Menemukan Makna Keberagaman dan Kemerdekaan di Pagelaran Sabang Merauke

Menemukan Makna Keberagaman dan Kemerdekaan di Pagelaran Sabang Merauke

Symphony, anggota TRCC--Annisa Amalia Zahro

JAKARTA, DISWAY.ID - The Resonanz Children's Choir (TRCC) menjadi salah satu penampil pada Pagelaran Sabang Merauke yang digelar 17-18 Agustus 2024 mendatang.

Symphony, anggota TRCC mengungkapkan bagaimana ia banyak belajar kebudayaan tradisional Indonesia melalui ajang ini.

"Banyak sekali pelajaran yang didapat terkait budaya tradisional Indonesia karena beberapa lagu ada koreografinya yang melibatkan tarian tarian tradisional Indonesia seperti tari saman dari Aceh dan lain-lain," ungkap Symphony ketika ditemui di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, 6 Agustus 2024.

BACA JUGA:Cara Daftar Jadi Peserta Upacara 17 Agustus 2024, Jangan Sampai Keliru!

Selain itu, seperti konsep keberagaman pada pagelaran ini, ia bisa menemukan makna keberagaman di dalamnya.

"Dalam satu tim itu berbeda-beda orangnya, ras yang berbeda, suku yang berbeda, dan kami bersatu, bekerja sama untuk membangun suatu pertunjukan bagi Indonesia untuk menonton budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi," ungkap Symphony.

BACA JUGA:Lirik Lagu Bendera - Cokelat, Persiapan untuk Perayaan 17 Agustus!

Oleh karena itu, ia berharap Pagelaran Sabang Merauke ini bisa menunjukkan bahwa budaya-budaya Indonesia bisa dilanjutkan dan dilestarikan.

 

Selain itu juga masyarakat semakin tertarik akan budayanya sendiri serta turut melestarikan budaya tradisional Indonesia agar tidak punah.

"Saya ingin sekali pertunjukan ini dapat disebarluaskan di Indonesia agar lebih banyak orang yang menonton dan mereka bahagia saat menonton ini dan ingin melestarikan budaya kita lebih lanjut," harapnya.

Ia mengatakan bahwa setiap rangkaian kegiatan menjelang pertunjukan terasa membahagiakan.

BACA JUGA:10 Promo 17 Agustus 2024 Spesial Hari Kemerdekaan, Wisata, Makanan, hingga Hotel

"Senang sekali karena dapat berlatih menari tarian tarian tradisional Indonesia bersama teman-teman dan menurut saya, kami itu sangat enjoy dan bahagia," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: