Menkes Dukung Eliminasi Tuberkulosis 2030, Dimulai dari Tempat Kerja

Menkes Dukung Eliminasi Tuberkulosis 2030, Dimulai dari Tempat Kerja

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan Indonesia akan eliminasi Tuberkulosis atau TBC pada tahun 2030. --Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan Indonesia akan eliminasi Tuberkulosis atau TBC pada tahun 2030.

Salah satunya eliminasi TBC dilakukan di tempat kerja.

Otsuka yang telah menginisiasi program Bebas Tuberkulosis di tempat kerja, kembali menggandeng puluhan perusahaan untuk menandatangani komitmen penanggulangan Tuberkulosis di tempat kerja.

BACA JUGA:Heru Budi Sebut Penyakit TBC Ibarat Kapal Selam

Penandatangan tersebut dilaksanakan pada acara Hari Anak Nasional yang bertemakan “Anak Bebas TBC, Indonesia Maju”.

Menurut data WHO Global TB Report 2022, saat ini masih terdapat 10,6 juta orang di dunia jatuh sakit karena Tuberkulosis dan menyebabkan 1,3 juta orang meninggal karenanya.

BACA JUGA:PJ Gubernur DKI Jakarta Minta Camat dan Lurah Ikut Tangani TBC di Wilayahnya

Indonesia termasuk delapan negara yang menyumbang 2/3 kasus Tuberkulosis di seluruh dunia, menempati posisi kedua setelah India dengan beban kasus baru sebanyak 1.060.000 kasus dengan kematian sebanyak 134.000 jiwa atau setara dengan 15 kematian per jam akibat Tuberkulosis.

Faktanya bahwa cakupan penemuan kasus Tuberkulosis pada usia produktif (25 - 54 tahun) di Indonesia adalah sekitar 35%, namun jika ditarik usia 15 - 60 tahun maka menjadi sekitar 70% dari total keseluruhan, sehingga data tersebut memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam penyebaran Tuberkulosis di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Obat Terbaru Penyakit TBC, Pasien Wajib Disiplin Minum Tiap Hari

“Sebagai perusahaan inisiator dalam edukasi untuk pencegahan dan penanggulangan Tuberkulosis di tempat kerja melalui program Free Tuberculosis at Workplaces, membuat Otsuka Group berhasil mengajak puluhan perusahaan untuk dapat berkomitmen dalam program bebas Tuberkulosis di tempat kerja pada Hari Anak Nasional 2024 yang berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI,” kata Sudarmadi Widodo - Human Capital & Corporate Communications Director Otsuka Group

Lanjut Widodo, hal ini sebagai wujud dukungan berbagai perusahaan kepada pemerintah dalam mencapai target Indonesia untuk eliminasi Tuberkulosis tahun 2030 dan bebas Tuberkulosis pada 2050.

BACA JUGA:Temukan dan Obati Pasien TBC, Gencar Lacak Kontak Erat

“Otsuka Group akan terus konsisten dalam membantu pemerintah Indonesia untuk mengurangi kasus Tuberkulosis dan menargetkan lebih banyak lagi perusahaan untuk bergabung bersama kami dalam mengeliminasi Tuberkulosis sehingga tidak hanya tercipta lingkungan kerja yang sehat, namun juga terbebasnya masyarakat Indonesia dari Tuberkulosis”, tutup Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: