Pentingnya Asam Amino untuk Proses Pemulihan Olahraga, Ini Penjelasan Ahli

Pentingnya Asam Amino untuk Proses Pemulihan Olahraga, Ini Penjelasan Ahli

Workshop bertema “Training-Fueling-Recovery pada acara Road to Garmin Run Indonesia 2024--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Usai berolahraga, umumnya tubuh memerlukan pemulihan. 

Konsumsi asam amino penting untuk pemulihan. 

Asam amino merupakan senyawa organik penyusun zat gizi protein yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh, terutama ketika berolahraga. 

Untuk para penggiat olahraga (sport enthusiast), asam amino diperlukan untuk membantu proses pemulihan otot dan mengurangi kelelahan setelah berolahraga. 

BACA JUGA:Pocari Sweat Run Indonesia 2024 Jadi Ajang Olahraga Lari untuk Pemula Hingga Profesional

Edukasi mengenai pentingnya asam amino terutama saat proses pemulihan olahraga dibagikan Ajinomoto melalui Brand aminoVITAL™ dalam Workshop bertema “Training-Fueling-Recovery pada acara Road to Garmin Run Indonesia 2024” yang dilaksanakan pada Sabtu, 13 Juli 2024, bertempat di Kopi Kalyan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Emilia E. Achmadi MS, Clinical Dietitian-Sport Nutritionist untuk memberikan sharing session bagaimana memaksimalkan proses pemulihan dalam aktivitas olahraga dan sebagai persiapan bagi para peserta yang akan mengikuti race (running competition).

BACA JUGA:Menpora Dukung Tim Harlem Globetrotters Bangkitkan Geliat Olahraga Basket di Indonesia

“Aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari jarak jauh memerlukan energi yang berkelanjutan untuk membantu mereka melewati latihan yang panjang. Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh para sport enthusiast adalah tidak melakukan proses pemulihan dengan benar dan tidak memberikan waktu cukup setelah sesi latihan maupun race. Efeknya, mereka berpotensi mengalami nyeri otot berkepanjangan, penurunan performa dalam aktivitas fisik, dan cedera. Hal yang saya sebutkan tadi bisa terjadi karena kita tidak memperhatikan energi sistem tubuh, namun kita mau lebih (dalam aktivitas running),” ungkap Emilia E. Achmadi MS.

“Oleh karena itu, penting bagi sport enthusiast mengetahui bagaimana energi sistem itu bekerja. Sebenarnya hal dasar yang perlu diperhatikan dalam energi sistem itu adalah asupan yang masuk ke tubuh kita, atau analogi mudahnya adalah bahan bakar apa yang tubuh kita perlukan untuk menghasilkan energi,” jelasnya. 

Untuk memberikan bahan bakar yang tepat, pola makan yang sesuai harus diformulasikan dan diterapkan selama masa persiapan menuju satu race dan tidak lupa hidrasi tubuh juga penting. 

BACA JUGA:Geger Bocah SD Tewas Terbakar di Pariaman, Diduga Akibat Ulah Guru Olahraga dan Wali Kelas

Setelah kita mengaplikasikan asupan dan pola makan yang tepat, kemudian energi kita terpakai saat latihan ataupun race, jangan lupakan juga masa pemulihan. 

“Di sini lah konsumsi makanan berprotein dan asam amino esensial memiliki peranan penting. BCAA (Leusin, Isoleusin, Valin) adalah 3 dari 9 asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari pangan lain. BCAA sangat penting untuk pembentukan masa otot, dan bermanfaat juga bagi proses pemulihan setelah berolahraga. Saya mengetahui bahwa aminoVITAL™ memiliki campaign ‘Victories Starts With Recovery’, dan itu sangat benar,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: