Di Depan Mahasiswa Untar, Kepala BKKBN Bicara soal Kecerdasan dan Skor IQ Masyarakat Indonesia

Di Depan Mahasiswa Untar, Kepala BKKBN Bicara soal Kecerdasan dan Skor IQ Masyarakat Indonesia

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) bicara soal IQ saat hadir sebagai narasumber pada sesi seminar kebangsaan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Untar --Untar

Lebih lanjut, Hasto mengingatkan bahwa kesuksesan di dunia kerja tidak hanya bergantung pada penguasaan hard skills yang diajarkan di kampus, tetapi juga pada soft skills yang sering kali kurang mendapat perhatian dalam pendidikan formal.

“Di kampus, 90% dari yang diajarkan adalah hard skills. Namun di dunia kerja, keberhasilan lebih banyak ditentukan oleh penguasaan soft skills. Mahasiswa harus mampu menguasai keduanya dan dapat beradaptasi dengan cepat,” ungkapnya.

BACA JUGA:Pindah ke Huntara, Warga Eks Kampung Bayam Jadi Pemulung untuk Sesuap Nasi

Selain itu, Hasto menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah penurunan angka stunting. Ia mengingatkan bahwa kebiasaan merokok sering kali menjadi pintu masuk bagi kecanduan narkotika dan alkohol. Hal ini berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik generasi muda.

“Kecanduan narkotika dan alkohol selalu dimulai dari kebiasaan merokok. Hal ini harus menjadi perhatian agar terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius,” tambahnya.

Menutup sesinya, Hasto berharap mahasiswa selalu terbuka untuk mengasah keterampilan baru yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Indonesia dan Vietnam Kerjasama Pendidikan, Untar Usung Seni Tari dan Batik

Ia menekankan bahwa kemampuan untuk terus belajar dan beradaptasi menjadi kunci untuk menghadapi tantangan di masa depan.

“Hiduplah seperti katak yang selalu mengembangkan keterampilan baru di setiap tahap kehidupannya. Di masa depan, saya berharap kalian semua dapat menjadi pemimpin yang hebat bagi bangsa ini,” pesannya.

BACA JUGA:Kementerian BUMN Bersama PLN Turunkan Relawan, Kembangkan Potensi Desa Manistutu di Jembrana, Bali

Senada dengan Kepala BKKBN, Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan, menyampaikan harapannya agar mahasiswa baru dapat mengembangkan diri secara maksimal di Untar.

Ia berharap para mahasiswa tidak hanya fokus pada pencapaian akademis, tetapi juga mampu membentuk diri menjadi pribadi yang berkualitas, berdaya saing, dan siap berkontribusi positif di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: