Fakta-fakta Gempa Megathrust yang Tinggal Menunggu Waktu: Pemicu Hingga Peta Zona Bahayanya!

Fakta-fakta Gempa Megathrust yang Tinggal Menunggu Waktu: Pemicu Hingga Peta Zona Bahayanya!

Ancaman Nyata Gempa Megathrust-serhii_bobyk-Freepik

4. Waktu Gempa Megathrust

Waktu pengulangan gempa Megathrust bervariasi dari zona subduksi ke zona subduksi.Di zona subduksi Cascadia, sebanyak 13 peristiwa megathrust telah terjadi dalam 6000 tahun terakhir, dengan rata-rata satu setiap 500 hingga 600 tahun.

Akan tetapi kejadian tersebut tidak terjadi secara teratur, dengan jarak antara kejadian dekat hingga 200 tahun dan yang jauh hingga 800 tahun. Yang terakhir terjadi 300 tahun yang lalu.

BACA JUGA:Ngeri! Ini Dampak akibat Gempa Megathrust di Indonesia, Picu Tsunami hingga Gangguan Ekonomi

5. Pemicu Tsunami

Gerakan dorong dari gempa bumi Megathrust dapat menyebabkan gerakan vertikal yang besar di dasar laut, menghasilkan tsunami yang berbahaya.

Tsunami dihasilkan ketika sejumlah besar air dipindahkan menjauh dari gerakan bawah laut dan menciptakan gelombang besar yang dapat merusak pesisir.

Dengan demikian, pemahaman tentang potensi gempa Megathrust di Indonesia sangat penting untuk persiapan mitigasi bencana dan keselamatan masyarakat.

Diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, ilmuwan, dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman gempa Megathrust di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: