pilih jadi bulan redup di depan matahari Biden.

Kini Harris didapuk jadi orang pertama. Tidak cukup waktu lagi untuk menyusun tim sendiri. Maka semua tim pemenangan Biden seperti otomatis menjadi tim pemenangan Harris.

Setidaknya orang tidak pernah melihat sisi buruk Kamala Harris.

Anak perempuan bawaan suaminyi pun tidak pernah menjadi setitik nila: Ella Rose Emhoff. Umur 25 tahun. Ranum-ranumnya seorang gadis. Tidak pernah bawa-bawa nama Wapres Kamala Harris, ibu tirinyi.

Ella fokus pada karir pribadinyi: sebagai model, desainer baju dan artis.

Gaya Ella berpakaian memang sering jadi omongan gadis-gadis di sana, tapi itu karena Ella memang punya karakter dalam mendesain baju. Bukan karena dia anak wapres.

Lihatlah baju yang dia kenakan saat menggandeng pacarnya: saya suka sekali dengan gaya itu –meski terasa geli saat melihat gaya pakaian pacarnya.

Praktis tidak ada skandal apa pun di balik Kamala Harris. Jauh dari citra yang melekat pada Trump.

Untungnya publik Trump tetap mengelukannya meski terbukti bersalah di pengadilan dalam kasus esek-esek. Soal begituan tidak terlalu dipersoalkan di sana.

Drama Pilpres pun ternyata juga terjadi di Amerika. Bedanya drama itu tidak pakai aktor KPU dan MK.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 22 Juni 2024: Drama Juga

Juve Zhang

Beijing Dulu awan selalu hitam ...tak ada awan biru...ditakuti polusinya...keluar aturan Mobil bensin tak di beri nomor ijin baru lagi....maka Beijing di penuhi Mobil Listrik...akhirnya Awan Jadi Biru Lagi......tak ada nama Gubernur Beijing...atau Walikota Beijing...semua keluar Undang Undang...dan Undang Undang itu Yg Mengokohkan Tiongkok ke Tangga Negara Kaya...anda Korupsi di dor...membunuh di Dor...memerkosa di dor...Elon Musk bilang Tiongkok bisa 3 kali lebih kaya dari Amerika....orang Kaya sudah tahu...ini Negara bakal Kaya Raya karena Produk Hukum nya....produk Hukum yg membuat Sebuah Negara Kaya Raya...bukan Lain lain...jika anda Sarjana Hukum...anda adalah Peletak Dasar Pembuat Undang Undang anda layak Bagga...tapi sering nya Malah Dagang Hukum...wkwkw

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Yuli mengeluh ke temannya, Maria, bagaimana dia terkadang kesulitan memulai hubungan intim dengan suaminya. “Aku tahu trik sederhana,” kata Maria. "Apa itu?" Maria bercerita, setiap kali ingin berhubungan intim dengan Albert, suaminya, dia dengan lembut meletakkan tangan di knalpot sang suami, mengelusnya, dan berkata: "Knalpotmu sangat dingin, apakah kamu ingin aku menghangatkannya?" "Cukup dengan trik itu saja, dan bisa bekerja setiap saat," kata Maria. "Baiklah, aku akan mencobanya malam ini," ujar Yuli bersemangat. Keesokan hari, Yuli datang ke rumah Maria sambil menangis. “Suamiku akan menceraikan aku," dia terisak. "Apa yang terjadi?" Maria bertanya prihatin. “Aku mencoba melakukan trik kemarin, tetapi saat aku meletakkan tangan di knalpotnya, ternyata masih cukup hangat. Aku tidak tahu harus melakukan apa lagi, jadi aku bertanya kepadanya: mengapa knalpotmu tidak dingin seperti knalpotnya Albert?"

Tivibox

Saya baru ingat juga, kalau knalpot biasanya menghadap ke belakang. Jadi kalau Pak Bos menyebut perusuh punya knalpot di bawah perut, kok knalpotnya menjuntai ke depan? Maap..maap..

djokoLodang

-o-- Suami istri sedang berkendara di malam yang dingin saat mobil mereka menabrak anak anjing yang masih kecil. “Itu masih hidup!” seru istri. “Kasihan,... Aku akan telepon dokter hewan langganan kita." ------- “Selimuti anak anjing itu....”kata dokter hewan. “Bawa dia ke sini secepatnya.” “Tapi, dok. Saya tidak bawa jaket atau apa pun untuk menutupinya,” “Oke, letakkan dia di antara kedua pahamu agar dia tetap stabil selama perjalanan.” dokter hewan menjawab dengan tenang. “Bagaimana dengan baunya?” Sang istri bertanya. "Baunya? ... Tutup saja hidungnya! ...” --jL-

djokoLodang

-o-- Istri: "Jika aku dan ibumu terjatuh ke dalam air, siapa yang akan kamu selamatkan terlebih dahulu?” Suami: "Sayangku, kamu sudah tahu jawabannya.” Istri tidak mau mengalah: “Tidak, kamu harus menjawab. Kamu melompat ke dalam air, dan harus menyelamatkan aku atau ibumu.” Suami menjawab: “Aku tidak bisa berenang…. dan ibuku pasti akan menyelamatkan aku terlebih dahulu. Beliau dulu juara renang di sekolah.” --jL-

Liam Then

"sai ai djut, cang djue gang" Ini pepatah Tio Ciu artinya sudah "kebelet buang air besar baru cari WC" Susah...susah ... susah....

Mbah Mars

Begitu baca tentang knalpot para perusuh CHDI, saya jadi ingat saat Tarzan diketawain para monyet di hutan. Monyet 1:"Tarzan itu aneh. Kenapa tidak telanjang saja seperti kita ?" Monyet 2: "Pasti ada sesuatu yg dia malu kalau kita melihatnya" Akhirnya para monyet sepakat untuk mengintai Tarzan saat mandi. Begitu melihat Tarzan tanpa celana, pecahlah tawa para monyet. "Pantas saja Tarzan pakai celana. Dia malu sama kita-kita karena ekornya di depan"

Jimmy Marta

Menyikapi banyak yg jadi korban, para tikus mengadakan rapat pleno. Dihadiri seluruh unsur. Dari tikus rumahan, tikus got sampai tikus sawah. Dari kelas mencit sampai sibesar werok. Laki maupun perempuan. Ramai. Rapat berlangsung seru. Maklum pokok bahasan adalah topik yg lagi hangat. Yaitu mengganasnya para kucing. Kucing dianggap menimbulkan masalah besar. Mengobrak abrik rumah, eh sarang mereka. Kucing dianggap tanpa kompromi. Tembak ditempat. Korban tikus berjatuhan dimana mana. Banyak ide pendapat. Perdebatan panas tak terelakkan. Setelah berlangsung selama tiga malam tanpa henti, akhirnya ada solusi. Seekor tikus yg cuma duduk disudut memberi usulan jitu. Ketua rapat akhirnya minta persetujuan majelis. "Setujuuu...!. Begitu serempak suara yg hadir. Tok..!. Keputusan diambil. "Di leher kucing akan dipasang giring giring". Biar saat kucing datang semua tikus waspada. Rakyat tikus merasa puas dg keputusan. Tibalah saatnya keputusan harus dieksekusi. Rapat lagi. Debat lagi. Ramai lagi. Tentang siapa yg akan memasangkan giring2 dileher kucing...

Wilwa

Bicara korupsi, saya jadi teringat film serial Judge Bao di TPI 1990-an. Judge Bao atau Bao Qing Tian 包青天 (baca: Pao Ching Thien) atau Bao 包 Blue 青 Sky 天. Pao si Langit Biru. Langit Cerah. Terang Benderang. Tanpa Awan. Itulah gambaran hakim yang bersih dari korupsi. Adakah HAKIM di Indonesia yang berani hukum mati koruptor? Harus ada satu hakim yang memulai agar jadi konvensi/kebiasaan. Zaman Judge Bao, ada tiga jenis pisau pancung / penggal kepala. Yang dihiasi kepala naga untuk kerabat istana, yang dihiasi kepala macan untuk pejabat, dan yang dihiasi kepala anjing untuk rakyat sipil/jelata. Saking sebalnya para pejabat korup sama Judge Bao maka Judge Bao dijuluki Bao Hei Zi 包黑子 (baca: Pao Hei Tze/Ceu) atau Bao 包 Black 黑 Child 子. Padahal beliau tidak berkulit hitam. Namun akibat sebutan itu, sampai sekarang Judge Bao digambarkan dalam film serial tersebut sebagai orang bermuka hitam legam. Padahal puluhan ribu keturunan beliau yang setiap tahun reuni di makam leluhur mereka itu tak satupun yang berkulit hitam. Dan keturunan Judge Bao tersebar hingga ke Eropa, Amerika, Asia Timur, Asia Tenggara.

Johannes Kitono

Polusi  Jakarta. Asap kendaraan bermotor sumber polusi udara. Jumlah kendaraan masih terlalu banyak biarpun sudah ada ganjil genap. Banyak yang memiliki nopol ganjil genap.Untuk kurangi jumlah kendaraan. Cukup punya nopol khusus yang berlaku ganjil genap. Kenakan biaya,misalnya 10 % dari harga OTR untuk PAD. Polusi sampah di  Jakarta bisa diatasi.Dengan pupuk cair Eco Enziem dan penghijauan taman. Tiga belas sungai yang melewati Jakarta di kasih pupuk cair Eco Enziem. Air sungai akan bening tempat ikan berkembang biak. Daerah Jakarta yang sudah hijau dikasih insentif berupa discount PBB. Daerah hijau telah kontribusi menjadi Paru-paru bagi warganya. Apakah perlu ganti KTP sesudah Jakarta tidak DKI. Tidak perlu, bikin Keppres bahwa KTP Provinsi DKI tetap berlaku. Sampai diganti atau pemegangnya sudah travel ke alam baka.Semoga Semuanya Hidup Berbahagia.

Leong Putu

Enak ae...susah dibagi nang awak-awak iki, dikon mikir. Lek'e Musang King karo Wangbuliau ra tau bagi-bagi. Hedeeeeeeh. Gae opo onok mentri? Gae opo dinas? Gae opo onok pejabat iku? Kabeh iku digaji kok! Yo kon mikir! Gelem gajine gak gelem kerjoe. Kok wedi resiko. Digae pajangan? Digae ganteng-gantengan? Engko, lek aku usul, jare ngece... Jal aku usul : polusi Jakarta iku, digawekno sumur resapan ae. Masuk ga usulku? Oleh sepatu ireng 42 gak? hhh...

Gregorius Indiarto

Knalpot yang di bawah perut perusuh itu tidak membuat polusi, paling banter hanya cari sensasi. Yang membuat polusi itu knalpot yang di atas janggut, ngudut alias ngomprong lambe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 26

  • Imam Subari
    Imam Subari
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • DeniK
    DeniK
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • captain kuranyi
    captain kuranyi
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • DeniK
      DeniK
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • yea aina
      yea aina
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin